Comscore Tracker

5 Misi Luar Angkasa Penting dalam Sejarah Manusia

Kejadian yang sangat bersejarah

Luar angkasa menyimpan banyak misteri dan objek-objek yang belum terjamah manusia, seperti planet, bintang, galaksi dan objek lainnya. Hingga saat ini, manusia telah berhasil melakukan banyak misi luar angkasa untuk mencoba menguak misteri-misteri tersebut. 

Beberapa dari misi luar angkasa memiliki peran yang sangat besar dalam dunia sains, khususnya astronomi. Berkat misi-misi tersebut, manusia bisa mempunyai pengetahuan yang lebih dalam tentang alam semesta, galaksi, dan tata surya. 

Dari banyaknya misi luar angkasa yang sudah dilaksanakan, berikut 5 misi luar angkasa penting dalam sejarah manusia.

1. Sputnik 1 - satelit pertama di luar angkasa

5 Misi Luar Angkasa Penting dalam Sejarah Manusiailustrasi Sputnik 1 (commons.wikimedia.org/Музей Космонавтики)

Sputnik 1 merupakan satelit pertama yang diluncurkan ke luar angkasa. Menurut laman resmi NASA, satelit Sputnik 1 diluncurkan Uni Soviet pada 4 Oktober 1957 dan sukses mengejutkan dunia. 

Peristiwa ini menjadi catatan bersejarah bagi umat manusia dan menjadi awal dari eksplorasi luar angkasa. Satelit ini mempunyai lima tujuan utama:

  • Menguji metode penempatan satelit buatan di ke orbit Bumi.
  • Memberikan informasi tentang kepadatan atmosfer.
  • Menguji radio dan metode optik pelacakan orbit.
  • Menentukan efek dari gelombang radio melalui atmosfer.
  • Memeriksa prinsip tekanan yang digunakan pada satelit. 

2. Vostok 1 - manusia pertama di luar angkasa

5 Misi Luar Angkasa Penting dalam Sejarah Manusiailustrasi pesawat Vostok 1 (commons.wikimedia.org)

Dilansir laman Britannica, orang pertama yang berhasil ke luar angkasa adalah Yury A. Gagarin yang menggunakan pesawat luar angkasa Vostok 1 buatan Uni Soviet. Misi ini dilakukan 12 April 1961 dan berlangsung selama 1 jam 29 menit.

Peluncuran Vostok 1 dilakukan pada jam 09:07 waktu Moskow dan berakhir pada jam 10:55. Melalui misi ini, para ilmuwan bisa meneliti bagaimana reaksi tubuh manusia saat berada di luar angkasa. 

3. Apollo 11 - manusia pertama di bulan

5 Misi Luar Angkasa Penting dalam Sejarah Manusiailustrasi misi Apollo 11 (unsplash.com/History in HD)

Apollo 11 merupakan sebuah misi untuk mendaratkan manusia pertama di bulan. Dilansir laman resmi NASA, Komandan Neil Armstrong beserta anggota lainnya berhasil mendarat di Bulan pada 20 Juli 1969. 

Peristiwa bersejarah ini disiarkan di televisi dan ditonton ratusan juta orang dari berbagai belahan dunia. Pendaratan manusia pertama di Bulan dinilai sebagai salah satu misi luar angkasa paling bersejarah di abad-20. Misi ini menjadi awal dari banyaknya misi luar angkasa lainnya di tahun-tahun berikutnya. 

Baca Juga: 6 Praktik Kanibalisme dalam Sejarah Manusia, Menyeramkan!

4. Teleskop Luar Angkasa Hubble

5 Misi Luar Angkasa Penting dalam Sejarah Manusiailustrasi teleskop Hubble (unsplash.com/NASA)

Hubble merupakan teleskop luar angkasa yang digunakan para ilmuwan untuk mengobservasi benda-benda di luar angkasa. Dilansir HUBBLESITE, teleskop ini pertama diluncurkan dari Bumi pada 24 April 1990. Di hari berikutnya, Hubble dilepaskan ke luar angkasa dan siap digunakan untuk mengobservasi alam semesta. 

Semenjak itu, teleskop Hubble telah berhasil menangkap berbagai macam objek luar angkasa seperti planet, bintang, komet, dan objek angkasa lainnya. Peluncuran teleskop Hubble tentunya menjadi aspek penting bagi ilmuwan untuk mengumpulkan informasi terkait dengan luar angkasa. 

5. Stasiun luar angkasa internasional

5 Misi Luar Angkasa Penting dalam Sejarah Manusiailustrasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (unsplash.com/NASA)

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) adalah pesawat ruang angkasa berukuran besar yang dibangun beberapa negara. Melansir laman NASA, pesawat ini tidak hanya berfungsi sebagai rumah awak para astronaut dan kosmonaut, tapi juga sebagai laboratorium sains luar angkasa.

Stasiun luar angkasa ini memiliki volume rumah dengan lima kamar tidur atau setara dengan dua pesawat jet Boeing 747. Ia mampu menampung enam orang awak, ditambah dengan pengunjung. Di dalam stasiun, terdapat modul laboratorium dari Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan Eropa. 

Misi luar angkasa di atas tentunya telah memiliki dampak yang sangat signifikan dalam dunia ilmu pengetahuan. Misi-misi tersebut juga menjadi penanda seberapa jauh manusia telah berkembang sebagai makhluk hidup. Pengetahuan tentang luar angkasa masih terus dikembangkan untuk mengukir sejarah baru bagi peradaban manusia. 

Baca Juga: 10 Objek Unik di Mars, Beberapa di Antaranya Sangat Aneh

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya