Comscore Tracker

5 Fenomena Kehidupan yang Kerap Terjadi pada Masyarakat Amerika

Ternyata tidak semua hal di sana selalu tampak keren, lho

Setiap masyarakat di seluruh penjuru dunia memiliki fenomena kehidupannya tersendiri. Entah itu di Eropa atau bahkan di Amerika sekali pun, meski negara hollywood ini sudah terkenal dengan gaya hidupnya yang luar biasa.

Amerika sendiri ternyata memiliki banyak sisi yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat luas, bahkan termasuk untuk urusan bermasyarakatnya sekali pun. Tak ayal apabila beberapa fenomena kehidupan berikut ini justru kerap terjadi di negara tersebut dan mungkin tak selalu memiliki konotasi yang baik.

1. Kesenjangan sosial yang sangat terlihat

5 Fenomena Kehidupan yang Kerap Terjadi pada Masyarakat Amerikailustrasi tunawisma (pexels.com/@mart-production)

Jika menonton banyak tayangan di televisi, mungkin akan ada banyak orang yang berpikir bahwa kehidupan di Amerika sangatlah luar biasa. Hal ini karena Amerika dianggap memiliki nilai mata uang yang tinggi, sehingga terasa sangat besar nominalnya jika dibandingkan dengan Indonesia. Namun, nyatanya kesenjangan sosial di Amerika sangatlah terlihat.

Melansir Inequality Org, ketidakseimbangan sosial atau kekayaan yang dimiliki masyarakat Amerika ternyata cukup banyak, sehingga antara si kaya dan si miskin dapat terlihat dengan jelas. Hal ini jugalah yang kemudian mendukung adanya banyak para tunawisma yang mudah ditemukan di jalanan.

2. Risiko rasisme yang tinggi sebab kehidupan multikultural

5 Fenomena Kehidupan yang Kerap Terjadi pada Masyarakat Amerikailustrasi rasisme (unsplash.com/@priscilladupreez)

Berbicara mengenai isu rasisme memang seakan tak pernah ada habisnya, entah dimana pun keberadaannya. Setiap negara memang selalu memiliki risiko rasismenya tersendiri, termasuk juga Amerika yang mungkin dikenal sebagai negara liberal.

Mengutip The New York Times, bahkan para siswa di Amerika pun kerap kali mengalami tindakan rasisme dari para oknum yang tak bertanggung jawab. Hal ini semakin kerap terjadi sebab Amerika merupakan negara multikultural yang berisikan banyak imigran dari berbagai negara, ras, hingga agama.

3. Biaya hidup yang tinggi

5 Fenomena Kehidupan yang Kerap Terjadi pada Masyarakat Amerikailustrasi biaya hidup (unsplash.com/@sharonmccutcheon)

Bila menyebut salah satu negara terkuat dengan gaya hidup yang luar biasa, maka Amerika Serikat merupakan salah satunya. Rasanya sangat sulit untuk tidak menyebut Amerika, apalagi dengan kekuatan mata uangnya yang sangat luar biasa.

Tidak hanya karena mata uang dengan nilai yang tinggi, nyatanya Amerika juga memiliki kualitas hidup yang baik sebab masyarakat yang bekerja ternyata mampu memenuhi kebutuhan hidup secara baik, dilansir USA Today. Dengan hal tersebut, tentu dapat diambil kesimpulan bahwa meski pendapatannya tinggi, namun sebanding pula dengan biaya hidupnya.

4. Kualitas pendidikan yang baik untuk generasi muda

5 Fenomena Kehidupan yang Kerap Terjadi pada Masyarakat Amerikailustrasi bersekolah (unsplash.com/@neonbrand)

Jika ingin melihat kehebatan suatu bangsa, maka salah satunya dapat tercermin dari kualitas pendidikannya. Sama halnya dengan Amerika, mereka memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang tentu berbeda jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Kualitas pendidikan di Amerika dapat dikatakan baik, bahkan dianggap superior di dunia, seperti dikutip We Make Scholars. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya universitas di Amerika yang kemudian berhasil menduduki posisi terbaik di dunia. Hal inilah yang kemudian mendorong kualitas pendidikannya sangat positif untuk generasi muda di sana.

5. Risiko keamanan yang cukup tinggi

5 Fenomena Kehidupan yang Kerap Terjadi pada Masyarakat Amerikailustrasi kriminalitas (unsplash.com/@nampoh)

Banyak orang mungkin sudah tak asing lagi dengan banyaknya isu penembakan yang terjadi di Amerika. Bahkan kasus-kasus ini justru kebanyakan terjadi di area sekolah, yang mana tentu berisikan anak-anak tak berdosa.

Melansir Time, pernah disebutkan bahwa sekitar 59 persen masyarakat Amerika pernah memiliki pemikiran random mengenai kejahatan, misalnya seperti penembakan. Hal ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, dari mulai legalisasi senjata api hingga tayangan yang ditontonnya. Itulah mengapa memprioritaskan keamanan selama di Amerika sangatlah penting.

Nyatanya memang kehidupan yang ada di Amerika tak selalu seperti yang dibayangkan. Ada banyak sisi-sisi lain yang mungkin jarang dipublikasi pada orang banyak. Tertarik tinggal di Amerika?

Baca Juga: Waduh! Ini 7 Sosok Ilmuwan Gila Terkenal dalam Sejarah Dunia

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya