Comscore Tracker

5 Alasan Kuda Nil Ditakuti Hewan Lainnya, Padahal Herbivora

Hewan buas seperti buaya saja tak berkutik pada kuda nil

Kuda nil merupakan salah satu mamalia yang memiliki bobot tubuh cukup besar. Sebenarnya kuda nil termasuk ke dalam hewan omnivora, namun secara umum justru dikenal sebagai hewan herbivora yang gemar mengonsumsi rerumputan pendek. Selain itu, hewan ini sangat gemar berdiam diri di air dan banyak menghabiskan waktunya di teritori tertentu.

Karakteristik lainnya yang dimiliki kuda nil adalah empat kakinya yang pendek dengan tubuh gempal tanpa bulu. Dibalik tampilan kuda nil yang mungkin terlihat lucu dan bersahabat, nyatanya hewan ini sama sekali tidak sesuai dengan penampilannya. Kuda nil bahkan dikenal sebagai hewan berbahaya yang dapat mencelakai manusia. Bahkan tak jarang beberapa hewan buas lainnya juga takut jika berhadapan dengan kuda nil. Fenomena tersebut bisa disebabkan karena beberapa alasan penting yang berikut ini.

1. Hewan teritori yang ternyata agresif

5 Alasan Kuda Nil Ditakuti Hewan Lainnya, Padahal Herbivorailustrasi kuda nil (unsplash.com/@ansiep)

Hampir semua hewan memiliki keunikannya tersendiri, termasuk dalam urusan menjaga kedaulatan areanya. Itulah yang membuat hewan-hewan tersebut dikenal sangat tegas dalam urusan teritorinya, sehingga sangat berbahaya apabila manusia atau hewan lainnya nekat dalam memasuki wilayah teritori tersebut. Salah satu hewan yang tegas dalam menjaga wilayah teritorinya adalah kuda nil, dengan bentuk tubuh yang besar dan kuat.

Melansir dari AWF, kuda nil memiliki kebiasaan untuk menapaki pinggir-pinggir sungai, serta biasanya akan meninggalkan area air pada saat malam hari untuk berpatroli sekitar 8 kilometer dari wilayah teritorinya. Hal inilah yang membuat kuda nil sangat tegas dalam menghalau hewan lain yang berusaha memasuki wilayahnya, sehingga cukup ketat dalam menjaga teritorinya.

2. Berat tubuh dan tingginya yang besar

5 Alasan Kuda Nil Ditakuti Hewan Lainnya, Padahal Herbivorailustrasi kuda nil (unsplash.com/@leiflinding)

Kuda nil termasuk ke dalam deretan hewan yang memiliki berat tubuh dan tinggi yang besar. Tampilan fisiknya ini mungkin membuat banyak orang berpikir bahwa kuda nil terlihat sangat lucu dan menggemaskan, padahal kenyataannya justru sebaliknya. Menelisik pada berat badannya, kuda nil jantan biasanya memiliki berat sekitar 3.500 sampai 9.920 pounds, sementara berat kuda nil betina mencapai 3.000 pound dengan tinggi rata-ratanya yaitu 10.8 hingga 16.5 kaki, seperti yang dilansir dari PBS.

Ukuran tubuh yang tinggi dan besar ini justru bisa membantu kuda nil dalam menunjukan dirinya secara tegas. Hewan-hewan buas lainnya pun akan berpikir ulang untuk menyerang kuda nil, sebab ukuran tubuhnya yang luar biasa dan bahkan dapat memberikan perlawanan kuat terhadap musuh-musuhnya.

3. Ukuran gigi kuda nil yang panjang dan tajam

5 Alasan Kuda Nil Ditakuti Hewan Lainnya, Padahal Herbivorailustrasi kuda nil (unsplash.com/@usinglight)

Baca Juga: 5 Fakta Kuda Nil, Hewan Raksasa yang Bisa Mencapai 50 Tahun​​​​​​​

Bagian tubuh kuda nil yang juga tak kalah berbahaya adalah giginya. Meski pun dikenal sebagai hewan omnivora yang lebih menggemari rumput, namun nyatanya kuda nil justru memiliki struktur gigi yang panjang dan tajam. Bahkan panjang gigi kuda nil mencapai sekitar 20 inch, seperti yang dikutip dari PBS.

Ukuran giginya yang luar biasa ini biasa digunakan kuda nil untuk mengigit buah yang berukuran besar, selain itu juga berfungsi untuk mempertahankan diri dari serangan predator buas. Hal ini jugalah yang membuat hewan-hewan buas lainnya akan berpikir berkali-kali dalam menyerang kuda nil, apalagi di wilayah teritorinya sendiri.

4. Bukan hewan yang bisa dijinakan

5 Alasan Kuda Nil Ditakuti Hewan Lainnya, Padahal Herbivorailustrasi kuda nil (unsplash.com/@mitogh)

Kamu mungkin banyak melihat berbagai konten para pecinta hewan yang bahkan dengan hebatnya dapat menjinakan hewan-hewan buas seperti harimau, singa, serigala, dan masih banyak lagi. Kenyataannya memang menjinakan hewan-hewan buas mungkin saja terjadi, namun hal ini dilakukan dalam periode yang panjang bahkan sejak mereka masih kecil.

Kuda nil mungkin menjadi salah satu hewan yang sedikit berbeda dalam urusan menjinakannya. Para pecinta hewan bisa saja menjinakan kuda nil, bahkan sejak masih kecil, namun biasanya mereka hanya akan jinak dalam periode waktu yang singkat saja, seperti yang dilansir dari Animal Dome. Periode jinaknya kuda nil secara umum hanya berlaku pada saat mereka masih muda saja, sementara saat sudah dewasa dan memiliki wilayah teritori tersendiri, maka jangan harap dapat jinak layaknya hewan lain.

5. Lapisan kulitnya yang tebal

5 Alasan Kuda Nil Ditakuti Hewan Lainnya, Padahal Herbivorailustrasi kuda nil (unsplash.com/@szubiria)

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa banyak hewan buas mencoba menghindari kuda nil. Hal ini disebabkan karena memang struktur tubuhnya yang dikenal kuat, bahkan hingga pada bagian kulitnya sekali pun. Mengutip dari Leather Encyclopedia, kuda nil bahkan memiliki ketebalan sekitar 6 cm pada bagian kulitnya yang membuat mereka tampak sangat kuat.

Membayangkan betapa tebalnya kulit dari kuda nil mungkin akan membuat orang-orang jadi mengerti mengapa banyak hewan buas yang kalah saat bertarung dengan mereka. Kulitnya yang tebal jelas akan melindungi mereka dari serangan predator buas yang berbahaya.

Tentunya dengan segala struktur tubuh dan karakter dari kuda nil, mereka pun jadi termasuk ke dalam deretan hewan buas yang berbahaya. Bahkan kasus penyerangan dari kuda nil jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan hewan lainnya seperti singa. Jangan sepelekan kuda nil, ya!

Baca Juga: 10 Fakta Kuda Nil yang Jarang Diketahui, Ternyata Gak Bisa Berenang

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya