Comscore Tracker

5 Fakta Titanoboa, Ular Purba Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumi

Dibandingkan Titanoboa, anakonda gak ada apa-apanya lho!

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan anakonda, ular raksasa yang terkenal karena sering dijadikan bahan film horor. Ukuran jumbonya menjadi daya tarik ular tersebut, tapi juga sekaligus membuat banyak orang bergidik ngeri.

Tapi, ternyata ular anakonda bukan yang terbesar di dunia, lho. Sejarah pernah mencatat bahwa ular terbesar di dunia adalah Titanoboa, yang kini sudah punah. Yuk, simak beberapa fakta menarik tentang ular raksasa ini!

1. Menjadi predator terbesar setelah zaman kepunahan dinosaurus

5 Fakta Titanoboa, Ular Purba Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumisciencesource.com

Dilansir dari Express.co.uk, Titanoboa dipercaya hidup sekitar 58-60 juta tahun yang lalu, tepatnya pada pertengahan hingga akhir zaman Paleosen. Zaman itu merupakan zaman yang terjadi sesaat setelah dinosaurus punah dari muka bumi akibat serbuan meteor dari langit.

Bbc.com melaporkan bahwa setelah kepunahan dinosaurus, Titanoboa menjadi predator terbesar di bumi selama setidaknya 10 juta tahun. Wah, lama banget ya!

2. Berat tubuh saat dewasa bisa lebih dari satu ton

5 Fakta Titanoboa, Ular Purba Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumiworldatlas.com

Titanoboa dewasa memiliki panjang tubuh hingga 42-49 kaki (sekitar 13-15 meter) dan berat mencapai 1134 kg, seperti dilaporkan oleh Smithsonianmag.com. Dikutip dari Britannica.com, ukuran ini merupakan hasil ekstrapolasi dari tulang belakang fosil ular oleh para pakar paleontologi.

Sementara itu, National Geographic menjelaskan bahwa ular terbesar yang masih hidup di bumi hingga saat ini adalah anakonda hijau. Ular yang banyak hidup di hutan Amazon dan sungai Orinoko di Amerika Selatan ini memiliki panjang 20-30 kaki (sekitar 7-9 meter) dan berat mencapai 168 kg.

Duh, kebayang kan perbedaan ukuran anakonda hijau dan Titanoboa yang begitu jauhnya?

3. Dapat memangsa hewan raksasa

5 Fakta Titanoboa, Ular Purba Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumideviantart.com

Titanoboa dapat memangsa seekor buaya raksasa seberat 136 kilogram. Titanoboa akan menarik mangsanya ke dekat perairan, memasukkannya ke badan air, melilitnya lalu memakannya. Cara makan ini sebenarnya juga mirip seperti cara makan ular anakonda.

Baca Juga: 5 Fakta Anakonda, Ular Terbesar yang Jago Berenang 

4. Tinggal di tempat panas dan lembab

5 Fakta Titanoboa, Ular Purba Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumicsag.uct.ac.za

Worldatlas.com melaporkan bahwa habitat Titanoboa berada di tempat panas dan lembab seperti di Amerika Selatan. Fosil Titanoboa memang banyak ditemukan di negara Peru dan Kolombia di Amerika Selatan. Selain itu, faktanya ular-ular besar seperti anakonda dan piton memang banyak tinggal di daerah beriklim hangat, seperti di daerah khatulistiwa. Temperatur bumi pada masa kehidupan Titanoboa bahkan mencapai 90 derajat Celcius. Pada suhu yang demikian panas dan lembab, ular ini bisa tumbuh lebih besar.

Berbagai studi menunjukkan bahwa ular ini tinggal di habitat yang sama dengan Carbonemys, sejenis kura-kura raksasa purba yang juga telah punah. Kedua hewan ini hidup bersama-sama di daerah rawa di wilayah Amerika Selatan. Meskipun tinggal bersama-sama, namun para ilmuwan menduga bahwa Titanoboa memangsa Carbonemy untuk bisa bertahan hidup. Ini terbukti dengan ditemukannya fosil Carbonemys tak jauh dari fosil Titanoboa.

5. Penyebab kepunahannya belum diketahui secara pasti

5 Fakta Titanoboa, Ular Purba Terbesar yang Pernah Hidup di Muka Bumispoonfeedz.com

Belum diketahui secara pasti penyebab kepunahan monster ular ini. Meski begitu, para ilmuwan menduga bahwa penurunan suhu global kala itu berperan penting dalam kepunahan Titanoboa. Penurunan suhu global secara drastis menyebabkan proses metabolisme Titanoboa menjadi sulit. Dilansir dari Bbc.com, ular tidak mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri dan bergantung pada panas dari luar untuk bisa bertahan hidup. Ini karena sifat ular yang berdarah dingin.

Ular-ular besar seperti Titanoboa pun akhirnya mati satu per satu dan yang bertahan hanyalah ular-ular berukuran kecil. Titanoboa juga diduga punah karena kehilangan habitat. Luasan hutan berkurang dan mereka pun kehilangan habitat yang layak.

Nah, itulah 5 fakta unik mengenai Titanoboa, ular raksasa purba yang pernah menjadi hewan paling ditakuti di bumi. Setelah mengetahui faktanya dan sambil membayangkan ular ini masih hidup sampai sekarang, dari skor satu sampai sepuluh, menurutmu seberapa mengerikannya ular ini?

Baca Juga: Mengerikan, tapi Menakjubkan! Ini Dia 5 Spesies Ular Terbesar di Bumi

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You