Comscore Tracker

5 Hal Kompleks yang Jarang Diketahui dari Penerbangan Pesawat

Banyak penumpang yang mungkin tidak pernah membayangkannya

Mendengar kata pesawat tentunya memunculkan rasa penasaran dan juga ketertarikan tersendiri. Hal ini karena memang moda transportasi yang satu ini termasuk salah satu yang sangat diganderungi, sebab cepat untuk sampai ke tujuan. Banyak penumpang yang mungkin datang, duduk, dan menikmati penerbangan dengan nyaman tanpa menyadari banyak hal lain di sekitarnya.

Ternyata penerbangan pesawat menyimpan banyak fakta menarik yang mungkin juga jarang diketahui oleh banyak orang. Itulah mengapa beberapa hal kompleks berikut ini sering kali tidak disadari oleh para penumpang pada saat menggunakan penerbangan.

1. Ada banyak sekali pesawat lain yang berlalu lalang di sekitar

5 Hal Kompleks yang Jarang Diketahui dari Penerbangan Pesawatilustrasi pesawat terbang (pexels.com/@pascalr)

Pada saat menaiki pesawat mungkin hampir rata-rata penumpang akan berpikir bahwa transportasinya sedang terbang sendirian di atas langit. Padahal kenyataannya ternyata ada banyak sekali pesawat yang saling melintasi satu sama lain pada langit yang sama, namun dengan tujuan yang mungkin bermacam-macam.

Melansir Slate, di Amerika Serikat ternyata setiap pesawatnya telah dilengkapi dengan lebih dari 10 kursi yang dapat memberikan alarm penerbangan apabila jarak dengan pesawat lain terlalu besar, sehingga akan ada bunyi alarm yang terdengar. Bahkan memang beberapa petugas yang berjaga di bandara juga memiliki tanggung jawab penting untuk memastikan bahwa masing-masing pesawat memiliki jalur dan ketinggiannya tersendiri, sehingga tak saling berbenturan.

2. Pintu toilet yang sebetulnya tidak terkunci

5 Hal Kompleks yang Jarang Diketahui dari Penerbangan Pesawatilustrasi pintu toilet (cntraveler.com)

Kamu sebagai penumpang mungkin akan berpikir bahwa ruangan yang paling pribadi dan terjaga privasinya di pesawat adalah toilet. Padahal, ternyata toilet di pesawat tidaklah seprivasi seperti apa yang dibayangkan.

Melansir Aviation Stack Exchange, para awak kabin ternyata memiliki akses khusus untuk dapat mengunci atau membuka pintu toilet. Hal ini biasanya dilakukan pada saat-saat penting, seperti pada saat akan take off atau landing, serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama penerbangan berlangsung.

Baca Juga: 5 Tips Upgrade Kelas Pesawat Secara Gratis, Ternyata Ini Rahasianya!

3. Meja pesawat sangat kotor

5 Hal Kompleks yang Jarang Diketahui dari Penerbangan Pesawatilustrasi meja pesawat (nogarlicnoonions.com)

Ada banyak pelayanan yang memang secara khusus dipersiapkan oleh pihak maskapai kepada para penumpangnya. Jelas saja pelayanan tersebut mencakup banyak, termasuk makanan dan minuman yang disajikan. Biasanya, makanan dan minuman tersebut akan disajikan dengan menggunakan meja yang berada di setiap belakang kursi masing-masing penumpang.

Meski demikian, tahukah kamu bahwa ternyata meja pesawat tidak seperti apa yang kamu bayangkan. Melansir India Today, meja yang ada di pesawat ternyata jadi bagian paling kotor di pesawat, sebab menjadi tempat berkembangnya kuman-kuman. Membayangkan jadwal penerbangan yang padat memang secara otomatis membuat proses pembersihannya bisa saja kurang maksimal. Itulah sebaiknya kamu dapat berinisiatif untuk membersihkannya sendiri.

4. Desain pesawat yang terlihat lebih luas dari bayangan

5 Hal Kompleks yang Jarang Diketahui dari Penerbangan Pesawatilustrasi kabin pesawat (raillynews.com)

Sekilas mungkin kamu melihat bahwa pesawat memiliki bagian tubuh yang cenderung tak luas apabila dari luar. Padahal ketika memasuki area dalam pesawat, justru dikejutkan dengan fakta bahwa desain area dalamnya ternyata jauh lebih luas dari yang diprediksi.

Melansir Seeker, pihak terkait yang bertanggung jawab dalam mendesain area dalam pesawat memang mencoba memaksimalkan segala luasnya agar semua fasilitas dapat terpenuhi. Namun, desain yang seperti ini juga memberikan manfaat baik bagi orang-orang yang mengalami fobia ruang sempit, sebab mereka dapat menggunakan pesawat dengan lebih nyaman.

5. Awak kabin memiliki ruang tidur pribadi

5 Hal Kompleks yang Jarang Diketahui dari Penerbangan Pesawatilustrasi kabin rahasia (cntraveler.com)

Tidak banyak penumpang yang menyadari bahwa sebetulnya awak kabin memiliki area khusus yang tersembunyi di pesawat. Area khusus tersebut biasanya tak terlihat dari luar, sehingga sering diartikan sebagai tempat penyimpanan biasa.

Mengutip Business Insider, terdapat di area belakang pesawat dan biasanya juga ada yang terletak di area depan sebagai tempat bagi para awak kabin untuk beristirahat. Biasanya area ini tidak memiliki akses jendela atau hiburan, sebab memang dimaksudkan untuk beristirahat setelah perjalanan yang panjang.

Dengan mengetahui hal-hal di atas, ternyata memang penerbangan pesawat menyimpan banyak cerita tersendiri di dalamnya. Hal ini bahkan termasuk ke dalam sesuatu yang kompleks dan tak pernah disadari sebelumnya. Mana yang kamu sudah ketahui?

Baca Juga: 6 Tips Mudik Naik Pesawat dengan Balita, Minim Drama!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya