Comscore Tracker

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!

Mereka adalah hewan yang sangat cerdas

Anjing padang rumput atau dalam bahasa Inggris di sebut prairie dog adalah hewan pengerat (rodentia) yang masih berkerabat dekat dengan tupai. Mungkin bagi sebagian orang Indonesia, hewan ini masih terdengar asing. Itu karena mereka hidup di padang rumput di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Walaupun memiliki nama anjing, sebenarnya hewan imut ini bukanlah anjing. Mereka disebut demikian karena mereka bisa menggonggong layaknya seekor anjing. Selain bisa menggonggong, anjing padang rumput memiliki fakta unik lainnya, lo. Untuk lebih mengenalnya, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pernah menjadi mamalia terbanyak di Amerika Utara dengan populasi mencapai ratusan juta

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!worldatlas.com

Populasi mereka sangat fantastis, namun mulai menurun akibat habitat yang rusak karena banyaknya pembangunan, perburuan, dan keracunan.

Anjing padang rumput memiliki lima spesies, di antaranya prairie dog ekor putih, prairie dog ekor hitam, gunnison, utah, dan meksiko. Di antara kelima spesies tersebut, spesies yang paling banyak populasinya adalah jenis ekor hitam yang jumlahnya mencapai ratusan juta.

Menurut daftar merah IUCN, anjing padang rumput ekor hitam merupakan spesies yang paling tidak khawatir punah karena penurunan populasinya sangat lambat. Saat ini, diperkirakan ada sekitar 10-20 juta anjing padang rumput yang masih hidup.

2. Hidup di sebuah kota di bawah tanah

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!ecoticias.com

Kota yang dimaksud adalah sebuah liang besar di bawah tanah yang memiliki terowongan kompleks. Terowongan tersebut diatur sedemikian rupa agar udara bisa masuk ke dalam tanah. Anjing padang rumput mempunyai rumah yang terorganisasi dengan baik. Mereka memiliki tempat khusus untuk tidur, pembibitan, dan juga toilet.

Tercatat di 1901, para ilmuwan mengungkapkan ada kota besar prairie dog ekor hitam di Texas dengan luas mencapai 65.000 km persegi dan ditinggali oleh sekitar 400 juta anjing padang rumput.

3. Hewan yang sangat sosial

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!getoutdoorscolorado.org

Anjing padang rumput hidup dalam kelompok besar atau hidup berkoloni. Di dalam kota tempat mereka tinggal, terdapat beberapa subkelompok. Setiap kelompok terdiri dari satu jantan dewasa, satu atau lebih betina dewasa, dan anak-anak mereka yang masih kecil. Keluarga hewan sosial ini disebut dengan Cetories.

Anjing padang rumput memiliki kerja sama yang sangat kompak dalam berbagai hal, seperti saling menjaga liang, berbagi makanan, dan juga saling memelihara.

Baca Juga: 7 Pasang Hewan yang Terlihat Seperti Kembar, padahal Sebenarnya Tidak

4. Saling mencium adalah hal rutin yang mereka lakukan

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!smithsonianmag.com

Ternyata, saling mencium adalah salah satu cara mereka untuk berkomunikasi.
Mereka saling menyentuhkan hidung dan mengunci gigi satu sama lain. Cara ini dilakukan untuk memastikan apakah mereka berasal dari anggota keluarga yang sama atau bukan.

5. Cara komunikasi mereka lebih baik daripada simpanse dan lumba-lumba

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!abc.es

Tak banyak yang tahu, ternyata prairie dog memiliki cara berkomunikasi lebih baik dibandingkan dengan hewan-hewan cerdas, seperti simpanse dan lumba-lumba. Gonggongan adalah salah satu cara mereka untuk berkomunikasi.

Anjing padang rumput memiliki sistem komunikasi vokal yang canggih. Mereka bisa memvariasikan frekuensi nada untuk memberi tahu lokasi secara detail dan menggambarkan seperti apa pemangsa yang sedang mengintai mereka.

6. Secara ekologis anjing padang rumput sangatlah penting

6 Fakta Anjing Padang Rumput, Hewan Pengerat yang Bisa Menggonggong!starsinsider.com

Hewan cerdas ini adalah pemelihara padang rumput yang sangat baik. Terowongan yang mereka buat memungkinkan tanah dapat terpenetrasi oleh air. Sementara, kotoran mereka yang kaya nitrogen bisa meningkatkan kualitas tanah, sehingga dapat menyuburkan tanaman.

Selain itu, bekas galian lubang prairie dog sering digunakan spesies lain, seperti burung hantu dan ular, untuk dijadikan tempat tinggal. Anjing padang rumput juga merupakan sumber makanan bagi para predator, termasuk elang, musang, bobcats, burung hantu, dan ular.

Itu tadi fakta unik tentang anjing padang rumput. Apakah kamu jadi tertarik untuk menemui mereka?

Baca Juga: 5 Fakta Binturung, Hewan Unik Gabungan Beruang dan Kucing!

Rinrin Photo Verified Writer Rinrin

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya