Comscore Tracker

5 Hal Penyebab Kematian di Film Ini Gak Sesuai Fakta Ilmiah Lho

Tapi namanya juga film, ya...

Siapa sih yang gak suka nonton film? Apalagi film aksi dan horror. Film dengan tema tersebut tidak jauh dari perkelahian dan berujung kematian, tapi gak selamanya adegan tersebut sesuai logika dan fakta ilmiah, lho.

Simak, nih 5 Hal penyebab kematian di film yang jauh dari kenyataanya.

1. Cairan nitrogen tidak bisa langsung membekukan seseorang.

5 Hal Penyebab Kematian di Film Ini Gak Sesuai Fakta Ilmiah Lhohight3ch.com

Pernah nonton film Terminator 2 yang memiliki tokoh antagonis seorang robot canggih dari cairan metal dengan sebutan T-1000? Di film ini sang robot jahat berhasil dibekukan dengan cepat hanya dengan cairan nitrogen.

Tapi, kenyataannya ketika cairan nitrogen mengenai anggota tubuh maka akan terjadi efek leidenfrost yaitu terbentuknya penghalang gas dikarenakan dua benda tersebut memiliki suhu yang sangat berbeda. Penghalang tersebut akan membuat transfer suhu terhambat. Jadi, sebenarnya butuh waktu cukup lama dari cairan nitrogen untuk membekukan manusia.

2. Bom sangat jarang meledak ketika ditembak.

5 Hal Penyebab Kematian di Film Ini Gak Sesuai Fakta Ilmiah Lhostatic2.businessinsider.com

Di film aksi biasanya hanya dengan menembak bom maka akan langsung memicu ledakan yang besar. Kenyataannya tembakan hanya akan memecah bagian-bagian dari bom tersebut, kecuali terkena bagian detonatornya, hal ini sangat jarang terjadi dikarenakan pemicu bom sangat kecil dan tipis.

Uji coba yang pernah dilakukan Mythbuster sebuah program acara televisi, granat yang ditembakkan dengan senjata ringan hanya mengalami sedikit percikan api, sedangkan bila ditembak menggunakan shotgun granat tersebut terpecah-pecah tanpa terjadi ledakan.

3. Kawat tidak bisa memotong bagian tubuhmu.

5 Hal Penyebab Kematian di Film Ini Gak Sesuai Fakta Ilmiah Lhokeyassets.timeincuk.net

Siapa, nih yang  hobi nonton film slasher? Pasti sering banget, kan ketemu adegan bagian tubuh putus ketika terkena kawat saat melaju dengan kendaraan maupun terjatuh dari tempat tinggi.

Kenyataannya jika kawatnya cukup tipis maka kemungkinan kawatnya yang akan putus bukan bagian tubuhmu. Dan jika kawatnya tebal akan menyebabkan cedera seperti terkena benda keras lainnya tanpa memotong bagian tubuh kamu.

4. Memukul hidung seseorang tidak akan berefek sampai ke otak.

5 Hal Penyebab Kematian di Film Ini Gak Sesuai Fakta Ilmiah Lhostatic01.nyt.com

Hidung merupakan bagian vital pada wajah yang sering menjadi sasaran pukulan pada saat terjadi perkelahian. Di film laga biasanya hanya dengan memukul hidung seseorang sang jagoan dapat melumpuhkan orang tersebut, dikarenakan tertekannya bagian tulang hidung ke bagian otak.

Kenyataannya hal ini sangat tidak mungkin. Walaupun bagian tengkorak pada hidung berlubang, sebagian hidung kita terdiri dari tulang rawan dan bagian ini tidak akan bisa terdorong langsung kebagian otak.

5. Kamu tidak akan langsung mati bila diserang sekerumunan piranha.

5 Hal Penyebab Kematian di Film Ini Gak Sesuai Fakta Ilmiah Lhocdnimg.in

Sering bangetkan lihat film horror yang bertemakan ikan yang satu ini. Ikan piranha tidak seganas yang seperti ada difilm kok, di film sering kali kita lihat ikan yang satu ini menyerang secara brutal dan dalam beberapa detik bagian tubuh yang diserang hanya tinggal tulang belulang.

Kenyataannya serangan ikan ini hanya menyebabkan sedikit luka jahit pada bagian tubuh, dan serangan ini biasanya terjadi akibat kelangkaan makanan pada musim kemarau.

Reza Ermawan Photo Writer Reza Ermawan

Exhausted Engineer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya