Comscore Tracker

Sadar atau Tidak, Kamu Sebenarnya Punya 5 Kekuatan Super Ini Lho

#SainSeru Bukan kekuatan magis ya, ada bukti ilmiahnya kok

Siapa nih yang hobi banget nonton film superhero? Pahlawan super yang kamu tonton tentu memiliki kekuatan khusus yang keren. Tapi kamu pernah merasa gak, kalau sebenarnya kamu juga punya kekuatan super yang terpendam lho!

Bukan asal berasumsi, tapi hal ini sudah diuji secara ilmiah. Ini nih 5 kekuatan super yang ada di tubuh kamu

1. Kamu bisa melihat gerakan tanganmu saat gelap

Sadar atau Tidak, Kamu Sebenarnya Punya 5 Kekuatan Super Ini Lhoak5.picdn.net

Kalau gak percaya coba deh sekarang tutup mata kamu dan lambaikan tangan kamu tepat didepan muka kamu, pasti kamu sekilas melihat gerakan tangan kamu walaupun sedikit samar.

Berdasarkan penelitian dari Universitas Rochester, ketika kita menggerakkan tangan saat keadaan gelap, kita tidak melihat dengan mata kita. Pengelihatan yang terjadi dikarenakan otak menerima berbagai informasi sensorik dari anggota tubuh lain dan otak menampilkan persepsi visual sesuai apa yang diharapkan dari informasi tersebut.

2. Kamu bisa membedakan air dingin dan air panas berdasarkan suaranya

Sadar atau Tidak, Kamu Sebenarnya Punya 5 Kekuatan Super Ini Lhoi0.wp.com

Agak aneh ya, tapi ini beneran lho. Kamu bisa membedakan air tersebut dingin atau panas hanya dengan mendengar suaranya ketika dituangkan, bukan karena suara mendidihnya lho, ya.

Berdasarkan penelitian Condiment Junkie sebuah perusahaan sensory branding di Inggris, pendengaran manusia bisa membedakan air tersebut dingin atau panas. Hal ini dikarenakan perbedaan kekentalan pada air.

Air yang bersuhu dingin memiliki molekul yang bergerak lebih lambat dari air yang panas sehingga air dingin bersifat lebih kental dari air panas. Hal ini yang menyebabkan terjadinya perbedaan suara antara air dingin dan panas ketika dituang, dan otak kita dapat membedakan suhu air dari suara tersebut.

3. Kamu bisa mencium bau kekebalan tubuh seseorang

Sadar atau Tidak, Kamu Sebenarnya Punya 5 Kekuatan Super Ini Lhohome.bt.com

Pernah gak kamu mencium aroma-aroma aneh saat pergi ke rumah sakit? Nah, itu salah satu kekuatan super kamu. Indra penciuman kita dapat menilai imunitas tubuh seseorang hanya dari bau keringat orang lain.

Untuk menguji hal ini, para peneliti membuat eksperimen dengan menyuntikkan lipopolysaccharidesuatu bakteri yang dapat merusak kekebalan tubuh sementara waktu dan mengambil sampel keringat relawan tersebut. Hasilnya 75 persen partisipan mencium aroma yang kurang menyenangkan dari sampel keringat dibandingkan sebelum pemberian lipopolysaccharide.

4. Kamu bisa memiliki pendengaran super di bawah air

Sadar atau Tidak, Kamu Sebenarnya Punya 5 Kekuatan Super Ini Lhocdn1.thr.com

Manusia normalnya memiliki kemampuan mendengar frekuensi suara dari 20 hingga 20.000 Hz, tapi di bawah air kamu bisa mendengar frekuensi suara hingga 200.000 Hz. Ketika di bawah air, proses pendengaran yang terjadi berbeda dengan saat di daratan.

Ketika telinga menangkap frekuensi suara di bawah air, frekuensi suara tidak melalui saluran telinga normal, melainkan melalui tulang mastoid (itu tuh tulang yang ada di belakang daun telinga kalian). Dengan menggunakan konduksi tulang ini, manusia dapat mendengar suara ultrasonik di bawah air. Keren, ya!

5. Keringatmu bisa membuat orang bahagia

Sadar atau Tidak, Kamu Sebenarnya Punya 5 Kekuatan Super Ini Lhomedia.glamour.com

Aneh banget kan ya, ketika kita berkeringat dengan kondisi emosi yang bahagia, secara tidak sadar orang lain akan merasakan perasaan yang sama dengan kita. Pernyataan ini berdasarkan penelitian dari Universitas Utrecht di Belanda, dengan mengumpulkan sampel keringat dari 12 orang kaukasia sehat yang diberikan video yang lucu dan menyenangkan.

Hasilnya, 36 partisipan wanita yang mencium aroma sampel tersebut merasakan perasaan positif pada diri mereka. Penelitian menunjukkan bahwa kita menghasilkan senyawa kimia (chemosignals) yang dapat dideteksi oleh indra penciuman orang lain.

Reza Ermawan Photo Writer Reza Ermawan

Exhausted Engineer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya