Apa yang Terjadi Dunia Tanpa Trigonometri? Kenali 5 Manfaatnya

Ternyata trigonometri berpengaruh pada pembuatan musik

Pelajaran matematika dianggap musuh bagi sebagian orang. Sulit dan rumit menjadi alasan utama tidak disukai. Bahkan, tak jarang menghindarinya saat di bangku sekolahan. Apa kalian termasuk salah satunya?

Trigonometri merupakan salah satu cabang matematika yang berkaitan dengan pengukuran sudut. Istilah trigonometri diambil dari gabungan kata bahasa Yunani yaitu trigonon berarti segitiga dan metron yang memiliki arti pengukuran. Lantas, mengapa trigonometri perlu dipelajari?

Banyak kegunaan trigonometri di kehidupan tanpa kita sadari. Apa sajakah? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Musik

Apa yang Terjadi Dunia Tanpa Trigonometri? Kenali 5 Manfaatnyailustrasi mendengarkan musik (pexels.com/cottonbro studio)

Irama yang berdendang tak lepas dari rutinitas harian. Musik menemani saat belajar, memasak, berkendara, atau sobat pelepas galau. Selera berbeda tiap orang, ada yang menyukai musik klasik, dangdut, jazz, populer, rock, dan lain sebagainya.

Jika kamu menghindari matematika dan memilih belajar musik, tampaknya keputusanmu kurang tepat. Kamu tetap akan mempelajari trigonometri dalam teori dan produksi musik. Gelombang suara diwakilkan dalam fungsi sinus dan cosinus pada grafis. Kemunculan grafis ini memudahkan komputer untuk membuat efek suara yang diinginkan. Selain itu, aplikasi sudut-sudut trigonometri membantu dalam penempatan speaker supaya kualitasnya bagus.

2. Arsitektur

Apa yang Terjadi Dunia Tanpa Trigonometri? Kenali 5 Manfaatnyailustrasi bangunan (pexels.com/Gashif Rheza)

Penggunaan trigonometri pada bidang arsitektur tidak diragukan lagi. Bentuk presisi dan penempatan sudut yang aman sangat penting dalam pembuatan bangunan. Arsitek akan menghitung secara teliti dari bagian terkecil hingga besar. Banyak bagian bangunan yang dihitung memakai trigonometri, mulai dari ketinggian struktur, sudut cahaya, kemiringan atap, permukaan tanah, serta fungsi-fungsi lainnya.

3. Ilmu forensik

Apa yang Terjadi Dunia Tanpa Trigonometri? Kenali 5 Manfaatnyailustrasi darah (pexels.com/cottonbro studio)

Ada lagi manfaat trigonometri yang mungkin belum kamu ketahui. Trigonometri berfungsi dalam ilmu forensik. Analisis pola noda darah (BPA) melakukan penyelidikan darah untuk mengetahui waktu, sifat, dan hal-hal yang berhubungan dengan bentuk kejahatan. Lewat bantuan trigonometri analis bisa menemukan sudut tumbukan serta menentukan tinggi seseorang.

4. Oseanografi

Apa yang Terjadi Dunia Tanpa Trigonometri? Kenali 5 Manfaatnyailustrasi laut (pexels.com/Jeremy Bishop)

Siapa yang menyukai keindahan biota bawah laut? Oseanografi atau ilmu kelautan mempelajari kehidupan organisme laut, gelombang laut, geologi dasar laut, zat kimia dan fisika di dalam laut, serta seluruh ekosistemnya.

Trigonometri dipakai untuk mengukur jarak dan tinggi pasang surut laut. Ketika ahli kelautan mencari makhluk laut, trigonometri digunakan untuk mengetahui jaraknya dan hewan tersebut. Ilustrasi ini terlihat familiar dengan soal yang ditemui saat menduduki bangku sekolah. Nyatanya, aplikasi ini benar terjadi di kehidupan sehari-hari.

5. Astronomi

Apa yang Terjadi Dunia Tanpa Trigonometri? Kenali 5 Manfaatnyailustrasi bintang (pexels.com/Pixabay)

Langit berbintang dan benda langit lainnya menjadi keindahan yang memuaskan mata. Ilmu astronomi ini yang mempelajari berbagai benda langit dan kejadian di luar Bumi. Salah satu fungsi trigonometri dalam astronomi yaitu untuk menghitung jarak bintang dan bintang di luar angkasa.

Meskipun sulit mempelajari trigonometri, namun banyak sekali manfaat yang didapatkan. Dari sedikit ulasan di atas masih banyak lagi manfaat trigonometri di kehidupan sehari-hari. Sesuatu yang dipelajari tidak mungkin menjadi sia-sia di kemudian hari.

Septin SLD Photo Verified Writer Septin SLD