Comscore Tracker

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu Pengetahuan

Sang Begawan ilmu politik 

Sebagai penggila ilmu pengetahuan, siapa yang masih asing dengan sosok yang satu ini? Francis Bacon adalah seorang filsuf, negarawan asal Inggris yang pengaruhnya dalam ilmu politik dan ilmu pengetahuan tidak bisa diremehkan.

Meskipun dalam filsafatnya dalam banyak hal tidak begitu memuaskan, tapi ia tetap memiliki nilai penting sebagai sang pendiri metode induktif modern dan sang pionir dalam usaha untuk mensistematisasikan prosedur ilmiah secara logis. 

Filsuf yang terkenal dengan ucapannya yang paling masyhur, "Knowledge is power" ini menarik untuk dipelajari. Penasaran? Simak kelanjutannya di bawah!

1. Dilahirkan di London, Inggris, pada tanggal 22 Januari 1561

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu PengetahuanFrancis Bacon (britannica.com)

Dilansir Britannica, Francis Bacon lahir pada tanggal 22 Januari 1561 di London, Inggris. Dia adalah anak dari Sir Nicholas Bacon. seorang Lord Keeper of the Great Seal, dan bibinya adalah istri dari Sir William Cecil. Dilihat dari lingkup keluarga kecilnya saja, itu sudah cukup menggambarkan kapasitas intelektual Bacon yang sarat dengan urusan kenegaraan. 

2. Menjadi penasihat Earl of Essex, Robert Devereux

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu PengetahuanRobert Devereux (artuk.org)

Dalam buku Lytton Strachey: Elizabeth and Essex, menggambarkan bahwa Bacon sebagai seorang monster pengkhianat dan tidak tahu terimakasih. Ia bekerja dengan Essex saat Essex loyal, namun meninggalkannya saat loyalitasnya pada Essex justru dikhianati; di sini, zaman dengan moralitas paling rijid sekalipun tidak bisa menyalahkannya. 

3. Menjadi Lord Chancellor pada tahun 1618

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu PengetahuanFrancis Bacon (wikimedia.org)

Setelah naiknya James I, prospek Bacon semakin cerah. Pada tahun 1617, ia mendapatkan jabatan yang pernah diduduki ayahnya, Keeper of the Great Seal, dan pada tahun 1618 ia menjadi Lord Chancellor

4. Dituduh menerima suap

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu Pengetahuanilustrasi orang berpidato (relcmedia.org)

Setelah memegang jabatan penting selama dua tahun, ia dituduh telah menerima suap dari para penggugat. Dan ia sendiri mengakui tuduhan itu, namun dengan alibi bahwa semua hadiah itu tidak pernah mempengaruhi setiap keputusannya. 

5. Mendapat hukuman

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu Pengetahuanilustrasi seseorang ditawan (deutschland.de)

Setelah kasus tersebut, Bacon dipersalahkan dengan membayar denda sebesar 40.000 Poundsterling, dipenjara di Tower selama yang diinginkan raja, dipecat dari jabatan, dan dibuang dari kerajaan.

Namun hukuman ini hanya dilakukan sebagian kecil saja. Ia tidak dipaksa untuk membayar denda, pun ia hanya dipenjara di Tower hanya selama empat hari saja. 

Akan tetapi, ia terpaksa meninggalkan kehidupan publik, dan menghabiskan sisa waktunya untuk menulis buku-buku penting. 

6. Perbedaan di masa Francis Bacon dan masa sekarang

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu Pengetahuanilustrasi pengadilan Inggris (history.com)

Dalam buku Bertrand Russell: The History of Western Philosophy, dikisahkan bahwa pada saat itu etika profesi hukum cukup longgar. Hampir setiap hakim menerima hadiah, biasanya dari para penggugat dan tergugat. Tapi pada waktu itu, hadiah adalah suatu hal yang biasa, dan seorang hakim tetap menunjukkan "kebenarannya" dengan cara tidak terpengaruh oleh adanya hadiah tersebut. 

Lain halnya dengan masa sekarang, kini kita menganggap buruk apabila ada seorang hakim yang menerima suap. Karena adanya suap itu, hakim akan cenderung membela si penyuap. 

7. Mengatakan bahwa filsafat harus dipisahkan dengan teologi

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu PengetahuanFrancis Bacon (fbrt.org)

Salah satu buku terpenting Bacon: The Advancement of Learning, di sana dijelaskan bahwa "Knowledge is power". Dan walaupun para pendahulunya mungkin juga sudah mengatakannya, ia mengungkapnnya dengan penekanan yang baru. 

Seluruh landasan filsafatnya bersifat praktis: membuat manusia mampu menguasai kekuatan-kekuatan alam dengan penemuan dan penciptaan ilmiah. Dia juga berpendapat di sana bahwa filsafat harus dipisahkan dari teologi. 

8. Meninggal pada tanggal 9 April 1626

8 Fakta Francis Bacon yang Dianggap Dukun Babak Baru Ilmu PengetahuanFrancis Bacon (britannica.com)

Setelah lima tahun turun dari jabatannya, ia meninggal karena kedinginan saat melakukan eksperimen pendinginan dengan cara membungkus seekor ayam dengan salju. 

Baca Juga: 5 Tokoh Bersejarah yang Ternyata Seorang Penyuka Sesama Jenis

roy widya Photo Writer roy widya

kalau tidak setuju, gapapa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya