Comscore Tracker

5 Fakta Seputar Permukaan Bulan yang Memiliki Banyak Lubang, Unik!

Lubang tersebut merupakan kawah pada permuakan bulan

Jika melihat ke langit atas pada saat malam hari, tentu salah satu objek yang akan terlihat dengan jelas adalah bulan. Bulan yang merupakan satelit alami dari bumi ini memang dapat terlihat dengan sanga jelas apabila kondisi cuacanya sedang baik.

Jika diamati dari jauh mungkin bulan tampak sangat cantik dan bersinar, karena pantulan dari sinar matahari. Namun, ternyata bila diamati dari jarak dekat, permukaan bulan ternyata berlubang, lho.

Lubang pada bulan sebetulnya merupakan area kawah yang memiliki kedalaman bervariasi. Bulan bisa memiliki banyak lubang pada area kawahnya sebab lima alasan berikut ini.

1. Berasal dari tubrukan benda langit lainnya

5 Fakta Seputar Permukaan Bulan yang Memiliki Banyak Lubang, Unik!ilustrasi meteor (unsplash.com/@mantasos)

Satu alasan yang tentunya sangat logis saat membayangkan mengapa bulan memiliki banyak kawah adalah karena tubrukan. Wajar, mengingat jumlah benda langit yang sangat banyak dan bahkan tersebar ke berbagai sisi di alam semesta, dari yang terdekat hingga terjauh sekalipun.

Dilansir Morgridge, kawah pada bulan disebabkan karena adanya tubrukan yang terjadi dari asteroid, komet, atau benda langit lainnya yang pada akhirnya menyebabkan lubang. Ini seakan membuat tampilan bulan jadi tidak rata dan terkesan memiliki kontur yang berbahaya.

2. Ketebalan atmosfer bulan yang tak seperti bumi

5 Fakta Seputar Permukaan Bulan yang Memiliki Banyak Lubang, Unik!ilustrasi atmosfer (unsplash.com/@florenciaviadana)

Beberapa planet biasanya memiliki atmosfernya tersendiri yang bertujuan sebagai perisai atau pelindung dari benda langit. Hal ini jugalah yang secara alami dimiliki oleh bumi, sehingga benda langit yang melintas tak seenaknya berjalan memasuki atmosfer bumi.

Mengutip NASA, bulan ternyata berbeda sebab justru memiliki atmosfer yang tipis dibandingkan dengan bumi. Hal inilah yang menjadi pencetus mengapa banyak benda langit jadi mudah memasuki bulan dan kemudian menyebabkan kawah di dalamnya.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Bulan, Benda Langit yang Setia Mengelilingi Bumi Kita

3. Bulan tak memiliki aktivitas alam layaknya bumi

5 Fakta Seputar Permukaan Bulan yang Memiliki Banyak Lubang, Unik!ilustrasi hutan (unsplash.com/@lukesouthern)

Membandingkan antara bulan dan Bumi saja tentu sudah tampak jelas perbedaan yang melatabelakanginya. Perbedaan ini bahkan terlihat dari kegiatan alam yang ada di dalamnya.

Tidak seperti Bumi, bulan bahkan tidak pernah mengalami erosi sebab ketiadaan atmosfer di dalamnya, seperti dilansir Space Place NASA GOV. Jelas hal ini sangat berbeda dengan bumi yang terkesan dinamis, karena memiliki banyak aktivitas alam di dalamnya seperti gunung meletus, erosi, gempa bumi, dan masih banyak lagi.

4. Radiasi yang tinggi di bumi

5 Fakta Seputar Permukaan Bulan yang Memiliki Banyak Lubang, Unik!ilustrasi fase bulan (pexels.com/samer daboul)

Jika kamu berpikir, bahwa bulan memiliki kawasan yang aman seperti Bumi, maka jawabannya salah total. Sebab, ternyata bulan memiliki kadar radiasi yang sangat tinggi di dalamnya.
Tingkat radiasi yang ada di bulan bahkan mencapai sekitar 1.369 microsieverts per harinya atau 2.6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan dosis harian dari para awak di stasiun internasional luar angkasa, seperti dikutip Science Alert.

Tentunya dari hal ini, maka dapat menjadi jawaban mengapa kawah tersebut rasanya sulit hilang. Sebab radiasi yang tinggi pada akhirnya berdampak pada area lingkungan di bulan.

5. Bulan mengalami gempa

5 Fakta Seputar Permukaan Bulan yang Memiliki Banyak Lubang, Unik!ilustrasi bulan (pexels.com/@david-besh)

Gempa bumi mungkin menjadi salah satu hal yang umum bagi para penduduk bumi. Namun, banyak yang penasaran apakah ternyata bulan juga mengalami gempa seperti halnya bumi?

Dilansir Space, jawabannya adalah iya sebab ternyata bulan juga mengalami gempa tektonik secara aktif. Hal ini jugalah yang secara tidak langsung semakin memengaruhi kondisi kawah yang ada di dalamnya.

Ternyata memang ada fakta tersembunyi yang membuat bulan memiliki kawahnya tersendiri. Meski demikian, tentu bulan tetap memiliki pesonanya tersendiri untuk dinikmati pemandangannya dari Bumi.

Baca Juga: 6 Fakta Matahari, Bintang Raksasa yang Bisa Menampung Sejuta Bumi

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya