Menurut Ahli, Seberapa Umumkah Hewan Kawin dengan Sesama Jenis?

Mengenal pola perilaku biseksual dan homoseksual pada hewan

Tahukah kamu, ternyata hewan juga memiliki orientasi seksual sesama jenis, loh. Sebuah studi tentang perilaku seksual hewan telah mengungkapkan bahwa perkawinan sesama jenis, tersebar luas di semua kelompok hewan. Ini termasuk dari serangga, reptil, hingga primata.

Menurut ahli biologi Kanada Bruce Bagemihl yang merupakan salah satu peneliti pertama secara otoritatif telah meringkas temuan ini, dalam bukunya pada tahun 1999, Biological Exuberance: Animal Homosexuality and Natural Diversity. Karya Bagemihl menyatukan penemuan tentang pola perilaku biseksual dan homoseksual lebih dari 450 spesies.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang menampilkan berbagai macam perilaku seksual, mulai dari kawin dengan pasangan dari kedua jenis hingga hubungan dengan sesama jenis. Lalu, seberapa umumkah hewan kawin dengan sesama jenis? Simak, deh!

1. Bonobo

Menurut Ahli, Seberapa Umumkah Hewan Kawin dengan Sesama Jenis?ilustrasi sepasang bonobo ((istockphoto.com/USO)

Kera besar asli dari wilayah Kongo di Afrika, menunjukkan interaksi seksual jenis kelamin betina mencapai sekitar 60 persen, jika dilihat dari semua aktivitas seksualnya. Sebab, para ahli primatologi telah lama menduga bahwa pertukaran nikmat seksual antara pasangan sesama jenis dan lawan jenis memiliki fungsinya tersendiri. Seperti menyelesaikan konflik, memperkuat ikatan sosial, dan untuk menaikkan status sosialnya. Dari hal ini telah dilakukan sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Emory.

Dan para peneliti menemukan bahwa, selama aktivitas seksual, Bonobo betina berpangkat lebih rendah tampaknya membuat "panggilan persetubuhan" yang lebih keras ketika setiap kali betina alfa yang dominan berada di dekatnya. Mereka juga membuat vokalisasi keras yang sama jika berhubungan seks dengan pasangannya yaitu betina alfa. Perilaku ini berfungsi untuk menandakan perawakan mereka ke dalam sebuah grup. Studi tersebut menyimpulkan bahwa, di antara Bonobo, perilaku seksual melayani tujuan sosial di luar tindakan reproduksinya.

2. Lalat buah

Menurut Ahli, Seberapa Umumkah Hewan Kawin dengan Sesama Jenis?ilustrasi seekor lalat (istockphoto.com/Tevarak)

Lalat buah jantan dari jenis Drosophila Melanogaster spesies, terlibat dalam ritual pacaran yang sangat rumit. Oleh sebab itu, para ilmuwan telah lama terpesona dengan perilaku seksual dari lalat buah ini. Pacaran yang rumit tersebut, dimulai dengan lagu pacaran yang dimainkan dengan melebarkan dan menggetarkan sayapnya. Perkawinan ini biasanya berlangsung sekitar lima belas menit.

Dan pada tahun 1960-an, ahli genetika menemukan bahwa mereka dapat memodifikasi perilaku seksual lalat buah dengan memanipulasi gen tertentu. Lalat buah yang dimodifikasi secara genetik menunjukkan pola seksual yang sangat berbeda, seperti betina yang aktif pacaran, sementara lalat buah jantan menjadi pasif seksualitasnya. Dan akhirnya lalat buah jantan mencoba kawin dengan lalat jantan yang lain. Bagaimana menurut kamu, perilaku seksual lalat buah ini?

3. Burung Laysan Albatros

Menurut Ahli, Seberapa Umumkah Hewan Kawin dengan Sesama Jenis?ilustrasi burung laysan albatros ((istockphoto.com/Gerald Corsi)

Ternyata menurut fakta, ada lebih dari 130 spesies burung yang terlibat dalam perilaku seksual dengan sesama jenis. Dan telah disimpulkan oleh para peneliti, mungkin memiliki manfaat adaptif dari perilaku tersebut. Sebab, para ilmuwan pun sering menunjukkan frekuensi mengasuh anak pada sesama jenis di antara burung, sebagai penjelasan potensial untuk pasangan sesama jenis di berbagai spesies burung lainnya.

Seperti elang laut Laysan, sebanyak 31 persen memiliki pasangan sesama jenis terutama antara betina dan betina. Para peneliti berpendapat bahwa, pasangan betina-betina dapat meningkatkan kebugaran dalam koloni dengan pejantan, yang berjumlah lebih sedikit daripada burung betina. Sebab, burung betina dapat memastikan telurnya dibuahi oleh pejantan terkuat bahkan jika pejantan tersebut sudah memiliki pasangan sekalipun. Jadi, burung Laysan Albatros pun sangat umum melakukan seksualnya dengan sesama jenis.