Comscore Tracker

5 Fakta Sturgeon, Ikan Purba Penghasil Kaviar yang Mendunia

Sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu lho

Para penikmat hidangan kelas atas pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan sturgeon. Sturgeon adalah nama umum dari 26 spesies ikan yang termasuk dalam famili Acipenseridae, atau yang lebih umum dikenal ikan penghasil kaviar. Kaviar merupakan telur dari berbagai jenis ikan sturgeon yang dipanen sebelum masa pembuahannya tiba. 

Memiliki telur dengan harga selangit dan telah ada sejak ratusan juta tahun yang lalu, berikut 5 fakta sturgeon yang bisa kamu ketahui!

1. Punya kemiripan dengan ikan salmon

5 Fakta Sturgeon, Ikan Purba Penghasil Kaviar yang Menduniaoceana.org

Ikan salmon lahir di sungai dan pergi ke laut mencari makan lalu kembali ke sungai untuk berkembang biak, hal ini juga dilakukan ikan sturgeon. Namun hal itu hanya terjadi pada beberapa spesies tertentu saja. Umumnya ikan sturgeon ini hidup di air tawar dan menghabiskan seluruh hidupnya di danau. 

2. Habitat asli ikan sturgeon

5 Fakta Sturgeon, Ikan Purba Penghasil Kaviar yang Menduniaseahistory.org

Kelompok ikan sturgeon hidup di Eurosia dan Amerika Utara. Mereka adalah salah satu barang ekspor terbesar milik Rusia dengan nilai fantastis. Sturgeon bisa dikonsumsi mulai dari daging hingga telurnya, telurnya ini bernama kaviar yang biasanya hanya dijual oleh restoran mewah, sebab kaviar sendiri memiliki harga sekitar Rp14 juta per kilogram!

Di habitat asalnya sturgeon hampir mudah ditemukan dan ditangkap. Banyak orang asing yang berhasil menaklukkan ikan langka dengan telur berharga ini. 

Baca Juga: 7 Hewan Ini Berukuran Lebih Besar di Zaman Prasejarah, Menyeramkan! 

3. Penangkapan ikan sturgeon terbesar dalam sejarah

5 Fakta Sturgeon, Ikan Purba Penghasil Kaviar yang Menduniaredd.it

Telah ada sejak 250 juta tahun yang lalu membuat sturgeon menjadi ikan yang legendaris. Sejarah pernah mencatat rekor penangkapan ikan sturgeon terbesar yang terjadi pada tahun 1824 di salah satu habitatnya Sunga Volga, Rusia dengan berat 1,5 ton dan panjang 7,2 meter. 

4. Kematangan seksual yang membutuhkan waktu panjang

5 Fakta Sturgeon, Ikan Purba Penghasil Kaviar yang Menduniainternapcdn.net

Sayangnya untuk mencapai kematangan seksualnya ikan sturgeon membutuhkan waktu yang sangat lama. Ikan ini siap untuk berkembang biak di umur 6-25 tahun tergantung pada spesiesnya. Ikan sturgeon merupakan ikan berumur panjang yang bisa mencapai usia 50-100 tahun lamanya. 

5. Populasinya kini kian terancam punah

5 Fakta Sturgeon, Ikan Purba Penghasil Kaviar yang Menduniaoregonlive.com

Kaviar yang dicari semua orang membuat penangkapan ikan sturgeon seperti tambang emas yang diperebutkan banyak orang. Alhasil, populasi mereka kian hari kian berkurang secara drastis. Banyak oknum yang memanen sturgeon tepat sebelum mereka berkembang biak dan membuat regenerasinya terganggu. 

Itu tadi, guys beberapa fakta tentang ikan sturgeon. Konon telur ikan sturgeon memiiki rasa yang sangat lezat, kamu sudah mencobanya?

Baca Juga: Unik, 12 Hewan Ini Saking Langkanya sampai Kamu Cuma Tahu Fotonya Aja!

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya