5 Fakta Ilmiah Tulang Manusia, Memiliki Beragam Bentuk!

Tuhan telah menciptakan tulang manusia dengan sempurna

Tulang atau pun kerangka merupakan sistem yang akan membentuk postur tubuh dari manusia. Selayaknya rumah yang memiliki pondasi, maka tulang diibaratkan sebagai pondasi yang dapat membantu manusia untuk berjalan dengan baik tanpa masalah.

Banyak orang yang mungkin belum mengenal lebih jelas seperti apa sebetulnya tulang yang dimiliki manusia, sehingga banyak hal yang terlewat dari informasi ilmiah tersebut. Sebaiknya simaklah beberapa fakta berikut ini mengenai tulang manusia agar kamu bisa menyimaknya dengan jelas.

1. Manusia memiliki 206 jumlah tulang

5 Fakta Ilmiah Tulang Manusia, Memiliki Beragam Bentuk!ilustrasi tulang (unsplash.com/Anne Nygård)

Kamu perlu tahu bahwa ternyata manusia memiliki jumlah tulang yang cukup banyak untuk membantu menunjang posturnya dengan baik. Semua tulang tersebut tentu saja memiliki fungsinya masing-masing, sehingga bisa membantu tubuh berjalan dengan baik.

Dilansir Better Health Channel, manusia dewasa memiliki jumlah 206 tulang pada tubuhnya. Jumlah ini ternyata sudah termasuk dengan tulang tengkorak, tulang belakang (vertebra), tulang rusuk, lengan, dan kaki, sehingga memang menunjang segala fungsi postur dari manusia.

2. Ada tulang padat dan tulang lunak

5 Fakta Ilmiah Tulang Manusia, Memiliki Beragam Bentuk!ilustrasi tulang (unsplash.com/CHUTTERSNAP)

Banyak orang yang mungkin berpikir bahwa tulang pada manusia identik memiliki tekstur yang keras jika dibandingkan dengan bagian dalam tubuh manusia lain. Namun, sebetulnya tulang yang ada pada manusia tidaklah selalu memiliki tekstur yang keras.

Dilansir Nemours KidsHealth, tulang kompak adalah bagian luar tulang yang padat dan keras, sehingga memang sangat kuat dan memiliki lubang atau pun saluran yang melewatinya. Sementara ada pula tulang kanselus yang bentuknya seperti spons dan berada di dalam tulang kompak dengan tesktur yang lunak.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Berdampak pada Kesehatan Tulang, Hindari!

3. Tulang terkecil terletak di telinga

5 Fakta Ilmiah Tulang Manusia, Memiliki Beragam Bentuk!ilustrasi telinga (unsplash.com/Franco Antonio Giovanella)

Banyak orang yang berpikir bahwa rata-rata tulang yang dimiliki manusia memiliki ukuran yang besar. Sebetulnya hal ini tidaklah benar karena sebetulnya ukuran dari tulang sangatlah bervariasi, bahkan ada pula tulang terkecil yang dimiliki manusia pada tubuhnya.

Dilansir Healthline, tulang terkecil pada manusia letaknya terdapat di telinga tengah yang sering disebut sebagai stapes. Stapes merupakan tulang terkecil yang fungsinya sangatlah besarkarena sebelum dikenali otak, ternyata gelombang suara haruslah masuk ke saluran pendengaran, melewati membran timpani atau gendang telinga, dan kemudian masuk ke kompartemen telinga tengah. Oleh sebab itu, jika stapes atau tulang pada telinga ini bermasalah maka akan menyebabkan gangguan pendengaran sebagian atau seluruhnya.

4. Tulang kalah kuat dibandingkan gigi

5 Fakta Ilmiah Tulang Manusia, Memiliki Beragam Bentuk!ilustrasi tulang (unsplash.com/Nino Liverani)

Satu kesalahan persepsi yang dimiliki oleh banyak orang adalah ketika berpikir bahwa tulang menjadi bagian tubuh paling kuat. Hal ini karena tulang dianggap sangat keras, sehingga tentu lebih keras dari pada bagian-bagian tubuh lainnya yang ada pada tubuh, padahal ternyata hal ini keliru.

Dilansir Aurora Dentist, tulang pada tubuh sebetulnya tidaklah sekuat seperti gigi yang terdiri dari sekitar 96% mineral di dalamnya. Selain itu, tulang sebetulnya memiliki jaringan lunak di dalamnya, sehingga sebetulnya sedikit lebih lemah dibandingkan gigi.

5. Tulang bisa menyembuhkan dirinya sendiri

5 Fakta Ilmiah Tulang Manusia, Memiliki Beragam Bentuk!ilustrasi tulang (unsplash.com/Anne Nygård)

Tulang mungkin menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat istimewa, khususnya saat berada pada masa-masa sulit. Alasannya karena ternyata tulang bisa menyembuhnya dirinya sendiri, tak seperti bagian tubuh lain atau pun organ yang mungkin membutuhkan penanganan medis karena tak mampu sembuh sendiri.

Dilansir WebMD, pada saat mengalami patah tulang biasanya sekitar 2 minggu setelah istirahat, sel-sel yang disebut osteoblas akan masuk dan mulai bekerja. Sel-sel tersebut membentuk tulang baru, menambah mineral ke dalam campuran untuk membuat tulang pun menjadi terasa keras dan kuat saat menjembatani pecahannya. Biasanya butuh waktu 6 hingga 12 minggu setelah jeda dalam proses pembentukannya.

Pada kenyataannya memang tulang manusia memiliki banyak sekali keunikan dengan segala kesempurnaan yang Tuhan berikan. Selain itu, tulang manusia juga bisa dibilang kompleks, sehingga bisa mendukung postur dan kinerja tubuh. Mana fakta yang baru kamu ketahui seputar tulang manusia?

Baca Juga: 6 Fungsi Rangka Manusia, Bukan Hanya Alat Gerak

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya