Comscore Tracker

5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mandi

Yuk, lakukan demi kelestarian lingkungan!

Dampak perubahan iklim yang tengah terjadi saat ini mulai bisa kita rasakan. Banjir saat musim hujan dan kekeringan ekstrem di musim kemarau mungkin sudah pernah kamu rasakan. Sementara itu, polusi lingkungan di sekitar kita pun mungkin terasa kian memprihatinkan seiring dengan pertumbuhan populasi penduduk. Sebagai manusia yang peduli lingkungan, ada banyak perilaku sehari-hari yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi, bahkan ketika kita sedang mandi.

Berikut ini beberapa perilaku ramah lingkungan yang bisa kita lakukan saat mandi!

1. Hemat konsumsi air

5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mandiindependent.co.uk

Saat mandi atau mencuci tangan, gunakan air seperlunya. Sebisa mungkin, hindari berendam. Kalau memungkinkan, pilih shower daripada gayung. Menggunakan shower bisa menghemat setengah jumlah air yang kamu pakai saat mandi dengan gayung. Selain itu, gunakan keran air seperlunya saja.

2. Memilih produk pembersih badan yang ramah lingkungan

5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mandifreepik.com/user10225392

Pilih produk-produk pembersih badan seperti sampo, sabun, pembersih wajah, dan pasta gigi yang ramah lingkungan. Pastikan bahan yang kamu beli gak mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa membahayakan lingkungan dan juga kesehatanmu. Kalau memungkinkan, pilih produk yang alami. Jangan lupa, hindari menggunakan produk-produk tersebut secara berlebihan.

3. Menggunakan wadah refill untuk bahan perlengkapan mandi

5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mandifreepik.com

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan untuk menyelamatkan lingkungan adalah mengurangi konsumsi plastik. Seperti yang kita tahu, bahan-bahan perlengkapan mandi seperti sampo dan sabun umumnya dijual dalam bentuk kemasan kecil. Kita bisa membeli sampo atau sabun refill kemasan besar, lalu mengisinya ke dalam wadah khusus permanen. Selain bisa mengurangi konsumsi plastik, cara ini juga bisa menghemat pengeluaranmu.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Mandi Malam Terlalu Sering, Hindari jika Tak Terpaksa

4. Mengurangi konsumsi tisu

5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mandimedicalnewstoday.com

Mungkin kamu sudah tahu kalau tisu umumnya terbuat dari bubur kertas (pulp) yang berbahan dasar serat kayu. Bahan ini biasanya didapatkan dari pohon. Dengan begitu, konsumsi tisu berlebihan berkontribusi terhadap perusakan hutan. Karena itulah, sebaiknya gunakan tisu secukupnya.

5. Mematikan lampu dan pemanas air saat sedang gak digunakan

5 Perilaku Ramah Lingkungan yang Bisa Kamu Lakukan Saat Mandintv.com.tr

Selain hemat air, kamu juga tentu harus hemat energi. Saat sedang gak digunakan, matikan lampu dan pemanas air. Kalau ada peralatan elektronik seperti pengering rambut yang sedang gak dipakai, pastikan kamu melepas kabelnya dari colokan listrik. Meski barang elektronik dalam keadaan mati, kabel yang masih menancap di colokan listrik akan terus menyerap energi listrik.

Itulah tadi beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan dari kamar mandi untuk menyelamatkan lingkungan. Kamu tentu mau dong jadi bagian agent of change untuk memerangi perubahan iklim?

Dimulai dari diri sendiri, kamu bisa menularkan hal-hal baik ini kepada orang lain di sekelilingmu sehingga bisa membawa dampak positif yang lebih besar lagi terhadap kelestarian lingkungan. Yuk semangat menjaga bumi!

Baca Juga: 5 Manfaat Mandi Pagi yang Bisa Bikin Segar, Jangan Malas Ya!

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya