Comscore Tracker

5 Fakta Gandum yang Jarang Diketahui, Menarik untuk Disimak!

Gandum menjadi salah satu komoditas pangan favorit

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan tanaman gandum, bukan? Gandum merupakan sejenis tanaman serealia yang berasal dari suku padi-padian. Memang penggunaan gandum sebagai bahan makanan masih cukup jarang di Asia khususnya Indonesia, sebab mayoritas masyarakatnya mengonsumsi beras.

Meski demikian, gandum tetap menjadi salah satu komoditas pangan yang penting. Untuk lebih mengenal gandum secara lebih lanjut, maka kamu perlu memahami beberapa fakta menariknya yang berikut ini.

1. Sejarah gandum

5 Fakta Gandum yang Jarang Diketahui, Menarik untuk Disimak!ilustrasi gandum (unsplash.com/@tomasz_filipek)

Mungkin masih banyak orang yang belum memahami secara rinci mengenai sejarah dari keberadaan gandum. Meski mungkin masyarakat Asia banyak yang mengonsumsi nasi, namun ternyata gandum ditemukan pertama kali di Irak.

Melansir Wheat Facts, lebih dari 17,000 tahun yang lalu, manusia mulai mengumpulkan bahan makanan dari padi-padian, salah satunya adalah gandum yang ditemukan di sungai Tigris dan Euphrates, di dekat Irak. Mulai dari situlah manusia banyak mengonsumsi gandum sebagai bahan utamanya.

2. Kandungan di dalamnya

5 Fakta Gandum yang Jarang Diketahui, Menarik untuk Disimak!ilustrasi biji gandum (unsplash.com/@ashishjha)

Gandum merupakan salah satu komposisi yang baik untuk membuat aneka menu lezat, khususnya pembuatan roti. Hal ini karena memang gandum memiliki banyak manfaat baik di dalamnya, sehingga banyak orang pun mulai gemar mengonsumsi bahan makanan yang menggunakan gandum.

Mengutip Seeker, gandum dapat menyeimbangkan kadar gula, serta dapat memaksimalkan absorpsi mineral baik untuk tubuh. Dengan demikian, maka tidak heran bahwa gandum banyak memberikan manfaat dan kandungan baik jika dikonsumsi.

Baca Juga: 10 Makanan Halal Korea Selatan, Rasanya Gak Perlu Ditanya

3. Komoditas pangan favorit banyak orang

5 Fakta Gandum yang Jarang Diketahui, Menarik untuk Disimak!ilustrasi gandum (unsplash.com/@pazarando)

Salah satu sumber penting yang terdapat pada suatu negara adalah sumber pangannya. Gandum adalah salah satu komoditas pangan penting yang ada di suatu negara, sehingga keberadaannya sangatlah penting.

Gandum menjadi kunci komoditas global untuk menyeimbangkan persediaan pangan dan ekonomi, seperti penelitian yang dilakukan oleh Enghiad at el (2017). Tidak mengherankan bahwa memang persediaan gandum sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pangan suatu bangsa.

4. Negara penghasil gandum terbesar

5 Fakta Gandum yang Jarang Diketahui, Menarik untuk Disimak!ilustrasi panen gandum (unsplash.com/@vinceveras)

Untuk komoditas pangan, biasanya ada beberapa negara yang bertanggung jawab dalam memenuhi hasil panennya. Termasuk untuk gandum sebagai salah satu pilihan dari komoditas pangan di masyarakat luas.

Meski mayoritas negara di Asia mengonsumsi nasi, namun ternyata Tiongkok menjadi penyumbang produksi gandum terbesar di dunia, seperti dikutip FAO. Deretan negara ini diikuti oleh Amerika Serikat, India, Rusia, Kazakhstan, hingga Kanada. Jumlah produksi gandum yang dipanen di Tiongkok bahkan menyentuh angka 134,254,710 ton pada tahun 2020, seperti dikutip World Population Review.

5. Produk olahan berbahan gandum

5 Fakta Gandum yang Jarang Diketahui, Menarik untuk Disimak!ilustrasi roti gandum (unsplash.com/@wesual)

Gandum sering kali dianggap sebagai bahan pokok dalam pembuatan roti. Padahal, ada banyak sekali makanan yang dapat dihasilkan dengan menggunakan gandum sebagai bahan utamanya.

Melansir National Festival of Breads, ternyata produk olahan lain seperti muffins, mi, pasta, biskuit, kue, kue kering, pastry, sereal, hingga camilan lainya pun banyak yang menggunakan gandum sebagai bahan utamanya. Tidak mengherankan bahwa memang produk hasil pengolahannya pun sangatlah beragam.

Beragam fakta di atas tentunya bisa menjadi info menarik untuk semakin mengenal keberadaan tanaman gandum. Tentu juga termasuk dengan eksistensi dan manfaatnya tersendiri. Mana fakta yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: 11 Nama Makanan Indonesia yang Ternyata Berasal dari Bahasa Asing

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya