Comscore Tracker

Komitmen Kuat, 5 Hewan Ini Setia pada Pasangannya Seumur Hidup

Satu pasangan cukup! #IDNTimesScience

Reproduksi adalah salah satu cara yang dilakukan untuk melestarikan keturunan. Jika kita berpikir hewan cenderung melakukan reproduksi secara bebas, ternyata faktanya tidak demikian.

Beberapa hewan ternyata memiliki sifat monogami, yaitu hanya setia pada satu pasangan seumur hidupnya. Hanya sedikit spesies yang melakukannya, itulah kenapa perilaku ini tergolong unik dan tidak biasa. Penasaran hewan apa sajakah yang dimaksud? Yuk, simak daftar hewan paling setia berikut ini!

1. European beaver

Komitmen Kuat, 5 Hewan Ini Setia pada Pasangannya Seumur HidupEuropean beaver memiliki sifat monogami (ptes.org)

BBC Earth melansir, european beaver atau eurasian beaver (Castor fiber) adalah salah satu hewan monogami. Ketika sudah melakukan perkawinan dengan pasangannya,  mereka akan setia dengan satu sama lain seumur hidup hingga mati. Layaknya manusia, pasangan hewan ini akan bekerja sama dalam membesarkan anak, membangun liang, menjaga sarang, dan merawat koloni mereka. 

Namun ternyata, hal ini tidak berlaku pada american beaver. Meski berkerabat dekat, ternyata spesies tersebut bukanlah monogami. American beaver jantan bisa kawin berkali-kali dengan betina lain selain pasangannya.

2. Barn owl

Komitmen Kuat, 5 Hewan Ini Setia pada Pasangannya Seumur Hidupilustrasi burung hantu jenis barn owl (unsplash.com/Eva Darron)

Burung hantu jenis barn owl sangat setia kepada pasangannya, sehingga dikategorikan sebagai hewan monogami. Dilansir Discover Wildlife, biasanya mereka akan tetap bersama dengan pasangannya hingga salah satu dari mereka mati.

Uniknya, sekitar sebulan menjelang barn owl betina bertelur, si jantan akan berburu lebih sering dari biasanya. Tujuannya adalah untuk menyediakan makanan yang lebih banyak bagi pasangannya. Sangat peduli, ya!

Baca Juga: 20 Hewan dengan Kebiasaan Kawin Paling Unik di Dunia

3. Elang botak

Komitmen Kuat, 5 Hewan Ini Setia pada Pasangannya Seumur Hidupilustrasi bald eagle (unsplash.com/Ray Hennessy)

Burung elang botak (Haliaeetus leucocephalus) juga setia terhadap pasangannya. Dilansir The National Wildlife Federation, mereka hanya akan mencari pasangan baru jika pasangan lamanya telah mati. Meski elang botak adalah hewan soliter yang sering kali bermigrasi sendiri, tetapi mereka selalu kembali pada pasangannya saat musim kawin tiba.

Menjelang bertelur, si jantan dan betina akan bekerja sama membangun sarang di atas pohon tinggi agar terhindar dari pemangsa. Jika telur telah menetas, mereka akan memberi makan anak-anaknya secara bergantian hingga anak sudah bisa mandiri. Wah, tanggung jawabnya patut diacungi jempol, nih!

4. Gray wolf

Komitmen Kuat, 5 Hewan Ini Setia pada Pasangannya Seumur HidupGrey wolf, salah satu hewan paling setia (animaldiversity.org)

Salah satu mamalia yang paling setia terhadap pasangannya adalah gray wolf (Canis lupus). Situs Animal Ark melansir, serigala jantan dan betina akan mulai bereproduksi pada usia sekitar 2 tahun.

Setelah kawin, pasangan serigala akan membentuk kawanan dengan melahirkan anak-anak hampir setiap tahunnya. Kawanan ini bisa terdiri dari dua sampai 15 ekor, tetapi rata-rata memiliki anggota empat sampai lima ekor serigala. Hanya pasangan alpha saja yang akan kawin dalam kawanan tersebut.

Jika ada gray wolf yang mengembara sendiri, mungkin mereka sedang mencari pasangan. Kemungkinan lebih buruk lainnya adalah mereka baru saja kehilangan pasangannya.

5. Gibbon

Komitmen Kuat, 5 Hewan Ini Setia pada Pasangannya Seumur Hidupilustrasi hewan gibbon (unsplash.com/Chastagner Thierry)

Gibbon adalah jenis primata yang termasuk monogami. Dilansir National Geographic, sepasang gibbon jantan dan betina akan sering menghabiskan waktu "berduet" bersama untuk mengeluarkan suara-suara nyaring dari atas pohon. Ini dilakukan untuk menghalangi gibbon lain yang hendak datang, sehingga area tersebut dapat mereka jadikan sebagai rumah.

Begitu pasangan hewan tersebut memiliki keturunan, mengasuh anak adalah tugas kedua induk. Gibbon jantan dan betina akan bergantian merawat anak mereka hingga dapat hidup mandiri. Hubungan keduanya juga semakin dipererat dengan saling merawat satu sama lain.

Berlawanan dengan perilaku hewan secara umum, spesies-spesies di atas ternyata setia kepada satu pasangan seumur hidupnya. Mereka seakan bisa menjalankan komitmen dengan kuat, ya. Kita sebagai manusia gak boleh kalah dengan hewan-hewan itu.

Baca Juga: 10 Potret Hewan Kawin di Alam Bebas, Jarang Terlihat Langsung

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya