Comscore Tracker

5 Fakta Orpiment, Mineral Indah yang Juga Berbahaya

Warna kuning terangnya begitu memikat

Mineral orpiment memiliki nama Latin auripigmentum yang berarti keemasan seperti tampilan aslinya. Sebutan lain untuk mineral orpiment adalah King's yellow. Formula kimia orpiment adalah As2S3. Dan untuk klasifikasi kimia orpiment adalah mineral sulfida.

Mari kita pelajari bersama lebih lanjut mengenai mineral orpiment, yuk.

1. Deskripsi mengenai mineral orpiment

5 Fakta Orpiment, Mineral Indah yang Juga BerbahayaOrpiment (thecrystalcouncil.com)

Seperti yang terlihat pada beberapa ilustrasi orpiment, ciri khasnya adalah warnanya yang kuning keemasan hingga oranye. Dalam skala Mohs, kekerasan mineralnya berada di skala 1-1/2 dan 2 yang artinya mudah hancur menjadi bubuk berwarna kuning, seperti dilansir Geology.

Menurut Minerals, orpiment adalah mineral yang fotosensitif sehingga warnanya bisa memudar menjadi keputihan bila terpapar cahaya dalam jangka lama. Oleh karena itu, spesimen orpiment harus disimpan dalam ruangan tertutup dan terlapisi penutup untuk mencegah paparan sinar.

2. Lokasi mineral orpiment bisa ditemukan

5 Fakta Orpiment, Mineral Indah yang Juga Berbahayailustrasi mineral orpiment (geologyscience.com/orpiment)

Menurut Geology, mineral orpiment kebanyakan ditemukan di lokasi yang berkaitan dengan aktivitas vulkanik. Orpiment merupakan produk sublimasi dari sisa vulkanik dan produk pengkristalan di pemandian air panas.

Lokasi distribusi mineral orpiment bisa ditemukan di negara Amerika Serikat, Slovakia, Bosnia-Herzegovina, Macedonia, Iran, Turki, Georgia, China, dan Peru, seperti dilansir dari Geologyscience.

3. Kegunaan mineral orpiment

5 Fakta Orpiment, Mineral Indah yang Juga Berbahayailustrasi penggunaan orpiment (webexhibits.org/papyrus)

Menurut Britannica, masyarakat kuno Timur Tengah menggunakan orpiment sebagai pewarna cat, tinta dan pewarna kain. Orpiment juga digunakan oleh beberapa seniman Barat.

Baca Juga: 5 Manfaat Mineral Zink dan Sumber Makanannya 

4. Bahaya yang terkandung dalam mineral orpiment

5 Fakta Orpiment, Mineral Indah yang Juga Berbahayailustrasi mineral orpiment (webmineral.com/Fabre Minerals)

Mineral orpiment berbahaya karena memiliki kandungan arsenik beracun dengan jumlah signifikan sehingga menyebabkan orpiment menjadi beracun. Karena kandungan arsenik tersebut, orpiment tidak lagi digunakan sebagai pewarna. Dianjurkan bagi orang yang sebelumnya memegang spesimen orpiment, apalagi dalam bentuk bubu untuh langsung mencuci tangan, seperti dilansir dari Minerals.

5. Perbedaan mineral orpiment dengan realgar

5 Fakta Orpiment, Mineral Indah yang Juga Berbahayailustrasi mineral orpiment dan realgar (geologyscience.com/orpiment)

Orpiment dan realgar adalah dua mineral yang sangat mirip. Keduanya termasuk arsenik sulfida dan bagian dari sistem kristal monoklinik. Keduanya terbentuk di lingkungan geologis yang sama dan berkaitan erat dalam kandungan yang dimiliki. Keduanya memiliki bentuk fisik yang mirip dan sejarah penggunaan yang juga sama. Perbedaannya adalah di warnanya, dimana orpiment berwarna kuning keemasan dan realgar berwarna kemerahan, seperti dilansir Geology.

Sekian dulu penjelasan beberapa fakta mengenai orpiment. Semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua. 

Baca Juga: 5 Mineral dan Hasil Bumi Termahal di Dunia, Bukan Emas!

Reti Anisa Utami Photo Writer Reti Anisa Utami

Penulis pemula yang ingin terus berkembang.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya