Comscore Tracker

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayang

Mudah akrab dengan anak-anak

Cavalier King Charles spaniel adalah tipe anjing kecil Inggris dari jenis spaniel. Anjing ini dikenal mempunyai sifat yang lembut, penyayang, penuh kasih, dan sangat ingin membahagiakan majikannya.

Karena sifatnya yang ramah dan perawakannya yang lucu, anjing ini sering dijadikan peliharaan. Mereka mudah akrab dengan anak-anak dan anjing lainnya. Melansir laman Mental Floss, berikut 9 fakta tentang anjing Cavalier King Charles spaniel.

1. Merupakan pembiakan dari toy spaniel

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/Austin Kirk)

Anjing Cavalier King Charles spaniel adalah termasuk jenis anjing yang terbilang baru. Jenis anjing ini merupakan hasil pembiakan dari toy spaniel, anjing kecil yang populer dari abad ke-16 hingga ke-18.

2. Raja Charles II memberikan nama anjing ini

Anjing Cavalier King Charles spaniel mendapatkan namanya dari Raja Charles II, yang sangat menyukai anjing. Dikatakan bahwa Raja Charles II tidak akan pergi ke mana pun tanpa setidaknya ada tiga anjing spaniel di belakangnya.

3. Menurut legenda Cavalier King Charles spaniel memiliki akses ke beberapa tempat dengan keamanan tinggi

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/Milan De Clercq)

Dikatakan bahwa Raja Charles II sangat mencintai anjing-anjingnya sehingga mereka tidak dapat ditolak masuk ke gedung mana pun, termasuk gedung parlemen. Namun, tidak ada bukti nyata untuk klaim tersebut. 

4. Jenis anjing pug memengaruhi bentuk fisik Cavalier King Charles spaniel

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/ Geoff Oliver)

Setelah Raja Charles II meninggal pada tahun 1685, popularitas jenis anjing ini mulai memudar, dan anjing-anjing lain seperti pug menjadi sorotan. Jenis anjing King Charles spaniel dibiakkan dengan anjing pug, memberikan moncong yang lebih pendek dan kepala berkubah. Fitur fisik ini terus hidup di King Charles spaniel hingga hari ini, yang merupakan jenis yang berbeda dari Cavalier King Charles Spaniel.

5. Cavalier King Charles Spaniel bisa menjadi bagian dari terapi

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/Izabelly Marques)


Awalnya dibiakkan sebagai anjing pendamping, wajar saja jika mereka unggul sebagai anjing terapi. Sifatnya yang penuh kasih dan hangat sangat cocok untuk menjadi bagian program terapi. 

Baca Juga: 10 Jenis Anjing Paling Loyal, Bisa Jadi Teman Hidup

6. Cavalier King Charles spaniels bisa menjadi magnet kutu

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/Izabelly Marques)

Disebut anjing penghibur, Cavalier King Charles spaniel sering dibawa ke tempat tidur. Ini bertujuan untuk menarik kutu dan tidak menghinggapi majikannya, sehingga menyelamatkan manusia dari wabah atau penyakit lainnya. 

7. Mereka adalah anjing gembala dan anjing olahraga

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/ Hana Oliver)

Cavalier King Charles spaniels mempertahankan naluri berburu asli mereka dan bisa diajak pergi untuk menembak makhluk kecil. Mereka juga sangat ingin untuk mengejar sesuatu sehingga bahkan anjing yang sudah terlatih sekalipun mungkin tidak akan datang saat dipanggil. 

8. Warnanya memiliki nama yang berbeda

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/Liesbet Delvoye)

Jenis anjing ini hadir dalam empat warna berbeda, dan semuanya memiliki nama yang unik. Warna ini meliputi Pangeran Charles (tiga warna), Raja Charles (hitam dan cokelat), Ruby (warna mahoni), dan Blenheim (coklat gelap dan putih). 

9. Cavalier King Charles spaniels adalah atlet alami

9 Fakta Anjing Cavalier King Charles Spaniel, Ramah dan Penyayangilustrasi anjing cavalier king charles spaniel (unsplash.com/Joakim Honkasalo)

Kombinasi atletis dan sifatnya yang mudah dilatih membantu Cavalier King Charles spaniel unggul dalam olahraga seperti kelincahan, reli, dan kepatuhan. 

 

Anjing Cavalier King Charles spaniel merupakan anjing yang sangat cocok untuk dijadikan peliharaan. Sifatnya yang hangat dan penyayang membuatnya mudah akrab dengan anak-anak. 

Baca Juga: 12 Fakta Sejarah tentang Harta Karun Sutton Hoo

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya