Comscore Tracker

5 Fakta Laba-laba Merak, 'Penari' yang Hanya Sebesar Bulir Beras

Terkenal akan ritual perkawinannya yang sangat menarik

Laba-laba merak atau peacock spider adalah salah satu fauna yang memiliki perilaku unik ketika hendak melakukan perkawinan. Hewan ini akan menunjukkan tarian yang bertujuan untuk memikat calon pasangan, sehingga tidak heran jika laba-laba merak juga dijuluki sebagai “dancing spider”.

Selain terkenal akan tarian ritual kawin yang memukau, hewan ini juga dikagumi karena keindahan warna yang menjadikannya mirip seperti hewan merak. Supaya bisa mengetahui lebih jauh tentang laba-laba merak, yuk, baca kelima faktanya di bawah ini!

1. Fauna asli Negeri Kanguru

5 Fakta Laba-laba Merak, 'Penari' yang Hanya Sebesar Bulir BerasLaba-laba merak jantan (youtube.com/BBC)

Selain kangguru, Australia juga memiliki fauna khas yang tidak kalah cantik, yaitu laba-laba merak. ABC News melaporkan, laba-laba merak merupakan fauna endemis Negeri Kanguru, terutama di setengah bagian selatan benua Australia.

Dilaporkan University of Michigan, habitat hewan ini sangat bervariasi, mulai dari daerah yang cenderung gersang hingga wilayah pantai. Beberapa spesies hanya menghuni satu jenis habitat, sedangkan sisanya ada yang memiliki jangkauan habitat luas meliputi bukit pasir, padang rumput, dan hutan.

2. Ukuran tubuh hanya sebesar bulir beras

5 Fakta Laba-laba Merak, 'Penari' yang Hanya Sebesar Bulir BerasLaba-laba merak betina memiliki warna cokelat (youtube.com/BBC)

Fauna cantik ini ternyata memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil. University of Michigan melansir, laba-laba merak memiliki rata-rata panjang tubuh 4 milimeter atau menyerupai ukuran satu bulir beras.

Meskipun kasat mata, detail tubuh hewan ini tidak bisa terlihat jelas akibat ukuran tubuh yang sangat kecil. Diperlukan alat bantu seperti kamera dengan lensa mumpuni untuk mengamati dengan secara akurat bagian tubuh laba-laba merak.

3. Memiliki corak warna yang sangat cantik

5 Fakta Laba-laba Merak, 'Penari' yang Hanya Sebesar Bulir BerasLaba-laba merak jantan (youtube.com/BBC)

Meskipun terkenal dengan perpaduan warna yang cantik, tetapi ini hanya berlaku untuk laba-laba merak jantan dewasa. Dilansir ABC News, laba-laba merak jantan yang telah dewasa memiliki berbagai varian warna, sedangkan yang betina dan laba-laba muda biasanya berwarna cokelat kusam atau abu-abu.

University of Michigan melaporkan, variasi warna pada laba-laba merak jantan bisa muncul karena adanya sisik-sisik berukuran mikroskopis atau modifikasi rambut yang menyelimuti seluruh tubuhnya. Fitur ini tidak dimiliki oleh betina, sehingga tidak bisa menampilkan beragam warna.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Laba-Laba, Hewan Seram Tapi Menakjubkan

4. Menampilkan ritual khas dalam menarik pasangan

https://www.youtube.com/embed/5qkzwG2lLPc

Fitur berwarna-warni tersebut bukan tanpa alasan. Kelebihan ini digunakan laba-laba merak jantan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. 

University of Michigan melaporkan, ritual perkawinan dimulai dengan jantan bertengger di tempat tinggi dan melambaikan kaki ketiganya sambil mengirimkan sinyal getaran yang bisa ditangkap betina. Setelah betina melihat jantan tersebut, sang jantan akan menaikkan lipatan perutnya atau bagian opithosomal flaps yang menyerupai bulu ekor merak. Pertunjukan ini akan berlangsung sekitar 50 menit atau menyesuaikan dengan tingkat ketertarikan betina.

5. Memiliki keahlian melompat yang sangat baik

https://www.youtube.com/embed/-4xV5Kir3uU

Laba-laba merak merupakan mangsa bagi laba-laba yang lebih besar atau serangga karnivora yang lain. Namun, predator tersebut tidak akan bisa dengan mudah menangkap laba-laba merak karena hewan ini memiliki keahlian menghindar dengan cara melompat yang tidak bisa dianggap remeh.

University of Michigan melaporkan, laba-laba merak telah mengembangkan kemampuan adaptasi untuk melompat hingga sejauh 40 kali panjang tubuhnya guna menghindari pemangsa. Berbekal kemampuan ini, laba-laba merak bisa mencari tempat yang aman dari serangan musuh.

Keterampilan melompat ini juga digunakan untuk berburu makanan berupa lalat atau ngengat. Dilansir ABC News, laba-laba merak tidak berburu menggunakan jaring, tetapi mendekati mangsa secara perlahan tanpa disadari, sehingga ketika waktunya tepat, hewan ini akan melompat untuk menangkap mangsa, bahkan yang berada di udara.

Laba-laba merak merupakan hewan endemis Australia yang memiliki keunikan tersendiri. Meskipun berukuran kecil, tidak menjadikan hewan ini kehilangan pesona yang membuat kagum siapa saja yang melihatnya.

Baca Juga: 5 Hewan yang Mendapat Sebutan Serigala, termasuk Ular dan Laba-laba

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya