Sering Disebut Penanda Tsunami, Ini Fakta tentang Ikan Oarfish

Bermula dari cerita rakyat Jepang

Munculnya ikan oarfish kerap dihubungkan dengan tanda-tanda tsunami atau gempa bumi. Jenis ikan laut dalam ini sempat muncul ke permukaan baik itu di Jepang ataupun di negara lain seperti Indonesia.

Kemunculannya yang cukup jarang tersebut kemudian sering menjadi pemberitaan media. Tapi benarkah munculnya ikan oarfish bisa dihubungkan dengan bencana alam seperti gempa dan tsunami?

1. Cerita rakyat Jepang

Sering Disebut Penanda Tsunami, Ini Fakta tentang Ikan Oarfishchannel3000.com

Cerita rakyat asal Jepang, Ryugu no Tsukai,  menyebutkan jika ikan perak panjang seperti ular ini muncul dari kedalaman, maka sebuah gempa bumi besar akan terjadi. Beberapa ilmuwan sebelumnya sempat menjelaskan tentang cerita tersebut bahwa pergerakan lempeng tektonik bisa mendorong oarfish dan iklan laut dalam lainnya akan muncul ke laut dangkal.

2. Riset tak menemukan hubungan oarfish dan tsunami

Sering Disebut Penanda Tsunami, Ini Fakta tentang Ikan Oarfishanimalspot.net

Berdasarkan riset yang pernah dilakukan, rupanya tidak ditemukan korelasi antara penampakan oarfish dengan gempa bumi besar. Pada hasil penelitian yang dirilis di Bulletin of Seismological Society of America, disebutkan jika sulit mengkonfirmasi hubungan antara dua fenomena tersebut. Sulitnya mengetahui tentang kebiasaan dan perilaku ikan ini membuat penelitian tentangnya menjadi terbatas.