Comscore Tracker

5 Tanda Kucingmu sedang Merasa Tak Nyaman, Jangan Diganggu!

Kucing juga bisa merasakan ketidaknyamanan dalam aktivitas

Kucing merupakan salah satu hewan yang seringkali berada di sekitar orang-orang. Hal ini karena memang kucing tidak hanya dikenal sebagai hewan jalanan, tapi juga kerap menjadi hewan peliharaan di rumah. Itulah mengapa keberadaannya menjadi cukup familiar bagi kebanyakan orang.

Di balik kelucuan dan kegemasan dari kucing, mereka tetaplah hewan yang juga memiliki emosi dan perasaannya tersendiri. Selayaknya manusia, kucing juga bisa merasakan ketidaknyamanan apabila dihadapkan dalam situasi tertentu. Untuk lebih memahami mengenai hal tersebut, maka kamu harus mengetahui beberapa tanda berikut ini bahwa kucingmu sedang merasa tidak nyaman.

1. Mengeluarkan suara-suara tak biasa

5 Tanda Kucingmu sedang Merasa Tak Nyaman, Jangan Diganggu!ilustrasi kucing (unsplash.com/@ricardotaylortio_l)

Kucing memiliki cara-cara yang berbeda dalam menunjukkan setiap emosi yang dirasakannya. Sama halnya apabila kucing merasa tidak nyaman dengan sekeliling mereka, maka mereka pun akan menunjukannya melalui suara.

Dilansir Human Society, kucing biasanya menunjukkan beberapa macam suara seperti berdesis, mengeong dengan keras, dan karakteristik suara lainnya yang dapat menjadi indikasi bahwa mereka merasa tidak nyaman dengan sekelilingnya. Jika sudah seperti ini, maka jangan sampai mengganggunya dan tinggalkanlah kucing sendirian.

2. Melarikan diri dan enggan berinteraksi

5 Tanda Kucingmu sedang Merasa Tak Nyaman, Jangan Diganggu!ilustrasi kucing (unsplash.com/@michaelsum1228)

Kucing juga memiliki preferensinya tersendiri apabila mereka ingin melakukan interaksi dengan orang lain. Biasanya mereka akan membaca situasi di sekitarnya terlebih dahulu, apakah mengancam ataukah cukup nyaman bagi mereka.

Mengutip PetMD, banyak kucing yang memilih untuk mengacuhkan orang lain dan menolak interaksi apa pun bila mereka merasa tidak nyaman. Hal tersebut bisa terjadi apabila mereka merasa terancam ataupun stres akibat hal-hal yang ada di sekitarnya. Jika sudah begini, maka jangan sampai memaksa kucing untuk tetap berinteraksi.

Baca Juga: 5 Tanda Anak Kucing yang Terlalu Cepat Dipisahkan dari Induknya

3. Mudah marah dan menunjukan sikap agresif

5 Tanda Kucingmu sedang Merasa Tak Nyaman, Jangan Diganggu!ilustrasi kucing (unsplash.com/@jacalynbeales)

Setiap kucing memang kadang kala memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengekspresikan rasa tidak nyamannya. Ada yang mungkin hanya sebatas menghindar, namun ada pula yang tak lagu dalam meluapkan ekspresi agresif terhadap manusia.

Bahkan ada beberapa tindakan agresif yang dapat dilakukan kucing apabila mereka merasa tidak nyaman, seperti menyerang, mencakar, memukul, menarik, dan masih banyak lagi, seperti dilansir Latin American Post. Hal seperti itu sebetulnya menunjukkan karakteristik kucing yang merasa stres dan tidak nyaman dengan sekelilingnya, sehingga para manusia harus peka dengan ciri demikian.

4. Berusaha untuk terus bersembunyi

5 Tanda Kucingmu sedang Merasa Tak Nyaman, Jangan Diganggu!ilustrasi kucing (unsplash.com/@karishea)

Tidak semua kucing dapat merasa nyaman dengan segala interaksi yang dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Ada pula beberapa kucing yang menganggap hal tersebut sebagai ancaman yang membuat mereka harus menghindarinya sebaik mungkin.

Biasanya kucing lebih memilih untuk bersembunyi apabila mereka merasa tidak nyaman. Cara tersebut dilakukan, sebab dapat membuat mereka merasa nyaman, aman, dan terlindungi dari hal-hal yang berbahaya, seperti dikutip Battersea Dogs & Cats Home. Tidak mengherankan apabila terkadang ada saja kucing-kucing yang mungkin menolak berinteraksi dan justru memilih untuk bersembunyi.

5. Menolak makan

5 Tanda Kucingmu sedang Merasa Tak Nyaman, Jangan Diganggu!ilustrasi kucing (unsplash.com/@mahathirr)

Ternyata kucing memiliki beberapa ciri yang sebetulnya mirip dengan manusia, apabila mereka sedang merasa tidak nyaman. Hal tersebut salah satunya adalah penolakan untuk memakan makanan yang dibutuhkannya sehari-hari.

Dilansir PetMD, biasanya apabila kucing tidak memiliki masalah apa pun secara fisik, maka bisa jadi ia menolak untuk makan karena merasa stres hingga depresi. Tidak mengherankan apabila kucing bisa sampai seperti itu apabila mereka memang benar-benar tidak nyaman dengan sesuatu. Dengan demikian, jangan sampai orang-orang justru memaksa kucing dan membuat mereka merasa semakin stres dengan keadaannya.

Ternyata memang ada banyak hal yang dapat diekspresikan oleh kucing apabila mereka merasa tidak nyaman. Dari berbagai perilaku tersebutlah mengapa pemilik kucing harus ekstra memperhatikan hewan peliharaannya. Jangan sampai acuh atau memaksakan mereka, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kucing Oranye Dianggap Lebih Galak dari Kucing Lainnya

Salsabila Manlan Photo Verified Writer Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya