Comscore Tracker

Unik, 5 Hewan Ini Perilakunya Berubah Saat Gerhana Matahari

Mengira waktu sudah malam, nih

Gerhana matahari merupakan salah satu fenomena alam yang menarik perhatian. Fenomena terhalangnya cahaya matahari oleh bulan ini membuat masyarakat tertarik untuk menyaksikannya. Tidak hanya umat manusia, hewan pun turut merespon fenomena langka ini, lho. Bahkan, kebanyakan di antaranya mengira bahwa waktu sudah malam. Menurut penelitian yang dilakukan oleh LIPI pada tahun 2016, berikut 5 hewan yang perilakunya berubah saat gerhana matahari.

1. Babi

Unik, 5 Hewan Ini Perilakunya Berubah Saat Gerhana Mataharipexels.com/John Lambeth

Babi adalah hewan mamalia yang beraktivitas selama siang hari. Pada tahun 2016, peneliti LIPI mengamati tingkah laku babi selama gerhana matahari. Saat gerhana matahari, babi tidak beraktivitas seperti biasanya. Ketika cahaya semakin berkurang, babi mengambil posisi rebahan lalu beranjak tidur. Wah, sepertinya babi mengira bahwa waktu sudah malam, nih.

2. Kumbang kotoran

Unik, 5 Hewan Ini Perilakunya Berubah Saat Gerhana Matahariafricafreak.com

Apakah kamu tahu tokoh serangga yang mendorong kotoran bulat di kartun Larva? Serangga itu adalah kumbang kotoran. Sama seperti babi, kumbang kotoran pun mengira waktu sudah beranjak malam saat gerhana matahari terjadi. Peneliti mengamati bahwa kumbang tidak melanjutkan mendorong kotorannya saat cahaya matahari berkurang. Hewan ini langsung kembali ke lubangnya.

3. Monyet hitam

Unik, 5 Hewan Ini Perilakunya Berubah Saat Gerhana Mataharigreeners.co

Tidak seperti babi dan kumbang kotoran, monyet hitam (Macaca hecki) memberikan respon yang berbeda saat gerhana matahari terjadi. Monyet hitam jantan akan mengeluarkan suara keras yang berbunyi "wa-wa-wa" yang menandakan situasi dalam bahaya. Suara itu juga sebagai bentuk panggilan bagi individu lain untuk berkumpul. Jika sudah berkumpul, para mereka akan membentuk lingkaran dan monyet hitam jantan yang merupakan pemimpin berada di tengah.

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

4. Burung maleo

Unik, 5 Hewan Ini Perilakunya Berubah Saat Gerhana Matahariallaboutbirds.org

Perubahan yang signifikan terjadi pada burung maleo. Penelitian tentang perilaku burung maleo saat gerhana matahari diamati di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah. Pada saat gerhana terjadi, burung maleo merasa kecemasan. Rasa cemas tersebut diperlihatkan oleh gerakan burung maleo yang tidak teratur di kandangnya. Pada saat gerhana mencapai puncaknya, maleo jantan kembali ke tempat tidurnya, sedangkan maleo betina dan anaknya hanya diam. Menurut peneliti, perilaku ini jarang terlihat selama hari normal.

5. Kelelawar

Unik, 5 Hewan Ini Perilakunya Berubah Saat Gerhana Matahariinverse.com

Sebagai hewan nokturnal atau beraktivitas pada malam hari, kelelawar menunjukkan perilaku yang berbeda selama gerhana matahari. Peneliti mengamati bahwa pada saat gerhana terjadi, sarang kelelawar sangat sunyi, kelelawar menggantung dengan stabil, dan menutupi tubuhnya dengan sayap. Saat diamati lebih lanjut terutama sekitar setengah dari gerhana parsial kedua, beberapa kelelawar terbang di sekitar sarangnya.

Itu tadi 5 hewan yang perilakunya berubah saat gerhana matahari. Ternyata tidak hanya manusia, hewan pun juga ikut merespon dengan perubahan kondisi yang terjadi. Unik sekali kan? Semoga menambah ilmu pengetahuan kamu, ya!

Baca Juga: Kasihan, 7 Hewan Ini Paling Menderita karena Kebakaran Hutan Australia

Riezma Prasiwi Photo Verified Writer Riezma Prasiwi

Only ordinary girl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya