Comscore Tracker

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai Berbohong

Mereka bisa mengelabui hewan lain dengan trik khusus lho

Mereka punya bulu lebat layanya kucing, wajah runcing seperti kelinci dan kelincahan tubuh yang tak tertandingkan. Paket lengkap tersebut sukses bikin tupai disukai dan diincar untuk dijadikan  hewan peliharaan.

Tetapi memelihara tupai memerlukan keahlian khusus karena pada dasarnya tupai lahir sebagai hewan liar. Hmm, kira-kira apa saja ya fakta unik lain mengenai hewan bertubuh imut ini?

1. Bisa melompat dengan sangat jauh

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai Berbohongnews.ufl.edu

Kecil-kecil begini tupai punya keahlian melompat yang gak kalah hebat dari atlet. Seekor tupai dewasa rata-rata bisa melompat sejauh 3 meter. Tubuh mereka dilengkapi dengan lengan yang memiliki lapisan khusus yang bisa melebar ketika tubuhya loncat, dan seakan-akan memperlihatkan tupai sedang ‘terbang’.

2. Membantu perkembangan jamur truffle

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai Berbohongmnn.com

Jamur termahal di dunia berhasil berkembang biak dengan mudah karena tupai. Tupai memegang peranan penting dalam siklus hidup jamur truffle sebab bisa membantu menyebarkan spora tersebar sehingga membuat jalur penghubung jamur dengan akar pohon yang ada di dekat mereka. 

3. Berperan penting dalam hutan

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai BerbohongUPI.com

Si imut ‘Sandy’ dalam serial animasi Spongebob ini emang bermanfaat banget buat banyak hal. Selain jamur truffle tupai juga memiliki peran penting dalam siklus hutan. Tupai yang terkenal suka memakan kacang-kacangan ini terkadang melupakan dimana tempat mereka menyimpan makanannya. Sehingga ini menjadi cara alami untuk menanam pohon dan membuat hutan tetap hijau. 

Baca Juga: 7 Foto Tupai Berkostum yang Jadi Selebgram, Gemes Banget!

4. Hewan kecil yang bisa berbohong

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai Berbohongtheshorthorn.com

Siapa sangka jika tupai ini bisa berbohong lho, mereka akan menjaga makanannya dengan sangat teliti dan tidak membiarkan hewan lain mengambilnya. Namun jika ada predator yang sekiranya mengancam maka tupai akan berpura-pura menggali tanah, seolah-olah menyimpan makanannya di tempat tersebut padahal menyimpannya dalam mulut dan menaruh di tempat lain.  Cerdik ya?

5. Memiliki kepintaran yang unik

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai Berbohongnationalgeographic.com

Masih ada lagi kecerdasan tupai guys. Yaitu ketika mereka mengkategorikan jenis kacang-kacangannya sesuai jenis. Tupai memiliki ruang penyimpanan khusus dalam pohon dan tanah untuk menaruh kacang-kacangan yang telah diatur dengan rapi.

6. Pernah menjadi hewan peliharaan paling populer

Mengenal Lebih Dekat Tupai, Hewan Mungil yang Pandai Berbohongthewestmorlandgazette.co.uk

Dulu tupai merupakan hewan peliharaan paling populer di Amerika. Mulai dari orang biasa hingga petinggi negara menjadikan hewan cokelat ini sebagai hewan kesayangannya. Namun semenjak populasinya terus menurun dan muncul undang-undang hewan eksotis tupai tak lagi diperkenankan untuk dimiliki secara pribadi.

Nah, itu dia beberapa fakta unik tupai. Salut banget deh sama peran penting mereka untuk alam!

Baca Juga: 10 Hewan yang Pernah Jadi Pahlawan Perang, Mereka Sungguh Luar Biasa!

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You