Comscore Tracker

5 Fakta Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ada Sejarahnya!

Bawang putih adalah bumbu wajib dalam setiap masakan

Siapa yang tidak mengenal bawang putih? Salah satu bumbu masakan ini memang sudah cukup mudah ditemukan di mana-mana. Apalagi bawang putih memiliki aroma yang harum dan dapat menambah cita rasa tersendiri.

Bawang putih sebetulnya merupakan salah satu jenis umbi yang banyak tumbuh di kawasan Asia , Afrika, hingga Eropa. Meski begitu, nyatanya belum banyak orang yang mengetahui beberapa fakta menarik lainnya seputar bawang putih berikut ini.

 

1. Bawang putih secara original berasal dari Asia Tengah

5 Fakta Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ada Sejarahnya!ilustrasi bawang putih (unsplash.com/@voyas)

Semua jenis tanaman biasanya memiliki sejarah tersendiri. Sama halnya dengan keberadaan bawang putih yang tentu memiliki sejarah, termasuk lokasi pada saat ditemukan pertama kali.

Dilansir NCBI, bawang putih ternyata pertama kali ditemukan di kawasan Asia tengah, yaitu di sekitar Tiongkok Barat hingga ke kawasan Kazakhstan dan Kirgizstan. Meski begitu banyak orang yang percaya bahwa penggunaan bawang putih telah dilakukan oleh bangsa Tiongkok dan India sejak 5.000 tahun yang lalu. Hal inilah yang kemudian membuat penggunaan bawang putih terus meluas hingga ke berbagai wilayah di dunia. 

2. Budidaya bawang putih membutuhkan sinar matahari yang cukup

5 Fakta Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ada Sejarahnya!ilustrasi tanaman bawang putih (unsplash.com/@shelleypauls)

Bawang putih termasuk salah satu jenis tanaman yang mungkin cukup mudah dibudidayakan. Bahkan beberapa orang ada pula yang memilih penggunaan pot sebagai media untuk membudayakan bawang putih.

Mengutip Almanac, bawang putih sangat cocok tumbuh pada iklim yang hangat sebab tanaman tersebut biasanya membutuhkan paparan sinar matahari sekitar 6 sampai dengan 8 jam. Jika proses pembudidayaan dilakukan dengan baik, maka bawang putih pun dapat dipanen setelah 9 bulan.

Baca Juga: 5 Cara Menanam Bawang Putih, Mudah dan Hasil Panennya Melimpah

3. Bawang putih memiliki karakteristik tersendiri dalam masakan

5 Fakta Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ada Sejarahnya!ilustrasi bawang putih (unsplash.com/@cstembridge)

Jika berbicara mengenai bawang putih, tentu identik dengan bahan masakan. Hal ini karena memang bawang putih memiliki karakteristiknya tersendiri seperti mampu memberikan aroma dan cita rasa tersendiri. Oleh karena itu penggunaan bawang putih juga dirasa cocok untuk membuat aneka sup, saus, hingga bumbu marinasi daging.

4. Bawang putih baik untuk sistem imunitas tubuh

5 Fakta Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ada Sejarahnya!ilustrasi bawang putih (unsplash.com/@jijiali)

Berbagai bahan makanan memang biasanya memiliki kandungan baik tersendiri. Termasuk dalam hal ini tentu saja bawang putih yang kerap dijadikan salah satu bahan untuk memasak.

Bawang putih disebut-sebut memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi manfaat lainnya, seperti dikutip Spice WorldHal inilah yang kemudian membuat keberadaan bawang putih menjadi salah satu bahan yang kerap dikonsumsi.

5. Tiongkok menjadi produsen bawang putih terbesar di dunia

5 Fakta Bawang Putih yang Jarang Diketahui, Ada Sejarahnya!ilustrasi bawang putih (unsplash.com/@ryutarouozumi)

Sama halnya dengan berbagai bahan makanan lainnya, bawang putih juga termasuk ke dalam komunitas pangan yang kerap diekspor. Hal ini membuat beberapa negara yang memang menjadi produsen bawang putih pun tentu akan melakukan ekspor ke negara-negara tertentu.

Dilansir AtlatBig.com, Tiongkok masih merajai hasil produksi bawang putih dengan total 23,305,888 kilogram per tahunnya. Bahkan, produksi bawang putih global saja mencapai 30,708,243 sehingga tentu Tiongkok sangat mendominasi hal tersebut.

Ternyata memang ada banyak fakta menarik seputar bawang putih yang mungkin belum banyak diketahui. Dari mulai sejarah panjangnya proses pembudidayaan hingga sampai jumlah produksi di seluruh dunia.

 

Baca Juga: Sering Dianggap Sama, Ini 6 Perbedaan Bawang Daun dan Bawang Prei

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya