Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Tanaman Kakao, Dari Sejarah Hingga Total Produksinya!

Kakao menjadi bahan utama dari pembuatan cokelat

Jika mendengar kata kakao, mungkin akan mengingatkanmu pada salah satu tanaman yang bijinya kerap dijadikan cokelat. Keberadaan kakao sebetulnya bisa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, sebab memang sering dijadikan sebagai komoditas tanaman perkebunan.

Hasil panen kakao biasanya dapart menghasilkan kualitas cokelat yang baik. Namun, sebetulnya kakao juga memiliki banyak fakta menarik yang mungkin jarang diketahui oleh orang-orang. Apa saja faktor tersebut? Simak yuk daftarnya.

1. Tanaman kakao yang secara original berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah

5 Fakta Menarik Tanaman Kakao, Dari Sejarah Hingga Total Produksinya!ilustrasi kakao (unsplash.com/@brondia)

Setiap tanaman biasanya memiliki sejarah panjang tersendiri. Hal ini berkaitan dengan tempat asal dan dan waktu pada saat ditemukan. Tentunya ini juga serupa dengan keberadaan kakao yang juga memiliki sejarah tersendiri.

Dilansir Cacao Now, pohon kakao pertama kali ditanam oleh suku Mokaya dan Olmec yang berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Meksiko. Hal ini konon terjadi lebih dari 4000 tahun yang lalu dan kemudian keberadaannya pun tersebar ke seluruh penjuru dunia.

2. Budidaya kakao cocok di iklim konstan yang tinggi kelembapan

5 Fakta Menarik Tanaman Kakao, Dari Sejarah Hingga Total Produksinya!ilustrasi tanaman kakao (unsplash.com/@reskp)

Dalam proses budidaya setiap tanaman, biasanya terdapat ketentuan khusus yang harus diperhatikan. Dalam hal ini tentu kakao juga memiliki aturan tersendiri untuk proses budidayanya.

Mengutip NOAA Climate.gov, tanaman kakao biasanya dapat tumbuh pada temperatur yang yang stabil, tinggi kelembaban, bercurah hujan tinggi, memiliki tanah yang kaya akan nitrogen, dan mampu terjaga dari angin yang kencang. Melalui beberapa ketentuan tersebut, tentunya proses budidaya Kakao pun dapat dilakukan dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Melelehkan Cokelat Batang, Anti Ribet!

3. Cara pengolahan kakao menjadi cokelat

5 Fakta Menarik Tanaman Kakao, Dari Sejarah Hingga Total Produksinya!ilustrasi cokelat (unsplash.com/@sigmund)

Mungkin tidak banyak yang memahami bahwa cokelat ternyata berasal dari biji tanaman kakao. Proses yang dibutuhkan dalam pembuatannya juga cukup lama, serta membutuhkan kehati-hatian.

Dari mulai pemilihan biji kakao yang yang berkualitas, proses fermentasi, pemanggangan, penghalusan, hingga akhirnya akan diolah dan dilelehkan sampai menjadi coklat yang siap untuk dikonsumsi, seperti dilansir Alpha Foodie. Meski begitu, biasanya proses pengolahan coklat di masa sekarang juga kerap dicampur dengan beberapa komposisi lain seperti kismis, almond, susu, dan lain sebagainya.

4. Manfaat kesehatan dari tanaman kakao

5 Fakta Menarik Tanaman Kakao, Dari Sejarah Hingga Total Produksinya!ilustrasi biji kakao (unsplash.com/@thisisnando)

Tentunya tanaman kakao juga tidak semata-mata menawarkan cita rasa yang lezat apabila sudah diolah menjadi cokelat. Namun, tanaman ini khususnya bubuk kakao juga memiliki banyak manfaat penting bagi kesehatan.

Dari mulai kandungan untuk menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah ke otak dan jantung, serta meningkatkan kadar insulin untuk mencegah risiko diabetes, seperti dikutip WebMD. Dengan begitu, tentunya jadi tidak ragu untuk mengonsumsi olahan kakao selama dalam proses pengolahan dan takaran yang tepat.

5. Afrika Barat menjadi produsen kakao terbesar di dunia

5 Fakta Menarik Tanaman Kakao, Dari Sejarah Hingga Total Produksinya!ilustrasi kakao (unsplash.com/@leonardasuque)

Keberadaan tanaman kakao tentunya menjadi salah satu komoditas penting bagi beberapa negara. Tidak heran apabila tanaman kakao juga sering diekspor ke berbagai penjuru dunia, sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi negara-negara yang melakukannya.

Dilansir Statista, pada tahun 2021-2022, sekitar 70 persen dari total produksi biji kokoa dunia justru berasal dari negara-negara di Afrika Barat, seperti Pantai Gading, Ghana, Nigeria, dan Kamerun. Bahkan Pantai Gading dan Ghana berhasil mendominasi komoditas kakao dengan lebih dari 50 persen total produksi global.

Nyatanya memang ada banyak sekali fakta menarik mengenai tanaman kakao. Dari mulai sejarahnya, manfaat, proses budidaya, pengolahan, hingga total produksi global yang dimiliki tanaman tersebut. Mana fakta yang menurutmu paling unik?

Baca Juga: 5 Jenis Cokelat yang Paling Pas untuk Dipanggang

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya