Comscore Tracker

Tampak Menyeramkan, 6 Fakta Anglerfish yang Hidup di Laut Dalam

Punya "lampu" untuk memancing mangsa!

Kalau kamu pernah nonton Finding Nemo, mungkin kamu tidak asing lagi dengan ikan yang satu ini. Ingat ketika ayahnya Nemo dan Dory berenang di lautan dalam yang gelap lalu muncul cahaya misterius dari ikan yang menyeramkan? Nah, ternyata ikan itu benar-benar ada. Namanya anglerfish atau ikan sungut ganda.

Selain penampilannya yang seram, sebenarnya seperti apa hidup dari ikan sungut ganda ini? Yuk, kita cari tahu!

1. Apa itu ikan sungut ganda?

Tampak Menyeramkan, 6 Fakta Anglerfish yang Hidup di Laut Dalamilustrasi macam-macam ikan sungut ganda (youtube.com/Science Magazine)

Ikan sungut ganda atau sering disebut anglerfish merupakan ikan yang hidup di lautan dalam dengan ordo Lophiiformes. Sejauh ini, ilmuwan telah menemukan sekitar 170 spesies dengan 12 famili darinya. Ikan ini hidup di Samudra Arktik, Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Umumnya, anglerfish hidup di lautan dalam di mana cahaya matahari sudah tidak bisa ditemui.

Dilansir Britannica, nama anglerfish diberikan karena cara berburunya seperti seorang "angler" atau 'pemancing'. Ciri khas mereka adalah adanya antena di atas mulut yang berfungsi menarik perhatian mangsa. Ketika mangsa sudah dekat, ikan ini akan segera menangkap dan memakannya.

Antena ini memiliki bentuk yang bervariasi, ada yang pendek atau panjang, ada yang bentuknya simpel atau penuh ornamen cahaya. Tidak hanya itu, beberapa spesies ikan ini juga dapat mengeluarkan cahaya di beberapa organ tertentu.

Ikan sungut ganda biasanya tidak diburu hewan lain. Menurut beberapa penemuan, hanya beberapa predator yang terbukti memakan anglerfish seperti Antarctic toothfish dan Dissostichus mawsoni. Ikan ini juga jarang diburu atau tertangkap oleh manusia karena hidupnya di laut dalam.

2. Ternyata, ikan sungut ganda pertama ditemukan pada tahun 1833

https://www.youtube.com/embed/VqPMP9X-89o

Dilansir Live Science, ikan tak dikenal yang memiliki bentuk hampir bulat sempurna dan tampang yang aneh ini ditemukan pada tahun 1833 di tepi laut Greenland. Mereka kemudian diserahkan kepada seorang zoologist di Copenhagen, Denmark yang bernama Johannes Christopher Hagemann Reinhardt.

Ikan tersebut ternyata Himantolophus groenlandicus atau footballfish dan merupakan anglerfish pertama yang berhasil diidentifikasi. Sejak saat itu, ilmuwan hanya mempelajari ikan tersebut jika mereka tersangkut atau ditemukan mati di jaring nelayan.

Namun, dalam 2 dekade terakhir para ilmuwan berhasil mempelajari anglerfish ini di habitat aslinya walaupun belum banyak. Seperti pada studi yang dilakukan di tahun 2014, seorang ahli biologi kelautan Bruce H. Robinson berhasil merekam anglerfish selama beberapa menit ketika ikan tersebut sedang berenang di Teluk Monterey, California. 

Baca Juga: Unik, 6 Hewan Ini Tampak Seperti Gabungan Dua Jenis Hewan Berbeda

3. Tidak mengejar, tetapi "memancing" mangsa

Tampak Menyeramkan, 6 Fakta Anglerfish yang Hidup di Laut Dalamikan sungut ganda (youtube.com/Science Magazine)

Tidak seperti karnivor lainnya, ikan sungut ganda tidak mengejar mangsanya untuk dimakan. Justru mereka memanfaatkan antena yang ada di atas mulut mereka untuk memancing mangsanya mendekat.

Ingat anglerfish hidup di laut dalam? Habitat mereka berada di Midnight Zone dengan kedalaman sekitar 1000 meter. Artinya cahaya matahari tidak dapat menembus zona ini dan keadaan menjadi gelap gulita. Dengan keadaan tersebut, munculnya secercah cahaya justru akan menarik hewan lain mendekat.

Benar saja, hewan seperti udang, cumi-cumi, cacing, ikan lentera, dan lainnya akan mendekat ke cahaya tersebut. Alhasil, mereka menjadi santapan lezat bagi anglerfish. Ikan ini akan diam dan tenang menunggu mangsa terkena umpannya. Seperti pemancing sungguhan, bukan?

4. Dari mana cahaya itu berasal?

Tampak Menyeramkan, 6 Fakta Anglerfish yang Hidup di Laut Dalamikan sungut ganda dengan umpan bercahaya (youtube.com/Netflix)

Dilansir Britannica, hanya ikan sungut ganda betina yang memiliki "antena" bercahaya di kepalanya. Bagian ini memiliki peranan yang sangat penting untuk berburu mangsa, tetapi bagaimana bisa ia bercahaya? Ternyata ini semua berkat bioluminesensi.

Bioluminesensi adalah kemampuan suatu makhluk hidup tertentu untuk menghasilkan cahaya. Pada ikan sungut ganda, umpan cahaya ini dihasilkan dari Photobacterium, bakteri bercahaya yang hidup di kantong kulit anglerfish yang disebut esca. Bakteri ini mendapat nutrisi dari ikan tersebut dan sebaliknya, ia mendapat cahaya dari si mikroorganisme.

Dalam buku Abyss karya Clarence P. Idyll tahun 1964, antena atau umpan pada anglerfish dapat bercahaya dengan warna kuning, kuning-hijau, biru-hijau, atau jingga keunguan. Selain itu, ikan ini juga dapat menggerakkannya agar menyerupai umpan yang hidup.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti dari mana bakteri tersebut berasal. Awalnya anglerfish hidup hanya sebagai larva transparan yang mengambang ke permukaan untuk mendapatkan makanan, kemudian secara bertahap berkembang menjadi dewasa. Mereka tidak memiliki esca dari lahir sehingga mereka tidak memiliki tempat untuk bakteri tersebut tumbuh. Bakteri tersebut juga tidak ditemukan di lautan bebas sehingga kecil kemungkinan bakteri tersebut berasal dari lingkungan.

5. Bentuk fisiknya tak kalah mencengangkan

Tampak Menyeramkan, 6 Fakta Anglerfish yang Hidup di Laut Dalamperut anglerfish yang membesar setelah makan (youtube.com/Natural History Museum)

Anglerfish memiliki besar tubuh yang berbeda antara betina dan jantan. Rata-rata panjang tubuh betina dewasa hanya mencapai 16 sentimeter, sedikit lebih kecil dari bola voli. Namun, beberapa spesies dapat tumbuh hingga 0,9 sampai 1,2 meter. Berbeda dengan betina, panjang tubuh pejantan sangat kecil yakni kurang dari setengah inci.

Mulut dari ikan sungut ganda menjadi bagian tubuh yang paling besar di antara yang lain. Jadi ketika mangsa dapat muat di dalam mulutnya, maka akan muat juga di dalam perutnya. Banyak spesies dari anglerfish yang dapat meregangkan perutnya hingga dua kali ukuran semula.

6. Ikan sungut ganda jantan ternyata parasit seksual!

Tampak Menyeramkan, 6 Fakta Anglerfish yang Hidup di Laut Dalamikan sungut ganda jantan di tubuh pasangannya (youtube.com/Science Magazine)

Anglerfish jantan biasanya memiliki ukuran tubuh sepuluh kali lebih kecil daripada betina dan tujuan hidup mereka hanyalah bereproduksi. Mereka mempunyai organ khusus untuk mencari anglerfish betina di luasnya lautan. Ketika mereka telah menemukan pasangan yang tepat, mereka akan menggigit dan menggantungkan hidupnya kepada si betina.

Ketika si jantan menggigit pasangannya, ia akan mengeluarkan enzim yang dapat meluruhkan kulit mulut sehingga mulutnya akan menyatu dengan tubuh betina dan aliran darah mereka terhubung satu sama lain. Si pejantan akan kehilangan mata dan organ tubuh lainnya. Yang tersisa hanya tubuh dengan testis.

Dengan begitu, mereka akan bergantung sepenuhnya kepada si betina untuk mendapatkan nutrisi, seperti parasit. Sebagai gantinya, si pasangan akan mendapatkan sperma. Seekor anglerfish betina dapat "mengoleksi" 6-12 pejantan di tubuhnya. Peristiwa ini mirip dengan transplantasi organ, di mana si pejantan menjadi bagian dari tubuh si betina.

Kesempatan untuk bertemu langsung dengan ikan ini memang sangatlah kecil. Namun dari fakta-fakta di atas, kita jadi tahu sedikit gambaran tentang hidup anglerfish yang ternyata sangat unik. 

Baca Juga: 5 Hewan yang Penampilannya Mirip Makanan, Ada yang Seperti Nanas

Roselin A. Photo Writer Roselin A.

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya