Krisis Mengintai, Pemanasan Global Akibatkan Volume Air Tanah Menyusut

Ancaman nyata bagi generasi manusia mendatang

Perubahan iklim dinilai telah mengubah wajah Planet Bumi dari yang dulunya kaya akan sumber daya alam, kini mulai langka. Para ilmuwan memperingatkan, dampak dari pemanasan global diketahui telah mengancam cadangan air tanah dunia.

Betapa tidak? Soalnya, kalau cadangan air tanah (groundwater) habis, Bumi membutuhkan waktu 100 tahun untuk mengembalikannya. Itu artinya, kalau masalah perubahan iklim ini tidak segera diatasi, maka anak cucu umat manusia di masa mendatang, bakal mengalami krisis air.

1. Daerah dengan cuaca panas menjadi yang paling terdampak

Krisis Mengintai, Pemanasan Global Akibatkan Volume Air Tanah Menyusutun.org

Dalam sebuah paper yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature Climate Change, sekelompok tim gabungan peneliti internasional mengungkapkan, air tawar yang disimpan di bawah tanah dan yang ada di antara bebatuan, diketahui membutuhkan waktu lebih lama untuk merespons perubahan suhu daripada air yang ada permukaan (surface water).

Masih menurut para peneliti, umat manusia sekarang ini bergantung pada curah hujan untuk menjaga persediaan air tanah. Itu artinya, daerah-daerah yang memiliki cuaca lebih panas sekaligus sedikit curah hujannya, bakal mengalami krisis air di masa depan.

2. Bom waktu krisis air

Krisis Mengintai, Pemanasan Global Akibatkan Volume Air Tanah Menyusutconserve-energy-future.com

Salah seorang peneliti dari Cardiff University Dr Mark Cuthbert mengatakan, hanya setengah dari aliran air tanah di Planet Bumi yang baru merespons penuh perubahan iklim tersebut. Untuk beradaptasi dengan meningkatnya suhu, sistem air yang ada di bawah tanah membutuhkan waktu 100 tahun lamanya untuk menjadi seimbang lagi.

"Ini artinya, di banyak belahan dunia, perubahan aliran air tanah akibat perubahan iklim ini memiliki dampak yang sangat panjang. Ini dapat digambarkan sebagai bom waktu bagi lingkungan," papar Dr Mark Cuthbert, seperti yang dikutip dari Science Alert.

"Soalnya, setiap perubahan iklim yang terjadi sekarang ini, akan berpengaruh pada persediaan air di masa mendatang. Kalau itu terjadi, maka umat manusia hanya akan bergantung pada air sungai dan lahan basah."