Comscore Tracker

Selain Lucu, Ini 5 Fakta Menarik Kelinci yang Belum Banyak Terungkap

Ternyata kelinci terkadang memakan kotorannya sendiri lho

Kelinci dikenal sebagai hewan aktif nan lucu yang menghiasi kenangan di masa kecil. Bulunya yang lembut membuat kelinci sangat nyaman dijadikan teman main di halaman rumah. Karena tidak memiliki cakar atau gigi yang tajam kelinci pun sering jadi hewan peliharaan yang ramah anak.

Kelinci ini memiliki sifat yang ramah dan mudah dirawat, mereka pun mudah makan lahap hanya dengan sayur-sayuran seperti wortel. Buat  kamu yang suka banget kelinci sudah tahu belum lima fakta tentang kelinci di bawah ini?

1. Kelinci terkadang bisa memakan kotorannya sendiri

Selain Lucu, Ini 5 Fakta Menarik Kelinci yang Belum Banyak Terungkapunsplash.com/@danielwatsondesign

Fakta yang pertama ini mungkin cukup bikin tercengang ya, guys. Tapi kenyataannya kelinci memang melakukan hal demikian. Mereka butuh dua kali proses makan untuk bisa menyerap nutrisi makanannya secara maksimal. Jenis kotoran yang dikonsumsi kelinci bernama cecotropes, yaitu kotoran lunak yang lembut dan mengandung nutrisi yang belum sempat ia cerna pada kali pertama mereka makan. 

2. Setiap kelinci memiliki karakter yang berbeda-beda

Selain Lucu, Ini 5 Fakta Menarik Kelinci yang Belum Banyak Terungkapunsplash.com/@blizzard88

Bukan seperti semua jenis anjing yang umumnya setia dan semua jenis kucing yang biasanya pemalas. Namun kelinci punya karakter yang unik dan berbeda-beda setiap ekornya. Butuh waktu cukup lama untuk bisa mengenali karakter si kelinci, entah itu mereka aktif bergerak, selalu ceria atau pemalas. 

Baca Juga: Nyaris Abadi, 6 Hewan Ini Memiliki Usia Terpanjang di Dunia

3. Kelinci bisa memiliki anak yang sangat banyak

Selain Lucu, Ini 5 Fakta Menarik Kelinci yang Belum Banyak Terungkapunsplash.com/@marjorylucabaxter

Masa kehamilan yang singkat bagi kelinci betina membuat anak mereka sangat cepat terlahir setiap waktunya. Induk kelinci mengandung dalam waktu 28-31 hari dan setiap kehamilannya itu bisa melahirkan 9-14 ekor anak kelinci. Jika mereka berkembang biak dua hingga tiga kali setahun, sudah terbayang kan berapa banyak anak kelinci yang akan terlahir?

4. Penglihatan kelinci mencakup hampir 360 derajat

Selain Lucu, Ini 5 Fakta Menarik Kelinci yang Belum Banyak Terungkapunsplash.com/@neonbrand

Jangan heran bila kamu sulit menangkap kelinci meskipun menyergapnya dari belakang, sebab kelinci memiliki penglihatan yang mencakup hampir 360 derajat. Ini sangat membantu kehidupan kelinci saat berada di alam bebas, karena dengan begitu kelinci bisa menghindari predator yang memangsanya.

5. Kelinci mudah merasa bosan dan butuh teman

Selain Lucu, Ini 5 Fakta Menarik Kelinci yang Belum Banyak Terungkapunsplash.com/@hpzworkz

Memelihara kelinci dalam kandang dan membiarkannya mereka sendirian tanpa mainan atau teman adalah salah satu hal yang bisa menyiksanya. Kelinci mudah merasa bosan sehingga harus diberi teman sesama kelinci atau mainan yang lucu. Ini juga menjadi alasan kenapa kamu butuh kandang dan ruangan yang luas agar bisa merawat kelinci dengan baik. 

Wah, ternyata banyak banget ya sisi lain kelinci yang selama ini belum banyak diketahui. Wajah lucu dan bulu-bulu lembut kelinci ini emang paling sukses deh bikin gemas!

Baca Juga: 7 Hewan yang Berhasil Dikloning Ilmuwan, dari Domba hingga Serigala

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You