Comscore Tracker

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!

Bisa jadi hikmah hidup yang besar untukmu ke depannya

Berbicara mengenai Bumi tentu tidak lengkap dengan keberadaan bulan. Bulan dan Bumi seakan jadi pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Sebab, keduanya saling membutuhkan satu sama lain.

Secara umum, bulan berotasi ke Bumi sehingga membuatnya menjadi satelit alami dari planet biru ini. Di balik keberadaan bulan yang seakan turut menemani waktu malam, ternyata ada beberapa filosofi hidup berikut ini yang bisa dipetik dari keberadaan satelit alami tersebut. Yuk, cari tahu filosofi hidupnya di bawah ini!

1. Bulan tetap memerlukan sinar matahari

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!ilustrasi cahaya bulan (pexels.com/@samerdaboul)

Perlu dipahami bahwa bulan berbeda dengan matahari yang secara umum memiliki sinarnya tersendiri. Dilansir Live Science,bulan bisa tampak bersinar sebab memperoleh refleksi sinar dari matahari.

Bisa diambil kesimpulan bahwa bulan ternyata tetap saja membutuhkan peran matahari untuk dapat memancarkan sinarnya. Selayaknya manusia yang tentu membutuhkan manusia lainnya dalam beraktivitas. Itulah mengapa jangan sampai menjadi pribadi arogan yang seakan tak membutuhkan keberadaan satu sama lain.

2. Bulan akan selalu berada bersama Bumi

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!ilustrasi bulan (pexels.com/@joonas-kaariainen)

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Bumi dan bulan bagai dua hal yang sulit dipisahkan. Hal tersebut memang benar adanya, karena seperti dilansir Scientific American, bulan terus mengikuti Bumi yang sudah menjadi jalur rotasinya. Jika bulan sampai meninggalkan Bumi, maka justru akan berakibat buruk pada cuaca dan pasar surut laut di planet ini.

Hal ini bisa dimaknai sebagai pelajaran hidup bahwa seseorang akan selalu membutuhkan orang lain, khususnya keluarga sendiri. Tanpa keberadaan mereka atau bahkan jika bertindak arogan terhadap mereka hanya akan memberikanmu bumerang tersendiri.

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Mata Air, Penuh Makna!

3. Rupa bulan yang berubah-ubah sesuai cuaca

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!ilustrasi bulan separuh (pexels.com/@chuck-johnson)

Jika melihat ke arah langit di malam hari mungkin akan membuatmu banyak melihat hal baru dari bulan. Hal ini berkaitan dengan rupa bulan yang tampak berubah-ubah.

Rupa bulan yang berubah-ubah biasanya disebabkan karena posisi orbitnya. Sehingga bulan sering kali pantulan cahaya atau bahkan cuaca di kawasan tersebut justru mengubah rupanya, seperti dilansir Sky at Night Magazine. Itulah sebabnya terkadang ada bulan purnama, sabit, atau bahkan dengan warna berubah-ubah. Sebab pantulan sinar matahari terhalang awan.

Ibarat manusia, mereka seakan terus menerus menggunakan topeng berbeda pada setiap situasi. Padahal tak perduli situasi seperti apa, terkadang menunjukan diri sendiri jauh lebih baik dari pada harus berpura-pura.

4. Keindahan bulan yang tampak dari jauh, padahal jika dilihat dari dekat ternyata berbeda

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!ilustrasi bulan (pexels.com/@brunoscramgnon)

Jika melihat bulan mungkin hal yang akan terbayangkan adalah keindahan warnanya. Bentuknya yang bulat seakan membuat banyak orang terhipnotis oleh satelit alami dari Bumi tersebut. Padahal jika dilihat dari dekat, ternyata bulan memiliki dasar yang berlubang. Ini disebabkan dari hantaman banyak objek yang mengenainya, seperti dikutip Morgridge.

Itulah yang juga banyak terjadi pada manusia. Terkadang ia terlalu silau dengan kesempurnaan yang diperlihatkan kepada orang lain. Padahal, ia lupa bahwa tak ada manusia yang sempurna. Terkadang apa yang dilihat hanya dari luarnya saja, sementara setiap orang pasti memiliki kekurangan pada sisi dalamnya.

5. Menjadi tempat untuk belajar bagi semua orang

5 Filosofi Hidup yang Dapat Dipetik dari Bulan di Malam Hari, Penting!ilustrasi penjelajahan bulan (pexels.com/@pixabay)

Bulan menjadi salah satu tujuan penjelajahan yang sangat digemari angkasawan. Sebab dibandingkan dengan planet atau bintang lain, bulan termasuk yang cukup dekat dengan keseharian manusia.

Dilansir NASA, bulan seakan menjadi tujuan penelitian menarik. Sebab, bulan bisa menjadi bentuk informasi bagaimana masa lalu dan masa depan Bumi.

Meski bulan hanya merupakan objek langit yang tak bercahaya atau memiliki rupa tak menawan, keberadaannya tetap bermanfaat bagi banyak orang. Bulan mengajarkanmu untuk tidak merasa berkecil hati dengan kekurangan yang dimiliki. Justru jadikan hal itu sebagai motivasi untuk tetap bermanfaat bagi orang lain.

Tentunya ada banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik dari keberadaan bulan di malam hari. Filosofi dari bulan justru banyak mengajarkan untuk tetap bersyukur dengan keberadaan orang-orang lain, serta selalu mengupayakan yang terbaik di sela kekurangan yang dimiliki. Bisa jadi nasihat hidup yang luar biasa, ya!

Baca Juga: 5 Filosofi Hidup yang Bisa Dipetik dari Pesawat Terbang, Inspiratif!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya