Comscore Tracker

5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahui

Mari bergerak bersama untuk mengurangi polusi udara

Polusi udara adalah salah satu permasalahan lingkungan terbesar saat ini. Selain karena banyak merenggut nyawa, polusi udara juga menyebabkan kerugian ekonomi yang cukup besar. Jika tidak ditangani, lebih banyak nyawa yang akan jatuh dan lebih banyak kerugian yang harus dipikul.

Oleh karena itu, mari kita sama-sama memerangi polusi udara. Kita tentu tidak mau jika suatu saat nanti harus ke mana-mana menggunakan masker. Tapi sebelum itu, ketahui dulu fakta-fakta berikut ini agar tekad untuk memerangi polusi udara makin mantap.

1. Sumber-sumber polusi udara

5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahuitheecologist.org

Ada banyak sumber polusi udara di dunia ini, mulai dari sumber polusi yang tidak bergerak hingga sumber polusi bergerak. Contoh sumber polusi bergerak yaitu kendaraan seperti mobil, bus, pesawat, dan lain-lain. Sementara sumber polusi tidak bergerak utamanya berasal dari pembangkit tenaga listrik berbahan bakar fosil.

2. Jumlah kematian karena polusi udara lebih banyak dari yang kita bayangkan

5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahuisciencebriefss.com

Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 7 juta orang di dunia meninggal setiap tahunnya akibat polusi udara. Jika dirata-ratakan, berarti polusi udara membunuh 800 ribu orang per jam atau 13 orang per menit. Jumlah kematian akibat polusi udara lebih banyak dibanding jumlah kematian karena malnutrisi dan alkohol.

3. Anak-anak adalah yang paling berisiko terkena dampak polusi udara

5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahuiscmp.com

Menurut WHO, 93% anak di dunia menghirup udara dengan konsentrasi polutan yang tidak sehat. Akibatnya, sekitar 6 ribu anak meninggal setiap tahunnya akibat polusi udara. Bukan hanya itu, polusi udara juga mempengaruhi pertumbuhan otak anak sehingga bisa menyebabkan gangguan kemampuan berpikir dan kemampuan bergerak. Selain itu, polusi udara yang terus terpapar saat kecil akan menyebabkan penyakit kronis saat besar nanti.

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Ini Bermanfaat Mengurangi Polusi di Rumah

4. Polusi udara menyebabkan kerugian ekonomi global yang sangat banyak

5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahuimedium.com

Menurut World Bank, polusi udara menyebabkan kerugian ekonomi global sebanyak 300 miliar dollar AS. 5 miliar dollar AS di antaranya adalah kerugian untuk biaya kesehatan dan keselamatan akibat polusi udara. Sementara 255 dollar AS di antaranya adalah kerugian akibat banyaknya pendapatn yang hilang karena terhambat atau terhentinya aktivitas orang, entah karena sakit atau meninggal.

5. Hal kecil yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polusi udara

5 Hal Seputar Polusi Udara yang Penting untuk Diketahuiqz.com

Pemerintah merupakan pihak yang paling bisa mengambil langkah besar untuk mengurangi polusi udara melalui berbagai peraturan dan program. Namun sebagai masyarakat biasa, kita juga bisa melakukan hal-hal signifikan.

Kita bisa mengurangi penggunaan kendaraan yang menggunakan bahan bakar. Biasakanlah jalan kaki atau menggunakan sepeda jika jarak yang dituju cukup dekat. Jika pun jaraknya jauh, kita bisa menggunakan kendaraan umum. Dengan menggunakan kendaraan umum, setidaknya kita mengurangi satu sumber polusi pada hari itu.

Nah, itulah hal-hal yang penting untuk diketahui mengenai polusi udara. Bagiamana? Apakah sekarang kamu sudah membulatkan tekat untuk memerangi polusi udara? Mari bergerak bersama!

Baca Juga: 6 Kota di Dunia ini Melarang Penggunaan Mobil, Polusi Jadi Berkurang

Resty Photo Community Writer Resty

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You