Comscore Tracker

5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida Lho

Hidup sehat tak harus mahal

Saat ini banyak orang yang semakin peduli terhadap apa yang akan mereka konsumsi. Tak heran, bila semakin banyak orang yang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan organik untuk meminimalisir jumlah pestisida yang masuk ke dalam tubuh mereka. Namun sayangnya, sayuran dan buah-buahan organik akan mengocek isi kantong.

Sebenarnya, kamu tidak perlu bingung bagaimana menghilangkan pestisida karena hanya dengan bahan-bahan yang ada di dapur kamu sudah bisa mendapatkan sayuran dan buah-buahan yang bersih dari pestisida. Yuk, coba 5 bahan alami ini untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan yang ada di rumahmu.

1. Baking Soda

5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida LhoBlog.bulletproof.com

Cobalah untuk membersihkan aturan dan buah-buahan dengan baking soda. Baking soda dipercaya dapat menghilangkan pestisida dengan baik. Menurut Lili He, pH.D., yang merupakan seorang asisten profesor ilmu makanan di University Of Massachusetts Amherst "sebagian besar pestisida akan stabil selama pH emat hingga enama, tetapi baking soda bersifat alkali yang menyebabkan molekul pestisida terdegradasi".

Kamu bisa menambahkan 4 sendok makan baking soda ke dalam mangkuk besar yang sudah diisi air terlebih dahulu. Kemudian, rendam sayuran dan buah-buahan selam kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilas lah dengan air bersih hingga bersih.

2. Larutan Garam

5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida LhoUnsplash.com/Jason Tuinstra

Garam sangat baik dalam membersihkan pestisida dan bakteri pada aturan dan buah-buahan. Caranya, masukkan satu cangkir garam ke dalam semangkuk air bersih lalu rendah sayuran dan buah-buahan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu bilas sayuran dan buah-buahan dengan air bersih hingga bersih secara menyeluruh.

3. Lemon

5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida LhoUnsplash.com/Markus Spiske

Lemon tak.hanya kaya dengan vitamin c, kandungan yang ada pada lemon pun sangat baik untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan. Caranya, masukkan satu sendok makan perasan lemon, 2 sendok.makan baking soda dan tuangkan satu cangkir air putih. Kemudian, aduk larutan dengan rata dan masukkan ke dalam botol semprotan. Semprot sayuran dan buah-buahan yang ingin dibersihkan. Terakhir tunggu selama kurang lebih 5 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Waduh, 10 Buah dan Sayur Ini Mengandung Tingkat Pestisida Paling Tinggi

4. Cuka

5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida Lhord.com

Cobalah untuk mencuci sayuran dan buah-buahan dengan cuka selain kamu mendapatkan kebersihan yang diinginkan. Sayuran dan buah-buahan pun akan menjadi lebih tahan lama. Caranya, isi mangkuk dengan air daan cuka dengan rasio 3:1. Diamkan sekitar 2-5 menit. Kemudia, bilas dengan air bersih.

5. Kunyit

5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida LhoUnsplash.com/Luísa Schetinger

Selain dijadikan bahan bumbu masakan, kunyit juga sangat baik untuk digunakan sebagai pembersih sayuran dan buah-buahan. Seperti yang kita telah ketahui kunyit adalah salah satu bumbu yang memilki anti bakteri dan dapat membunuh kuman. Kamu bisa.membersihkan sayur dengan kunyit, caranya rebus air hingga mendidih dan tambahkan 5 sendok teh bubuk kunyit. Setelah itu, masukkan sayuran dan buah-buahan dan bilas dengan air bersih.

Gimana, mudah dan murah kan? Selamat mencoba ya.

Baca Juga: Waduh, 10 Buah dan Sayur Ini Mengandung Tingkat Pestisida Paling Tinggi

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya