Comscore Tracker

Seperti Alien, Ilmuwan Menemukan Hewan Pertama yang Tak Bernapas!

Hidup walau tak bernapas

Salah satu tanda makhluk hidup yang diketahui masyarakat umum yaitu bisa bernapas. Baik itu hewan, tumbuhan, atau manusia, bernapas bisa jadi tanda kehidupan. Bernapas bisa dilakukan lewat beragam cara tak hanya lewat hidung, misalnya ada hewan yang bernapas dengan kulitnya.

Namun, ilmuwan rupanya menemukan hewan yang ternyata bisa hidup tanpa bernapas. Lalu bagaimana ia bisa hidup?

1. Henneguya salminicola

Seperti Alien, Ilmuwan Menemukan Hewan Pertama yang Tak Bernapas!sciencealert.com

Berbeda dengan semua hewan multiseluler lainnya di bumi, Henneguya salminicola tidak memiliki kesempatan untuk mengubah oksigen menjadi energi. Hewan yang satu ini menghabiskan seluruh hidupnya dengan menginfeksi jaringan otot padat ikan dan cacing bawah air. Penelitian yang menyebutkan bahwa hewan yang satu ini tidak bernapas dirilis melalui jurnal Proceedings of National Academy of Sciences.

2. Tidak memiliki mitokondria

Seperti Alien, Ilmuwan Menemukan Hewan Pertama yang Tak Bernapas!genome.gov

Penelitian yang dilakukan menggunakan analisis mikroskopis dan genomik. Hasilnya mengungkapkan bahwa tidak seperti semua hewan lainnya, H. salminicola tidak memiliki genom mitokondria yang merupakan bagian kecil namun penting yang ada di DNA. Di dalam mitokondria terdapat gen yang bertanggung jawab untuk respirasi atau pernapasan.

Baca Juga: 5 Hewan Paling Pemalu di Dunia, namun Ada yang Berbahaya

3. Parasit jinak

Seperti Alien, Ilmuwan Menemukan Hewan Pertama yang Tak Bernapas!sciencedirect.com

Ketidakhadiran mitokondria merupakan hal yang cukup unik untuk parasit. Sebagai parasit, H. salminicola ini relatif jinak. Seperti banyak parasit dari kelas myxozoa, H. salminicola mungkin lebih mirip dengan nenek moyang ubur-ubur. Namun ini secara bertahap mengalami evolusi sehingga tidak memiliki sifat multiselulernya.

"Mereka telah kehilangan jaringan mereka, sel-sel saraf mereka, otot-otot mereka, semuanya," kata rekan penulis studi Dorothée Huchon, seorang ahli biologi evolusi di Universitas Tel Aviv di Israel, kepada Live Science.

4. Seperti alien

Seperti Alien, Ilmuwan Menemukan Hewan Pertama yang Tak Bernapas!livescience.com

Tampilan H. salminicola saat keluar dari daging ikan putih terlihat seperti gumpalan uniseluler. Saat dilihat melalui mikroskop, spora ini terlihat seperti sel sperma kebiruan dengan dua ekor dan sepasang mata oval, layaknya alien. “Mata” itu merupakan sel yang menyengat namun tidak mengandung racun. Ini membantu parasit menempel pada inang saat dibutuhkan.

5. Cara mendapatkan energi

Seperti Alien, Ilmuwan Menemukan Hewan Pertama yang Tak Bernapas!newscientist.com

Sejauh ini, para peneliti tidak sepenuhnya yakin bagaimana H. salminicola mendapatkan energi jika tidak bernapas. Menurut peneliti, parasit serupa lainnya memiliki protein yang dapat mengimpor ATP langsung dari inangnya yang terinfeksi. H. salminicola bisa melakukan sesuatu yang serupa namun masih membutuhkan studi lebih lanjut untuk membuktikannya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Fakta 7 Parasit yang Bikin Kamu Geleng Kepala

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya