Comscore Tracker

5 Benda yang Sering Dianggap Bersih Padahal Kotor, Harus Hati-hati!

Selalu biasakan diri untuk rajin mencuci tangan

Kebersihan merupakan salah satu bagian terpenting yang ada dalam hidup manusia. Umumnya, semua orang akan berusaha untuk selalu menjaga kebersihan guna memastikan agar kesehatan tetap terjaga dan tentu saja mencegah dari kemungkinan risiko kesehatan.

Faktor kebersihan yang dimaksud bukan hanya berkaitan dari diri sendiri saja, melainkan juga benda-benda di sekitar. Bahkan, tak banyak yang tahu bahwa beberapa benda berikut ini justru memiliki kebersihan yang patut dipertanyakan meski terlihat bersih-bersih saja.

Lantas, apa sederet benda yang dimaksud? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Baju baru

5 Benda yang Sering Dianggap Bersih Padahal Kotor, Harus Hati-hati!ilustrasi baju baru (pexels.com/@david-bartus)

Ketika membeli sebuah baju biasanya seseorang pasti akan memerhatikan ukurannya. Memang ukuran tak kalah penting dari corak ataupun warna pakaian yang akan dibeli. Hal ini membuat beberapa orang justru kerap kali mencoba baju tersebut sebelum membelinya.

Padahal, tahukah kamu bahwa ternyata baju baru memiliki banyak sekali kotoran dan kuman yang menempel? Hal ini lantaran baju tersebut telah disimpan dalam waktu yang sudah cukup lama, bahkan telah disentuh berkali-kali oleh tangan orang lain yang belum tentu bersih. Itulah mengapa ahli kulit mengatakan bahwa sebaiknya mencuci baju baru terlebih dahulu sebelum digunakan.

2. Gagang pintu

5 Benda yang Sering Dianggap Bersih Padahal Kotor, Harus Hati-hati!ilustrasi gagang pintu (pexels.com/@pixabay)

Salah satu bagian rumah yang mungkin paling sering disentuh adalah gagang pintu. Area gagang pintu memang termasuk benda yang sulit untuk tak disentuh lantaran mendukung mobilitas penghuni rumah. Faktor inilah yang kemudian menyebabkan gagang pintu menjadi area yang penuh dengan kuman.

Melansir Great Valley Lockshop, para tuan rumah harus secara aktif membersihkan area gagang pintu. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggosokannya menggunakan bahan-bahan khusus yang memang cocok untuk bagian tersebut. Dengan rajin membersihkan gagang pintu, setidaknya penumpukan kuman dan kotoran pada area tersebut bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: 5 Gadget untuk Alat Kebersihan Rumah, Bisa Membantumu saat Lebaran

3. Meja makan

5 Benda yang Sering Dianggap Bersih Padahal Kotor, Harus Hati-hati!ilustrasi meja makan (pexels.com/@enginakyurt)

Area lain di dalam rumah yang juga menjadi salah satu spot paling sering menjadi zona kehidupan adalah meja makan. Banyak anggota keluarga yang menghabiskan waktu bersama di meja makan untuk menikmati aneka sajian lezat yang disediakan. Faktor inilah yang ternyata membuat meja makan menjadi area yang rentan kotor dan dipenuhi oleh kuman.

Mengutip HGTV, meja makan bisa menjadi sangat kotor. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya makanan yang terjatuh atau terciprat sehingga membuat area ini tidak steril. Penting bagi pemilik rumah untuk rajin membersihkan area meja makan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas makan bersama sehingga meja makan tetap bersih maksimal.

4. Potongan lemon di dalam gelas

5 Benda yang Sering Dianggap Bersih Padahal Kotor, Harus Hati-hati!ilustrasi irisan lemon (pexels.com/@tara-winstead)

Pernahkah kamu memesan satu gelas minuman segar yang berisikan irisan lemon di dalamnya? Jika iya, maka kamu perlu tahu bahwa kebersihan dari irisan lemon tersebut perlu dipertanyakan. Tidak ada jaminan bahwa irisan lemon tersebut diproses dengan bersih tanpa ada campur tangan dari alat-alat yang kotor.

Melansir Elle, sebuah penelitian pernah mengemukakan bahwa hampir 70 persen dari 21 sampel minuman di restoran berbeda ternyata menjadi tempat tumbuh kembang dari bakteri atau kuman. Faktor ini terjadi lantaran tangan atau sarung tangan yang tak bersih atau pisau yang tidak steril.

5. Dashboard mobil

5 Benda yang Sering Dianggap Bersih Padahal Kotor, Harus Hati-hati!ilustrasi dasbor mobil (pexels.com/@mikebirdy)

Bukan hanya area rumah yang menjadi tempat berisiko dari tumbuhnya kuman, namun, di dalam kendaraan pribadi juga demikian, khususnya mobil. Mobil memiliki beragam bagian yang rentan menjadi tumbuh kembang kuman meski sekilas mungkin terlihat bersih-bersih saja.

Melansir Simple Green, area dashboard sangat rentan mengandung debu yang berasal dari AC atau pun sisa-sisa makanan yang pernah diletakkan di atasnya. Itulah mengapa pemilik mobil juga perlu secara rajin memastikan kebersihan area mobil dengan terus membersihkannya secara rutin.

Hanya karena terlihat bersih, bukan berarti suatu benda bebas dari kuman atau debu. Itulah mengapa pentingnya untuk rajin mencuci tangan dan membersihkan area rumah sekaligus kendaraan pribadi untuk memastikan kebersihannya tetap terjaga. Jangan disepelekan, ya!

Baca Juga: 5 Manfaat Menjaga Kebersihan Area Kerja, Produktivitas Terjaga

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya