Comscore Tracker

5 Hal yang Akan Terjadi apabila Bumi Memiliki Ukuran Sebesar Matahari

Tatanan kehidupan di bumi akan banyak berubah

Bumi merupakan planet terdekat ketiga dari Matahari di tata surya. Keberadaan Bumi juga menjadi satu-satunya planet yang dapat dihuni secara aman oleh populasi manusia. Melihat ukuran Bumi tentunya sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan Jupiter. Namun, keberadaan Matahari sebagai pusat tata surya ternyata jauh lebih besar dibandingkan planet apapun yang ada di sekitarnya.

Tentu hal inilah yang membuat planet-planet di sekitar, termasuk bumi turut bergerak mengelilingi orbit matahari. Namun, pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya apabila Bumi memiliki ukuran sebesar Matahari? Jika sampai terjadi, maka beberapa hal berikut ini berpotensi akan terjadi.

1. Bumi membutuhkan Matahari yang jauh lebih besar lagi

5 Hal yang Akan Terjadi apabila Bumi Memiliki Ukuran Sebesar Matahariilustrasi matahari (unsplash.com/@3dparadise)

Perlu dipahami bahwa keberadaan Matahari merupakan pusat tata surya, sehingga planet-planet di sekitar pun akan turut mengelilinginya. Dari prinsip tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa biasanya pusat tata surya akan memiliki gaya gravitasi yang sangat tinggi. Jika demikian, maka hal ini akan secara tidak langsung berpengaruh terhadap ukuran dan massa yang dimiliki oleh pusat tata surya tersebut.

Melansir The Old Farmer's Almanac, Matahari bahkan memiliki gaya gravitasi sekitar 27.9 kali lebih besar dibandingkan dengan Bumi, sehingga keberadaannya dapat mengatur pola orbit dari planet biru tersebut. Jika Bumi memiliki ukuran sebesar Matahari, maka dapat dibayangkan bahwa pusat tata suryanya pun juga akan jauh lebih besar dari segi ukuran dan massa. Dengan demikian, maka Bumi pun akan tetap berputar mengelilingi orbitnya.

2. Tidak dapat mendukung kehidupan manusia dengan baik

5 Hal yang Akan Terjadi apabila Bumi Memiliki Ukuran Sebesar Matahariilustrasi cuaca panas dan kering (unsplash.com/@tati_adri)

Secara umum, memang belum ditemukan planet lain yang dapat mendukung kehidupan selayaknya Bumi. Melihat dari ukuran normal manusia, maka biasanya planet-planet berukuran kecillah seperti Bumi yang dapat mendukung adanya kehidupan. Mungkin akan sulit dibayangkan apabila ukuran Bumi sama dengan ukuran Matahari.

Mengutip Scope the Galaxy, salah satu contohnya adalah keberadaan planet Jupiter yang tidak dapat mendukung adanya kehidupan, sebab ukurannya yang besar, iklim yang yang tidak seimbang, gaya gravitasi yang kuat, hingga keberadaan awan yang sangat tebal. Mungkin hal ini juga lah yang akan dirasakan oleh Bumi apabila memiliki ukuran sebesar Matahari.

Baca Juga: 5 Hal Unik dan Ngeri dari Planet Mars yang Tak Akan Ditemui di Bumi

3. Gaya gravitasi yang dimiliki akan berkali-kali lipat lebih besar

5 Hal yang Akan Terjadi apabila Bumi Memiliki Ukuran Sebesar Matahariilustrasi matahari (unsplash.com/@rajiv63)

Setiap planet atau bintang di tata surya biasanya memiliki gaya gravitasi tersendiri. Dalam hal ini ternyata ada banyak faktor yang mempengaruhi gaya gravitasi, mulai dari ukuran, hingga kepadatan. Biasanya semakin besar suatu planet, maka gaya gravitasinya juga akan semakin besar, seperti dilansir World Building Stack Exchange.

Menyimak dari hal ini, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas manusia di dalamnya pun jadi sulit untuk dilakukan dengan lancar. Manusia mungkin akan kesulitan berjalan, sebab gaya gravitasi yang terlalu kuat. Hal inilah yang membuat kehidupan manusia menjadi cukup mustahil apabila ukuran Bumi sama dengan ukuran Matahari, terkecuali jika ukuran tubuh manusia pun ikut berubah menjadi raksasa.

4. Semua area Bumi mungkin akan sulit terjelajahi dengan merata

5 Hal yang Akan Terjadi apabila Bumi Memiliki Ukuran Sebesar Matahariilustrasi astronot di bulan (unsplash.com/@nasa)

Perlu dipahami bahwa perbandingan antara Matahari dan Bumi jelas sangat berbeda. Hal ini karena memang Matahari merupakan pusat tata surya, sehingga memiliki ukuran yang sangat raksasa. Dengan sekitar 1.4 juta kilometer luasnya, maka dapat disimpulkan bahwa Matahari memiliki ukuran 109 kali lebih besar dibandingkan Bumi, seperti dikutip National Geographic.

Saking besarnya Matahari, bahkan keberadaannya mampu mendominasi sekitar 99.8 persen dari total massa yang ada di tata surya. Analoginya, satu juta Bumi bahkan cukup untuk mengisi satu Matahari. Dengan luas yang luar biasa, maka dapat disimpulkan kan bahwa mungkin manusia akan kesulitan untuk menjelajahi Bumi secara lengkap, khususnya bila Bumi memiliki ukuran setara dengan Matahari.

5. Waktu rotasi dan revolusinya akan sangat berbeda

5 Hal yang Akan Terjadi apabila Bumi Memiliki Ukuran Sebesar Matahariilustrasi matahari (unsplash.com/@kartikgada)

Setiap benda di tata surya biasanya memiliki durasi rotasi tersendiri, dalam hal ini termasuk Bumi dan Matahari. Biasanya durasi rotasi akan berbeda-beda, disesuaikan dengan ukuran hingga masa yang dimiliki satu sama lain. Dalam hal ini tentu matahari memiliki rotasinya tersendiri, apalagi dengan ukuran yang luar biasa besar.

Melansir Live Science,  NASA pernah menjabarkan bahwa secara rata-rata Matahari akan berotasi satu kali setiap 27 hari. Pada bagian zona ekuatornya, rotasi tercepat akan memakan waktu 24 hari. Sementara, untuk area kutub justru akan memakan waktu lebih dari 30 hari. Hal inilah yang membuat Matahari memiliki durasi rotasi yang berbeda, apalagi dengan kecepatan rotasinya yang mencapai 1,997 kilometer perdetik.

Mungkin memang sulit dibayangkan apabila Bumi memiliki ukuran sebesar Matahari. Bukan tidak mungkin jika hal ini akan menyulitkan aktivitas manusia, terkecuali apabila ukuran manusianya pun juga akan turut menyesuaikan dengan planet tersebut. Tidak dapat dibayangkan, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Ilmiah Mengapa Bintang di Langit Tak Sama seperti Planet

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya