10 Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta, Menurut Sensasi Pareidolia

Beranikah kamu menyaksikan langsung semuanya?

Nebula, asteroid, gugus galaksi, cakram protoplanet dan berbagai objek kosmik lainnya yang paling sulit dipahami, di samping keterampilan observasi, terkadang memerlukan keterampilan tambahan kita dalam memanipulasi citra fotografi. Karena sebagian di antaranya tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, dan kita baru mengetahui keberadaannya setelah para ahli pencitraan memberikan warna semu dalam berbagai spektrum.

Namun, begitu struktur tersembunyi terungkap, kita malah melihatnya menyerupai tengkorak, monster, hantu, tatapan mata, tangan, hingga struktur dalam berbagai bentuk dan ukuran. Ini mampu menggiring persepsi kita untuk mengidentifikasinya sebagai sesuatu yang menakutkan.

Fenomena psikologis yang disebut pareidolia ini adalah kecenderungan untuk memaknai sebuah gambar dalam pola visual acak sebagai ilusi optik. Dilansir dari galeri gambar NASA, inilah 10 tempat paling menakutkan di Alam Semesta menurut pareidolia.

10. Tatatapan tajam mata nebula planeter

10 Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta, Menurut Sensasi Pareidolianasa.gov

Gambar awan gas berwarna-warni yang diambil menggunakan Teleskop Antariksa Hubble milik NASA/ESA ini adalah nebula planeter ESO 456-67. Terbentuk ketika sebuah bintang “kehabisan bahan bakar” dan tidak lagi dapat melakukan fusi nuklir pada bagian intinya, nebula planeter ini mirip mata yang sedang menatap tajam, dengan cangkang gas bagian dalam yang terang dan cangkang bagian terluar yang lebih menyebar dan menjauhi nebula.

Hal itu mengakibatkan ukuran bintang akan terus membesar, kemudian menghempaskan angin bintang dalam skala besar yang mengurangi sebagian besar massanya. Bintang yang sedang sekarat di pusat nebula, seolah-olah menatap kita menjelang kematiannya dari jarak sekitar 10 ribu tahun cahaya jauhnya dari Bumi di rasi bintang Sagitarius.

9. Asteroid tengkorak manusia

10 Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta, Menurut Sensasi Pareidolianasa.gov

Pada tanggal 10 Oktober 2015, para astronom di Hawaii membuat penemuan yang menakutkan, yaitu sebuah asteroid raksasa berukuran antara 625 hingga 700 meter yang melintasi ruang angkasa. Pada sudut pengamatan tertentu terlihat sangat mirip dengan tengkorak manusia.

Diberi nama 2015 TB145, para ilmuwan memperkirakan bahwa asteroid ini adalah komet mati yang telah melepaskan senyawa volatilnya karena berulang kali mengorbit Matahari. Beberapa minggu setelah ditemukan, 2015 TB145 melintas hanya sekitar 300 ribu mil dari Bumi dan akan kembali melintas lagi pada bulan November tahun 2018, namun pada jarak yang lebih jauh dari Bumi.

8. Wajah di permukaan Mars

10 Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta, Menurut Sensasi Pareidolianasa.gov

Formasi batuan Mars yang menakutkan ini terlihat seperti wajah manusia yang sedang kesakitan. Diambil oleh instrumen pengorbit Viking 1 NASA pada tahun 1976, gambar wajah di permukaan Mars ini mengingatkan kita pada adegan pemeran utama film Star Wars, Han Solo yang membeku di carbonite.

Meskipun pencitraan dan analisis lebih lanjut telah menunjukkan bahwa gambar tersebut hanyalah formasi salah satu perbukitan di wilayah Mars yang disebut Cydonia, para ahli teori konspirasi tetap saja mengklaim bahwa wajah ini terhubung dengan sebuah reruntuhan kota kuno di dekatnya.

7. Gugus galaksi tengkorak sinar-X

10 Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta, Menurut Sensasi Pareidolianasa.gov

Apa yang terlihat seperti tengkorak angkasa yang menyala, sebenarnya adalah pancaran sinar-X yang berasal dari wilayah pusat gugus galaksi Perseus.

Gambar menakutkan yang diambil oleh Observatorium Antariksa Sinar-X Chandra milik NASA tersebut mengungkap gugus galaksi Perseus dalam sinar-X, spektrum yang seribu kali lebih berenergik daripada cahaya tampak. Terletak tiga ratus dua puluh juta tahun cahaya jauhnya, Perseus mengandung ribuan galaksi, tetapi tidak satupun dari mereka yang dapat dilihat dari Bumi.

Dari sudut ini, ruang hampa dan pola menyala awan gas panas sinar-X memberikannya penampilan yang sangat sugestif. Seperti lubang pada sepasang mata, hidung dan mulut ompong tengkorak manusia.

6. Nebula kepala hantu

10 Hal Paling Menakutkan di Alam Semesta, Menurut Sensasi Pareidolianasa.gov

Sepasang mata raksasa bercahaya ini membentuk fitur paling mencolok dari NGC 2080, yang dijuluki Nebula Kepala Hantu. Nebula ini adalah salah satu wilayah pembibitan bintang yang terletak di sebelah selatan nebula 30 Doradus di galaksi Awan Magellan Besar.

Citra NGC 2080 yang berada 168.000 tahun cahaya dari Bumi, diambil menggunakan oleh Wide Field and Planetary Camera 2 Hubble, memperlihatkan dua daerah terang “mata hantu” yaitu gumpalan hidrogen dan oksigen yang sangat panas.

Gumpalan pertama dihasilkan oleh radiasi panas intens dan angin bintang kuat dari sebuah bintang masif, sedangkan gumpalan kedua mengandung lebih banyak debu dan beberapa bintang masif yang tersembunyi. Diperkirakan bintang-bintang masif di wilayah pembibitan bintang Nebula Kepala Hantu akan terbentuk 10 ribu tahun lagi, karena selubung gas mereka belum terpengaruh oleh radiasi kuat dari bintang-bintang yang baru dilahirkan.