Comscore Tracker

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusia

Mereka adalah hewan pencinta matahari

Berjemur sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terutama untuk orang-orang barat. Namun kebiasaan berjemur di bawah terik matahari tidak hanya di sukai manusia lho, tapi juga di sukai oleh beberapa binatang

Jika kebanyakan binatang menghindari panas dan akan berteduh, tapi tidak dengan 8 binatang di bawah ini. Apa saja mereka? Berikut adalah daftarnya.

1. Kuda nil

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiaafricageographic.com

Hewan dengan ciri khas tubuh, mulut dan gigi yang sangat besar ini merupakan jenis hewan semi akuatik, yaitu hewan darat yang menghabiskan sebagian hidupnya di air. Kuda nil adalah hewan herbivora, mereka bisa menghabiskan waktu empat hingga lima jam untuk makan rumput dan dapat mengonsumsi 68 kg rumput setiap harinya.

Selain menghabiskan waktunya di dalam air, kuda nil juga sering berjemur. Ketika berjemur mereka mengeluarkan zat merah berminyak dari tubuhnya, sehingga ada mitos bahwa mereka mandi darah. Tapi sebenarnya cairan merah tersebut adalah pelembap dan tabir surya, yang juga berguna untuk melindungi tubuh mereka dari kuman.

2. Alligator

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiamaxpixel.net

Alligator adalah hewan reptil yang masih berkerabat dekat dengan buaya. Mereka memiliki kemiripan yang hampir sama sehingga sulit untuk dibedakan. Diketahui hanya ada dua spesies alligator yang hidup di dunia, di antaranya, alligator Amerika (alligator mississippiensis) dan alligator Yangtze (alligator sinensis).

Alligator mempunyai kebiasaan berdiam diri di bawah terik matahari, dan itu dilakukan untuk mengatur suhu tubuh mereka. Alligator berjemur secara individu ataupun kelompok. Biasanya mereka berjemur dengan mulut yang terbuka. Karena dengan mulut terbuka, alligator dapat melepaskan suhu panas yang tersimpan dalam tubuhnya.

3. Meerkat

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiaanimals.sandiegozoo.org

Hewan imut yang bisa berdiri tegak seperti manusia ini merupakan mamalia dari anggota keluarga luwak. Habitat meerkat (suricata suricatta) berada jauh di gurun Kalahari, Botswana dan Afrika Selatan. Mereka sangat sosial dan hidup secara berkelompok yang sering disebut dengan 'geng' atau 'gerombolan'.

Meskipun meerkat hidup di padang pasir, tapi mereka dapat beradaptasi dengan baik di tengah-tengah cuaca yang sangat ekstrem. Alih-alih menghindari panasnya gurun pasir, meerkat lebih suka berjemur dalam keadaan terlentang atau berbaring. Mereka mempunyai bulu tipis dan kulit gelap di perutnya, yang berguna untuk mengontrol suhu tubuh.

4. Iguana laut

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiawikimedia.org

Iguana laut (amblyrhynchus cristatus) merupakan reptil penghuni asli kepulauan Galapagos (Ekuador). Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di lautan, sehingga memiliki kemampuan berenang yang baik. Secara fisik reptil ini terlihat sangat ganas dan menyeramkan, tapi sebenarnya iguana laut adalah hewan herbivora, mereka hanya makan ganggang dan rumput laut.

Walaupun mereka hidup di air, tapi iguana laut sering terlihat berjemur di atas bebatuan. Iguana laut adalah hewan berdarah dingin sehingga tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Mereka pun bergantung pada sinar matahari untuk menghangatkan tubuhnya setelah berenang di lautan.

Baca Juga: 6 Manfaat Berjemur Pagi bagi Kesehatan, Rugi Kalau Dilewatkan!

5. Singa laut

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiathisisecuador.com

Singa laut adalah hewan mamalia dan juga karnivora, mereka menyusui, makanan utamanya adalah ikan dan ubur-ubur. Singa laut terbagi ke dalam tujuh spesies, namun salah satu dari mereka sudah mengalami kepunahan. Singa laut dapat ditemukan di seluruh perairan di dunia kecuali di Samudra Atlantik Utara.

Pemandangan menarik yang bisa kita lihat dari singa laut adalah ketika mereka secara berkoloni menghangatkan tubuh di garis pantai. Atau jika beruntung dapat melihat mereka berjemur mengambang di atas air dengan satu siripnya yang terangkat ke atas. Berjemur menjadi hal penting untuk mereka, agar darah dalam tubuhnya dapat bersirkulasi dengan baik.

6. Penguin Afrika

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiaeverywhereist.com

Banyak orang mengira jika penguin hanya ada di Antartika, tapi ternyata penguin juga terdapat di Afrika yang notabene memiliki iklim tropis. Penguin Afrika (spheniscus demersus) memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada jenis penguin lainnya. Mereka tinggal di perairan Afrika Selatan dan berkumpul dalam koloni yang besar di pantai dekat Cape Town.

Penguin Afrika sering di sebut dengan  penguin jackass atau penguin kaki hitam. Penguin jenis ini salah satu hewan yang sangat senang dengan matahari. Mereka akan bergantian mencelupkan tubuh ke dalam air lalu berbaring untuk berjemur di bawah sinar matahari.

7. Ular garter

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiabritannica.com

Ular garter adalah sebutan untuk ular-ular yang berasal dari suku natricidae. Mereka tersebar luas di daerah subtropis dan subarktik Amerika Utara. Ular garter termasuk binatang yang tidak dapat mengatur suhu tubuhnya, sehingga mereka bergantung pada sinar matahari untuk melakukan hal tersebut.

Setelah makan mereka akan berjemur untuk menaikkan suhu tubuh agar makanan dapat tercerna. Selama musim dingin mereka akan hibernasi dan saat musim panas tiba, ular garter akan berjemur dalam waktu yang lama, untuk mendapatkan banyak energi yang dibutuhkan saat mencari makanan.

8. Penyu warna-warni

Unik! 8 Hewan Ini Suka Berjemur Seperti Manusiaanimals.net

Penyu warna warni atau dalam bahasa Inggris disebut painted turtles adalah kura-kura akuatik yang hidup dan tersebar luas di perairan tawar Amerika Utara. Mereka sangat mudah dikenali karena warna cerah pada tubuhnya dan mudah ditemui karena jangkauannya yang sangat luas. Mereka sering ditemukan di kolam, sungai, danau dan sumber air lainnya yang bergerak lambat.

Penyu warna warni tidak hanya berenang sepanjang waktu, tapi mereka biasanya akan naik ke permukaan untuk berjemur selama beberapa jam di daratan. Mereka membutuhkan sinar matahari untuk menyerap panas dan untuk mengatur suhu tubuhnya. Berjemur juga sangat penting untuk kesehatan penyu, karena panas dari sinar matahari dapat mengeringkan ektoparasit yang ada pada mereka.

Nah itu dia ke-8 hewan yang suka berjemur, mereka melakukan hal tersebut karena memiliki alasan tertentu. Bagaimana, apa kamu juga sering berjemur seperti mereka?

Baca Juga: 16 Fakta Hewan Ini Akan Membuatmu Merasa Terharu atau Bahkan Sedih

Rinrin Photo Verified Writer Rinrin

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You