Comscore Tracker

5 Fakta Hutan Hujan Tropis Sumatera Berstatus “In Danger" oleh UNESCO

#SainSeru Kabar dari Hutan Sumatera Kini…

Indonesia merupakan salah satu Negara yang menempatkan 8 areanya masuk dalam situs warisan budaya dunia UNESCO. Delapan situs itu terdiri dari situs budaya dan situs alam, yakni Candi Borobudur, Taman Nasional Komodo, Candi Prambanan, Taman Nasional Ujung Kulon, Situs Purbakala Sangiran, Taman Nasional Lorentz, Hutan Hujan Tropis Sumatera, Sistem Subak di Bali.

Namun sayangnya, situs hutan hujan tropis Sumatera berada dalam daftar in danger yang artinya keberadaannya rawan akan ancaman yang dapat berasal dari internal maupun eksternal.

Berikut fakta mengenai Hutan Hujan Tropis Sumatera yang masuk dalam daftar in danger oleh UNESCO. Apa saja?

1. Merupakan rumah bagi ribuan spesies

5 Fakta Hutan Hujan Tropis Sumatera Berstatus “In Danger oleh UNESCOabc.net.au

Hutan Hujan Tropis Sumatera memiliki wilayah seluas 2,5 juta hektar yang terdiri dari tiga taman nasional: Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Wilayah ini diperkirakan memiliki 10.000 spesies tanaman, termasuk 17 endemik, lebih dari 200 spesies mamalia, dan beberapa 580 spesies burung yang mana 465 adalah jenis resident dan 21 jenis endemic.

Di dalam wilayah ini juga merupakan rumah salah satu hewan yang hanya ada di Indonesia, yakni Gajah Sumatera dan Orang Utan.

2. Menyandang warisan dunia sejak 2004

5 Fakta Hutan Hujan Tropis Sumatera Berstatus “In Danger oleh UNESCOworldatlas.com

Kawasan Hutan Hujan Tropis Sumatera pertama kali ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia bertipe situs alam sejak tahun 2004. Namun dari awal ditetapkan, kawasan ini telah mulai dibayangi persoalan yang mengancam keberadaanya.

Baca Juga: Peneliti Temukan Pohon Tropis Bergetah Logam Nikel, Kok Bisa Ya?

3. Berstatus in danger sejak 2011 sampai sekarang

5 Fakta Hutan Hujan Tropis Sumatera Berstatus “In Danger oleh UNESCOmongabay.com

Walaupun ditetapkan sejak 2004 sebagai salah satu situs warisan dunia dan bayang-bayang persoalan yang mengancam ekosistem di dalamnya, Hutan Hujan Tropis Sumatera baru secara resmi berada pada daftar in danger sejak tahun 2011. Hal tersebut didasarkan oleh laporan-laporan yang diterima oleh UNESCO setiap tahunnya.

4. Berada dalam status "in danger" bersama 54 situs lain

5 Fakta Hutan Hujan Tropis Sumatera Berstatus “In Danger oleh UNESCOunesco.org

Kawasan Hutan Hujan Tropis berada pada daftar in danger bersama dengan 54 situs warisan lain dari seluruh dunia. Total terdapat 33 negara lain yang memiliki situs warisan berada pada daftar in danger, dimana Indonesia menjadi satu-satunya dari Asia Tenggara yang situs warisan dunianya berada pada daftar berbahaya.

5. Banyak faktor ancaman

5 Fakta Hutan Hujan Tropis Sumatera Berstatus “In Danger oleh UNESCOmedia.npr.org

Berbagai ancaman yang menjadi dasar ditetapkannya Hutan Hujan Tropis menjadi salah satu warisan berada dalam bahaya adalah adanya ancaman-ancaman seperti konstruksi jalan, perambahan pertanian, illegal logging, perburuan, serta lemahnya dari sisi lembaga terkait serta pemerintah.

Wah, dari fakta-fakta di atas seharusnya membuat kita sadar bahwa bumi dan kehidupan manusia di sini pun terancam. So, jangan lelah untuk terus melestarikan hutan dan sumber daya alam lainnya. Aktivitas kecil tentu akan sangat membantu bumi kita tetap sehat.

Baca Juga: Bumi Itu Luar Biasa, Ini 6 Fakta Unik Tentangnya yang Tak Kamu Ketahui

Retno YC Photo Writer Retno YC

Dare to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya