Diteliti Ekornya, Spinosaurus Jadi Dino Pertama yang Bisa Berenang

Bentuk ekor yang tak biasa

Penelitian tentang hewan purba dinosaurus masih dilakukan oleh banyak ilmuwan sampai saat ini. Salah satu jenisnya adalah Spinosaurus aegyptiacus, dinosaurus teraneh yang pernah ditemukan.

Penelitian terbaru tentang Spinosaurus yaitu fosil ekornya yang ditemukan dan diteliti. Spinosaurus ini disebut-sebut sebagai dinosaurus pertama yang dapat berenang.

1. Ditemukan di Maroko

Diteliti Ekornya, Spinosaurus Jadi Dino Pertama yang Bisa Berenangfuturity.org

Dijelaskan dalam jurnal Nature, fosil ekor Spinosaurus ditemukan di Maroko. Fosil ekor tersebut memiliki panjang hampir dua kaki dengan banyak tulang belakang dan memberikan profil dayung. Pada ujung ekor adanya tonjolan bertulang yang membantu vertebra menghilang, ini membuat ujung ekor dapat berombak bolak-balik. Adaptasi ini membantu mereka untuk bergerak melalui ekosistem sungai yang menjadi rumah mereka.

Sebelum ditemukan peneliti, tulang Spinosaurus awalnya ditemukan pria lokal pada tahun 2008. Daerah di tenggara Maroko itu saat ini diamankan sebagai tempat penelitian dengan izin dari kementerian pemerintah setempat.

2. Dinosaurus yang tinggal di lingkungan air

Diteliti Ekornya, Spinosaurus Jadi Dino Pertama yang Bisa Berenangnationalgeographic.co.uk

Pada periode Cretaceous, beberapa kelompok reptil tinggal di lingkungan laut seperti ichtyosaurus yang seperti lumba-lumba dan plesiosaurus yang berleher panjang. Namun monster laut pada era dinosaurus itu masuk dalam kelompok berbeda dari keluarga reptil. Sementara itu dinosaurus asli telah lama dikenal sebagai hewan darat.

Saat ini dengan analisa bukti ekor yang ditemukan, Spinosaurus tidak hanya tinggal di pantai saja. Hewan ini diperkirakan mampu untuk melakukan pergerakan akuatik. Berdasarkan penelitian terbaru, disebutkan bahwa Spinosaurus menghabiskan banyak waktu di bawah air, mungkin memburu mangsa seperti buaya.