Comscore Tracker

Coffee Naps: Apakah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Benar Bermanfaat?

Apakah masih terasa efek kafeinnya?

Apakah kamu masih salah satu orang yang menjadikan tidur siang sebagai rutinitas rutin? Minum kopi sebelum tidur siang mungkin tampak kontraintuitif. Namun tahukah kamu, ternyata banyak orang yang mengkombinasikan antara tidur dan minum kopi lho agar energi yang didapat setelah bangun semakin banyak. Yuk kita cek tentang apa itu coffee naps!

1. Apa itu coffee naps?

Coffee Naps: Apakah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Benar Bermanfaat?Pexels.com

Coffe Naps adalah minum kopi sebelum tidur siang singkat. Coffee Naps dianggap meningkatkan tingkat energi karena efeknya pada adenosine, zat kimia yang mendorong tidur. Saat kamu merasa lelah, adenosine beredar melalui tubuhmu dalam jumlah tinggi. Setelah kamu tertidur, kadar adenosin mulai menurun. Kafein bersaing dengan adenosine tentang siapa yang diterima di reseptor di otakmu. Karena reseptor otakmu menangkap kafein dan bukannya adenosine, rasa kantukmu akan berkurang.

Para ilmuwan menduga bahwa minum kopi sebelum tidur siang bisa meningkatkan energi, karena tidur membantumu menyingkirkan adenosine. Pada gilirannya, kafein harus bersaing dengan lebih sedikit adenosin yang ada di otak. Dengan kata lain, tidur bisa meningkatkan efek kopi dengan meningkatkan ketersediaan reseptor untuk kafein di otakmu.

Itu sebabnya tidur siang dapat meningkatkan tingkat energi lebih dari sekadar minum kopi atau tidur. Kamu mungkin berpikir kalau minum kopi akan mencegahmu tidur siang, tetapi perlu kamu ingat kalau kafein membutuhkan beberapa waktu sampai efeknya bisa dirasakan.

2. Atur waktu antara minum kopi dengan tidur siangmu

Coffee Naps: Apakah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Benar Bermanfaat?Sumber Gambar: ayobuka.com

Kebanyakan ahli mengusulkan bahwa cara terbaik untuk tidur siang adalah minum kafein tepat sebelum tertidur selama sekitar 15-20 menit. Waktu ini disarankan karena dibutuhkan waktu yang lama bagi tubuh untuk merasakan efek kafein.

Waktu saat seseorang melakukan coffee naps juga penting. Satu penelitian kecil pada 12 orang dewasa yang sehat menemukan bahwa peserta yang memiliki 400 mg kafein - setara dengan empat cangkir kopi - enam, tiga atau nol jam sebelum tidur semua mengalami kualitas tidur yang terganggu.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mungkin lebih baik minum kopi lebih dari enam jam sebelum tidur. Karena itulah jumlah kafein yang dikonsumsi sebelum tidur siang berdampak pada efektivitas coffee naps. Penelitian menunjukkan bahwa 200 mg kafein - sekitar dua cangkir kopi - adalah jumlah perkiraan yang kamu butuhkan untuk merasa lebih waspada dan bersemangat saat bangun tidur.

3. Haruskah kamu mencoba coffee naps?

Coffee Naps: Apakah Minum Kopi Sebelum Tidur Siang Benar Bermanfaat?pexels.com

Tidak mengherankan kalau banyak orang ingin mencoba coffee naps agar mendapatkan energi lebih saat bangun tidur. Tapi ingat bahwa hal ini juga dipengaruhi oleh jenis kopi yang diminum. Dosis kafein yang digunakan dalam kebanyakan penelitian setara dengan sekitar dua cangkir kopi. Selain itu, minum kopi dengan tambahan gula  sebelum tidur juga bisa menurunkan efektivitas coffee naps . Karena itu kopi hitamlah yang paling cocok. 

Sebagian besar ahli kesehatan sepakat bahwa hingga 400 mg kafein per hari - setara dengan sekitar empat cangkir kopi masih aman bagi kebanyakan orang. Ingat asupan kafein harian maksimum yang direkomendasikan ini kalau kamu mau meningkatkan dosis konsumsi kopimu.

Nah, menarik kan! Tapi sekali lagi ingat ya, usahakan untuk tidak minum kopi 6 jam sebelum tidur karena akan mengganggu kualitas tidurmu. Ingat juga batas asupan kafein harian yaitu sebanyak 400mg sehari agar tubuhmu tetap sehat dengan mendapatkan efek kopi yang tetap maksimal. Jadi tertarik mencoba coffee naps?

Baca Juga: Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You