Comscore Tracker

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarang

Mereka bisa bertahan hidup hingga 400 tahun lamanya, wow!

Bisa hidup bersama hewan purba di zaman sekarang mungkin membuat kesan yang menakutkan. Hewan-hewan unik ini bisa bertahan hidup hingga sekarang meskipun populasinya sudah tidak terlalu banyak.

Hiu Greenland adalah salah satu hewan purba yang masih ada hingga sekarang. Bentuknya pun cukup mengerikan daripada hiu jenis lainnya. Hiu ini bisa bertahan hidup dalam waktu yang cukup lama, daripada kamu penasaran yuk mengulik informasi tentang Hiu Greenland di bawah ini. 

1. Jenis hiu yang berenang dengan lambat

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangdailymail.co.uk

Hiu Greenland berenang dengan kecepatan yang lebih lambat daripada kerabatnya yang lain. Hiu ini termasuk ke dalam kategori sleeper shark yang berarti kumpulan hiu yang berenang secara tidak terlihat karena pergerakannya yang santai. Hiu Greenland berenang kira-kira hanya sejauh 0,3 meter per detik. 

2. Memiliki struktur gigi yang tidak biasa

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangthoughtco.com

Gigi Hiu Greenland tidak berbentuk gerigi runcing seperti spesies hiu lainnya. Namun Hiu Greenland memiliki susunan gigi yang membuatnya mampu memutar kepala dan memotong daging sesuai dengan kapasitas mulutnya. Gigi atas mereka berfungsi seperti jangkar sedangkan gigi bawahnya memiliki peran untuk pemotongan. 

3. Perairan dingin adalah tempat favorit Hiu Greenland

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangsciencenews.org

Semakin dingin suhu di sekitar mereka, maka semakin bahagia Hiu Greenland hidup. Suhu ternyaman bagi hiu ini berada di antara -1-10°C. Hiu Greeland adalah satu-satunya hewan yang tidak terganggu ketika terjadi perubahan suhu dingin yang ekstrem di Antartika.

Baca Juga: 8 Potret Panorama Pantai Gigi Hiu di Lampung, Indahnya Kebangetan!

4. Hiu Greenland merupakan hewan misterius

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangcanadiangeographic.ca

Untuk menemukan Hiu ini di dalam laut bukan hal yang mudah. Para peneliti dan penyelam baru pertama kali bisa mengabadikan momen ikan tersebut berenang bebas pada tahun 1995. Hiu Greenland termasuk hewan yang pandai menkamuflase penampilannya dan suka berenang di dasar laut yang dalam. 

5. Daging Hiu Greenland sangat beracun dan berbahaya jika dikonsumsi

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangpeopledotcom.wordpress.com

Hiu Greenland memiliki racun yang terdapat dalam dagingnya. Mengonsumsi daging hiu tentunya bukan ide baik karena racun trimethylamine oxide (TMAO) yang bisa melumpuhkan.

6. Hiu Greenland seekor penyelam yang handal

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangnewsapi.com.au

Pergerakan yang lambat tidak membuat hiu asal daerah dingin ini jadi tak pandai menyelam. Hiu Greenland justru seekor ikan dengan kemampuan selam yang handal. Hiu Greenland senang berenang di laut dalam hingga kedalaman 2,000 meter.

7. Hiu Greenland bisa hidup hingga ratusan tahun

7 Fakta Hiu Greenland, Hewan Purba yang Masih Ada Hingga Sekarangdiscovermagazine.com

Menjadi salah satu hewan vertebrata dengan hidup terpanjang di planet bumi adalah gelar terbaik bagi Hiu Greenland. Mereka bisa bertahan hidup selama ratusan tahun dan tumbuh secara sangat lambat. Pertumbuhan Hiu Greenland diperkirakan hanya sekitar 1 meter per tahunnya. 

Hewan dengan penampakan yang ganas dan mengerikan ini bikin takjub banget ya. Semoga anak cucu kita nanti bisa mengenal hiu ini dan berkesempatan untuk terus melestarikan mereka di habitat aslinya.

Baca Juga: 8 Hiu Prasejarah Ini Jauh Lebih Ganas dari Hiu Masa Kini

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Septi Riyani

Just For You