Comscore Tracker

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajar

#IDNTimesScience Gemes banget!

Kucing memang dikenal sangat menyukai kardus. Meskipun, pemiliknya membelikan mainan baru, kucing akan lebih memilih sebuah kotak kardus yang sederhana. 

Apapun bentuk, ukuran, dan bentuk kardus, kucing akan senang masuk di dalamnya. Lalu apa alasannya kucing suka masuk ke dalam kardus? Yuk, cek penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Tekstur kardus yang sangat disukai kucing

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajarilustrasi kucing (unsplash.com/Katrin Friedl)

Bahan karton pada kardus menjadi tekstur yang sempurna untuk dicakar dan digigit oleh kucing. Tak jarang, pemilik kucing mendapatkan kardus yang dimilikinya menjadi 'korban' cakaran kucing kesayangan.

Karena itu, lebih baik siapkan kardus tua untuk dijadikan mainan yang menarik dan menyenangkan untuk kucing. Dengan ini, rasa penasaran kucing terhadap kotak dapat terpuaskan. 

2. Tempat yang cocok untuk tidur siang

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajarilustrasi kucing tidur (unsplash.com/Victoria Aleksandrova)

Kardus dianggap bisa menghangatkan kucing, sehingga cocok untuk menjadi tempat tidur. Sebuah studi dalam Experimental Neurology Journals, memperlihatkan bahwa kardus sebagai wadah penghangat lokal bagi kucing yang membuatnya rileks. 

Terlebih lagi, kucing menghabiskan waktu tidur hingga 18 jam setiap harinya. Hal inilah yang membuat kucing perlu menemukan tempat tidur yang nyaman, dan solusinya ada pada kardus. 

3. Kardus menjaga suhu tubuh kucing normal

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajarilustrasi kucing dalam kardus (unsplash.com/Jackie Zhao)

Kucing mempunyai suhu tubuh yang lebih tinggi dibandingkan manusia. Dari laman Treehugger, suhu tubuh normal kucing sekitar 38,889 celcius.

Jika suhu ruangan dingin, cobalah melapisi kardus ditambah selimut berbulu halus, dan kucing akan nyaman di dalamnya. Namun ketika suhu ruangan panas, kardus bisa menjadi tempat yang nyaman untuk kucing istirahat. 

Baca Juga: Simak 6 Cara Mengatasi Kucing yang Ketakutan, Wajib Paham

4. Memuaskan sifat predator kucing

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajarilustrasi kucing dalam kardur (unsplash.com/Chewy)

Ada banyak alasan kucing menyukai kardus, namun yang utama, karena kardus adalah sebuah kotak yang tertutup. Kucing yang merupakan predator penyergap, senang menemukan tempat kecil untuk bersembunyi dari hewan yang menyerangnya. 

Selain bersembunyi, kardus juga digunakan untuk mengelabui mangsanya dan dianggap sebagai tempat yang aman. Sebenarnya halal karena ini adalah perilaku naluriah kucing yang sulit untuk diubah. 

5. Dapat mengurangi stres

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajarilustrasi kucing dalam kardus (unsplash.com/Piotr Musioł)

Saat kucing stres atau terancam, ia akan pergi ke ruangan gelap dan sempit, seperti kardus. Ini karena kardus merupakan tempat yang memiliki satu bukaan saja, sehingga kucing hanya fokus pada celah itu. Dengan sedikit ancaman yang dia terima, stres jauh lebih berkurang. 

Ini semakin diperkuat dengan penelitian yang tertulis dalam Applied Animal Behaviour Science tahun 2014, penelitian ini melibatkan kucing yang ada dalam tempat penambungan dan menaruh kardus. 

Hasilnya, secara signifikan tingkat stres kucing menurun setelah hewan berbulu bersembunyi dalam kardus. Tak hanya itu, kardus pun membuat kucing baru menjadi lebih mudah beradaptasi, lho. 

6. Tempat berlindung di dalam rumah

6 Alasan Kucing Suka Masuk ke Dalam Kardus, Hal Wajarilustrasi kucing dalam kardua (unsplash.com/乐融 高)

Kucing percaya jika kotak kardus menjadi tempat berlindung yang lebih nyaman dan baik dibandingkan rumah pemiliknya. Ini karena hewan berkaki empat itu merasa ruangan kecil mampu menciptakan rasa aman.

Jadi kapanpun kucingmu merasa tidak nyaman atau takut, coba mencarinya dalam kardus berdinding tinggi. Ini disengaja, agar tubuhnya tidak terlihat dari luar. 

Terkadang kucing mempunyai sifat yang membuat pemiliknya penasaran, tapi inilah yang membuat hewan berbulu ini makin dicintai. Obsesi kucing terhadap kotak kardus mungkin membuat pemiliknya keheranan. Tapi setelah memahami alasannya, kamu jadi bisa memahami kegemarannya pada kardus, kan? 

Baca Juga: 6 Fakta Alergi Makanan pada Kucing, Sadari dan Kenali, ya

Iam_ Lathiva Photo Verified Writer Iam_ Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya