Comscore Tracker

5 Hal yang Mungkin Terjadi Apabila Tidak Pernah Ada Hewan di Bumi

Keseimbangan ekosistem akan turut terganggu

Segala kehidupan yang ada di bumi memang seakan telah tersusun dengan baik, dari mulai ekosistemnya, hingga sampai kepada makhluk-makhluk yang menempatinya. Hal ini membuat segala elemen yang ada di ekosistem memiliki perannya masing-masing dan satu sama lain seakan saling membutuhkan. Hal ini tentu bukan hanya mengenai eksistensi manusia, namun juga eksistensi hewan-hewan yang tersebar di seluruh penjuru bumi dengan habitatnya masing-masing.

Kehidupan yang ada di bumi tak akan mampu berjalan dengan baik apabila tak melibatkan hewan sebagai salah satu makhluk yang ada di dalamnya. Hal ini jugalah yang membuat hewan memegang peran penting demi menjaga keseimbangan ekosistem yang ada. Jika membayangkan bahwa hewan tidak ada di dunia, maka beberapa hal berikut ini bisa menjadi dampak yang mugkin terjadi.

1. Eksploitasi hutan dan tumbuhan secara berlebihan

5 Hal yang Mungkin Terjadi Apabila Tidak Pernah Ada Hewan di Bumiilustrasi penebangan hutan (unsplash.com/@botanicalnature)

Berbicara mengenai eksploitasi tentu mengingatkan akan konotasi negatif yang erat kaitannya dengan sifat serakah. Hal ini memang betul sebab dilansir General Multilingual Environmental Thesaurus, eksploitasi yang berhubungan dengan hutan dimaksudkan dengan tindakan mengambil sumber agrikultur, salah satunya seperti batang pohon hingga tumbuhan. Hal seperti ini sudah banyak terjadi di beberapa negara yang memiliki sumber agrikultur hutan yang luas.

Membayangkan bila hewan tak ada di dunia, maka eksploitasi yang dilakukan terhadap hutan dan tumbuhan akan semakin menggila. Hal ini disebabkan karena ketidakadanya hewan sebagai salah satu sumber makanan justru akan membuat manusia beralih pada tumbuh-tumbuhan. Dengan jumlah manusia yang banyak, maka hal ini akan membuat sumber bahan makanannya pun akan besar. Sementara aktivitas penanaman bahan makanan bisa jadi tidak maksimal sebab tidak adanya hewan yang dapat membantu prosesnya.

2. Segala pekerjaan di masa lalu akan banyak dilakukan secara manual

5 Hal yang Mungkin Terjadi Apabila Tidak Pernah Ada Hewan di Bumiilustrasi kereta sapi (unsplash.com/@anmol_kerketta)

Ketika melihat sejarah mungkin akan ada banyak orang yang baru menyadari seberapa pentingnya peran hewan untuk aktivitas manusia, khususnya di masa lalu. Beragam hal banyak menggunakan hewan untuk membantu memudahkan proses yang dilakukan manusia. Mengutip dari History Alberta, banyak masyarakat yang menggunakan hewan untuk berburu, mengumpulkan bahan-bahan, hingga membantu proses agrikultur dengan baik, layaknya kerbau yang membantu petani dalam membajak sawah.

Jika tidak pernah ada hewan di dunia, maka dapat dibayangkan bahwa segala pekerjaan masa lalu juga tak akan pernah melibatkan hewan. Sebagai gantinya, justru segala aktivitas akan banyak dilakukan secara manual, sehingga kerap kali memberikan rasa lelah sebab tak mudah dalam melakukannya tanpa bantuan hewan.

Baca Juga: Kenapa Ilmuwan Pakai Hewan Sebagai Objek Penelitian?

3. Tanda bencana alam akan sulit terdeteksi

5 Hal yang Mungkin Terjadi Apabila Tidak Pernah Ada Hewan di Bumiilustrasi gunung meletus (pexels.com/@rizknas)

Bencana alam merupakan hal alami yang mungkin banyak terjadi di beberapa wilayah yang ada di bumi. Ada banyak bentuk dari bencana alam, dari mulai tsunami, gempa bumi, gunung meletus, angin badai, longsor, dan masih banyak lagi. Dari berbagai bencana alam yang dapat mengancam manusia, ternyata hewan memiliki peran penting sebagai penanda alami atau alarm berbahaya sebelum terjadinya bencananya alam dan hal ini bisa diperhatikan oleh manusia.

Ada beberapa tanda bahaya yang ditunjukan hewan, misalnya gajah, leopard, monyet, hingga burung yang dapat memberikan tanda bahaya sebelum bencana alam terjadi, seperti yang dilansir Thought Co. Jelas saja hal ini disebabkan karena memang hewan memiliki indera atau insting khusus yang dapat mendeteksi bencana, sehingga banyak dari mereka biasanya mencoba mencari tempat aman untuk berlindung sebelum terjadi bencana.

4. Kelompok kanibalisme akan muncul

5 Hal yang Mungkin Terjadi Apabila Tidak Pernah Ada Hewan di Bumiilustrasi kanibalisme (unsplash.com/@macrz)

Kanibalisme merupakan tindakan berbahaya dengan saling mengonsumsi sesama spesies. Hal ini tidak hanya dapat terjadi pada hewan, melainkan juga pada manusia sebab satu dan lain alasan. Melansir Live Science, terdapat pemikiran gila yang menyebutkan bahwa eksistensi kanibalisme akan menyelesaikan krisis makanan di masa depan, padahal nyatanya hal ini tak akan sama sekali membantu menyelesaikan masalah kelaparan dan justru menimbulkan masalah baru dalam hal kesehatan.

Bila hewan tak pernah ada di dunia, maka hal ini akan menjadi pemicu dari munculnya kelompok-kelompok kanibalisme diantara manusia. Hal ini bisa disebabkan karena krisis pangan atau pun hasrat natural manusia yang memang  dikenal sebagai omnivora sehingga memiliki keinginan untuk mengonsumsi daging, serta bukan hanya tumbuhan layaknya hewan herbivora.

5. Krisis pangan secara massal pada masa paceklik

5 Hal yang Mungkin Terjadi Apabila Tidak Pernah Ada Hewan di Bumiilustrasi hasil panen (unsplash.com/@ecasap)

Manusia secara umum dapat mengonsumsi apa pun, baik hewan atau pun tumbuhan sebab dikenal sebagai makhluk omnivora. Hal ini jugalah yang membuat sumber pangan memiliki peran yang sangat penting bagi kebanyakan manusia, sehingga sangat sulit membayangkan bila sampai terjadi krisis.

Sebaliknya justru membayangkan bila hewan tak pernah ada di dunia justru sama saja dengan membayangkan krisis pangan yang berkepanjangan. Melansir Ciesin, perubahan akan suhu, kelembapan, dan banyak faktor lain justru akan membuat penurunan terhadap produksi makanan. Bila hewan tak ada, kemudian manusia dihadapkan dengan kegagalan panen akibat perubahan iklim, maka hal ini akan menimbulkan krisis pangan berkepanjangan.

Ternyata memang hewan memegang peranan yang sangat penting terhadap keseimbangan ekosistem yang ada di bumi. Sulit membayangkan jika salah satu elemen terganggu, sebab dapat menyebabkan elemen lainnya juga jadi sulit berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, manfaatkan setiap sumber daya secara bijak agar tak sampai terjadi kepunahan, ya!

Baca Juga: 5 Bukti Ilmiah Hewan Juga Memiliki Perasaan, Jangan Kasari Mereka!

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya