Comscore Tracker

5 Dampak yang Mungkin Terjadi bila Tak Ada Lagi Pedesaan di Indonesia

Semua daerah berubah menjadi kota metropolitan yang ramai

Indonesia dianugerahi berbagai wilayah yang sangat indah dengan pemandangannya tersendiri. Dari laut hingga pegunungan, rasanya hal ini semakin melengkapi negara tercinta.

Tak hanya itu saja, Indonesia juga bisa seimbang sebab memiliki wilayah metropolitan dan pedesaan. Namun, hal berbeda bisa saja terjadi bila Indonesia justru mengubah pedesaannya menjadi pusat metropolitan yang penuh dengan hiruk pikuk. Lalu, jika sampai pedesaan di Indonesia lenyap, maka beberapa hal berikut ini bisa menjadi dampaknya.

1. Ketidak seimbangan ekonomi dari warganya

5 Dampak yang Mungkin Terjadi bila Tak Ada Lagi Pedesaan di Indonesiailustrasi miliuner (unsplash.com/@austindistel)

Indonesia saat ini dikenal sebagai negara dengan ekonomi yang mulai perlahan menanjak. Bahkan dilansir Asialink Business, Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan bertengger di posisi 16 untuk level dunia.

Meski dari segi statistik terlihat luar biasa, namun patut dipahami bahwa jumlah masyarakatnya juga sangat lah besar dibandingkan dengan negara lain yang ada di Asia Tenggara. Jika seluruh wilayah pedesaan Indonesia diubah menjadi kota metropolitan, maka keseimbangan ekonominya akan jelas terganggu. Belum tentu semua masyarakatnya dapat hidup secara layak bila standarnya ditingkatkan. Hal yang justru terjadi adalah banyaknya gelandangan sebab ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Sumber daya alam yang sulit terpenuhi sendiri

5 Dampak yang Mungkin Terjadi bila Tak Ada Lagi Pedesaan di Indonesiailustrasi hasil panen (unsplash.com/@ecasap)

Berbicara mengenai sumber daya alam, Indonesia termasuk negara yang tak akan ada habisnya untuk dibahas. Keanekaragaman sumber daya di Indonesia memang membuat negara ini menjadi lebih spesial dan lengkap. Melansir Facts of Indonesia, sumber daya biotik bahkan abiotik banyak tersebar di Indonesia, apalagi dengan pola wilayah yang berbentuk kepulauan.

Semua sumber daya alam tersebut biasanya sering dihasilkan dari daerah-daerah yang masih asri, seperti pedesaan. Hal berbeda justru akan terjadi bila pedesaan di Indonesia dihapuskan dan diganti dengan perkotaan. Bisa saja kebijakan ini justru merusak sumber daya alam yang ada.

Baca Juga: 5 Objek Wisata Pedesaan di Jabar, Cocok Jadi Tempat Berlibur Keluarga

3. Lahan yang semakin terbatas

5 Dampak yang Mungkin Terjadi bila Tak Ada Lagi Pedesaan di Indonesiailustrasi lahan terbatas (unsplash.com/@taylorsiebert)

Tak dapat dimungkiri bahwa Indonesia termasuk ke dalam deretan negara dengan area terluas. Dilansir Global Geografia, Indonesia memiliki lebih dari 17.500 pulau yang masing-masing memiliki ukuran berbeda, dari yang sangat luas seperti Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua, bahkan hingga pulau-pulau kecil lainnya.

Meski lahannya luas, namun jika pedesaan justru dikeruk dan diubah menjadi metropolitan, bukan tak mungkin jika luasnya akan semakin terbatas. Hal ini bisa semakin diperburuk jika populasi manusianya terus meningkat dan membuat banyak orang memerlukan lahan yang cukup untuk tempat tinggal.

4. Dampak jangka panjang dari kerusakan lingkungan

5 Dampak yang Mungkin Terjadi bila Tak Ada Lagi Pedesaan di Indonesiailustrasi kerusakan lingkungan (unsplash.com/@daveherring)

Isu mengenai kerusakan lingkungan dan penggundulan hutan memang sudah bukan lagi menjadi hal baru di Indonesia. Isu tersebut seakan terus merebak dan meningkat setiap tahunnya, namun terjadi penurunan pada tahun 2020. Dilansir Mongabay News, penurunan penggundulan hutan di Indonesia mencapai 75 persen di tahun lalu dan angka ini termasuk yang paling rendah jika dibandingkan sejak 1990.

Menjadi sinyal positif, namun hal ini akan berbeda jika seluruh wilayah Indonesia akan diubah menjadi pusat metropolitan. Jelas saja daerah pedesaan akan diratakan sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan dan penggundulan hutan di mana-mana.

5. Kemungkinan lenyapnya adat budaya setempat

5 Dampak yang Mungkin Terjadi bila Tak Ada Lagi Pedesaan di Indonesiailustrasi budaya lokal (unsplash.com/@cgram2000)

Tak hanya dikenal sebagai negara yang penuh keindahan alam, ternyata Indonesia juga menyimpan banyak tradisi dan kultur menarik di dalamnya. Hal ini jelas saja akan membuat Indonesia memiliki kesan tersendiri bagi negara-negara lainnya. Dilansir The Culture Trip, Indonesia menyimpan banyak sekali budaya, seperti kesenian, lukisan, musik, tarian, teater, dan masih banyak lagi.

Jika tak ada lagi pedesaan yang menyimpan budaya di Indonesia, maka secara perlahan semuanya akan semakin luntur. Orang-orang pun akan melakukan aktivitas layaknya kehidupan modern dengan melupakan segala kultur tradisional. Dampaknya akan membuat budaya sebuah negara menjadi lenyap.

Ternyata ada banyak kemungkinan buruk apabila pedesaan di Indonesia dilenyapkan dan diganti oleh kota metropolitan. Tak heran bila memang sebaiknya fungsi dari masing-masing pedesaan dan perkotaan tetap dihormati dan dipertahankan. Jangan sampai lenyapnya budaya dan kerusakan lingkungan jadi dampaknya, ya!

Baca Juga: 10 Wisata ala Kota Metropolitan di Asia Ini Mampu Memikat Hati

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya