Comscore Tracker

Meski Populer, 5 Keunikan Hewan Laut Ini Justru Jarang Kita Tahu 

Banyak fakta unik yang tidak kamu sangka, lho!

Tahukah kamu bahwa tidak hanya tubuh manusia yang 80 persen terdiri dari komponen air, tapi bumi kita juga tak mau kalah karena bagian terbesar dari bumi adalah lautan dan samudera yang luasnya mencapai sekitar tiga per empat dari luas daratan. Pada saat di laut, kita dapat menemukan berbagai hewan laut yang unik, tidak hanya ikan saja melainkan juga ada penyu, bintang laut, kepiting, gurita, dan masih banyak lagi.

Masing-masing hewan diciptakan mempunyai cara tersendiri untuk beradaptasi dan bereproduksi meneruskan keturunannya. Dengan demikian, tak dapat dimungkiri bahwa hewan laut juga mempunyai ciri khas masing-masing.

Hewan laut berikut ini meskipun namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita tetapi ada beberapa fakta yang masih belum kita ketahui loh dari hewan-hewan laut ini. Simak lima keunikan hewan laut ini agar pengetahuan kamu akan bidang sains terisi kembali. Check this out !

1. Amuba

Meski Populer, 5 Keunikan Hewan Laut Ini Justru Jarang Kita Tahu ogrenmen.com

Amuba adalah hewan yang tidak bisa dilihat secara langsung, kamu dapat melihat bentuknya dengan menggunakan bantuan mikroskop. Biasanya binatang ini hidup di dalam lubang dan rawa-rawa, atau pada bebatuan di dasar laut. Amuba adalah binatang bersel satu yang bentuknya sangat kecil. Ketika bergerak, seluruh anggota tubuhnya menyatu dan menopangnya.

Ia memfungsikan seluruh anggota tubuhnya layaknya sebuah kaki untuk berpindah ke tempat yang diinginkannya. Oleh sebab itulah, gumpalan tubuh amuba disebut sebagai kaki palsu. Tubuhnya terdiri atas gumpalan yang selalu berubah-ubah bentuk sesuai dengan kondisi dan kebutuhannya.

Lalu bagaimana seekor amuba mendapatkan makanannya? Ia akan menangkap makanan tersebut dengan gumpalan-gumpalannya. Pada saat itu juga, amuba akan menyemprotkan cairan zat asam lalu memakannya, sedangkan sisa makanan akan dikeluarkan kembali dari tubuhnya.

Cara bernapas amuba pun cukup unik, yaitu melalui seluruh anggota tubuhnya yang berfungsi mengambil oksigen dari air. Ketika ia telah mencapai batas pertumbuhannya, maka tubuhnya akan terbagi menjadi dua, kemudian setiap bagiannya akan menjelma menjadi individu baru.

2. Starfish/Bintang Laut

Meski Populer, 5 Keunikan Hewan Laut Ini Justru Jarang Kita Tahu unsplash.com/Lars Zhang

Kamu pasti mengenal binatang yang satu ini, apalagi kalau kamu penggemar serial kartun favorit kita semua yaitu SpongeBob Squarepants, tokoh Patrick digambarkan sebagai seekor starfish yaitu binatang yang bentuknya seperti bintang.

Tubuhnya terdiri atas gumpalan-gumpalan yang bentuk, panjang, dan besarnya sama dengan yang lainnya. Bagian atasnya memiliki warna lebih gelap daripada bagian ekor. Gumpalan-gumpalan keras yang terdapat pada tubuhnya dapat mengeluarkan duri-duri sehingga rumput-rumput, serangga atau bahkan kotoran semuanya dapat menempel pada tubuhnya.

Maka dari itu, tubuh hewan jenis ini dilengkapi benda-benda kecil yang menyerupai jepitan. Benda tersebut berfungsi untuk menjaga kebersihan tubuhnya dengan menjepit kotoran-kotoran yang menempel pada duri-durinya.

Dalam urusan memangsa, starfish mempunyai cara yang unik. Ketika menemukan kerang, ia akan merangkul kerang tersebut dengan gumpalan-gumpalannya, kemudian bagian atas tubuhnya mengatup.

Sementara itu, kakinya secara menyilang menempel pada kedua kulit kerang dengan kuat sehingga dengan kekuatan kakinya, ia mampu membuka kulit kerang tersebut. Starfish mempunyai kulit yang lembut. Jika kerang, secara kebetulan membentur kulit tersebut, ia akan menempel selama beberapa saat hingga kekuatan kakinya, starfish mampu membuka kulit kerang tersebut.

Karena mempunyai kulit yang lembut, jikalau kerang menyentuh kulit tersebut ia akan menempel selama beberapa saat hingga kekuatannya hilang. Selanjutnya, starfish akan membuka kulit kerang itu dengan paksa. Ketika kulit kerang sudah terbuka, starfish akan mengeluarkan benda dari dalam mulutnya. Benda ini berfungsi untuk melilit tubuh kerang, kemudian menyerap semua yang ada di dalam kulitnya.

Sama halnya dengan seekor cicak starfish juga melakukan autotomi, sehingga ketika salah satu lengannya putus ia akan mampu tumbuh kembali. Pemutusan lengan berfungsi untuk melindungi diri dari predator laut. Proses pertumbuhan lengan ini biasanya berlangsung sekitar satu tahun.

Baca Juga: 8 Fakta Iguana Laut, Satu-satunya Kadal yang Bisa Berenang di Laut

3. Fitoplankton

Meski Populer, 5 Keunikan Hewan Laut Ini Justru Jarang Kita Tahu beke.co.nz

Dikenal sebagai organisme yang tidak kasat mata dan kebanyakan hanyut di lautan, danau, sungai, dan badan air lainnya. Organisme ini terbawa oleh arus air, berbeda dengan organisme nekton yang dapat melawan pergerakan arus air, sedangkan organisme bentik hidup di bawah permukaan air. Hebatnya, mereka adalah produsen dalam rantai makanan yang kaya energi seperti karbohidrat dari molekul anorganik sederhana dengan menggunakan energi dari cahaya atau energi akibat reaksi kimia anorganik.

Jika ingin melihatnya tanpa bantuan mikroskop, kamu harus memperhatikan kehadirannya secara detail karena jika dilihat dalam jumlah yang cukup tinggi, mereka akan muncul berwarna kehijauan.

Hal ini disebabkan adanya zat klorofil dalam sel mereka meskipun pigmen dalam fitoplankton ini bervariasi. Selain sebagai produsen makanan di lautan, ia juga berperan penting pada sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.

Fitoplankton adalah jenis binatang autotrof  karena mereka dapat mengambil energi dari lingkungan dalam bentuk sinar matahari atau bahan kimia anorganik. Mereka menggunakannya untuk membuat molekul yang kaya energi seperti karbohidrat mekanisme biasanya disebut sebagai produksi primer.

4. Gurita

Meski Populer, 5 Keunikan Hewan Laut Ini Justru Jarang Kita Tahu unsplash.com/Serena Repice Lentini

Mungkin kalian baru tahu selama ini bahwa seekor gurita tidak mempunyai gigi, taring dan juga hewan yang bukan berotot. Meskipun begitu, ia tidak mendekati mangsanya, kecuali berhasil menangkapnya. Kadang-kadang manusia pun menjadi mangsanya.

Gurita adalah hewan dengan gumpalan daging bergetah. Jika jarak dia dengan korban sudah dekat, gumpalan daging ini akan terbuka seketika. Gurita memiliki delapan lidah, setiap lidah terdiri atas dua buah baris mulut setiap baris gerigi sebagai pengisap darah. Jadi, setiap gurita memiliki empat ratus gerigi.

Ia menggulung mangsanya dengan lidah-lidah yang telah disesuaikan dengan kekuatan korban. Cengkeraman yang paling kuat yaitu ketika dia mempergunakan kelima lidahnya. Sedangkan dilakukan agar mangsanya benar-benar dikuasai dalam cengkeramannya.

Selanjutnya, gigi-giginya akan melilit tubuh mangsanya dan mengisap darahnya hingga habis. Hebatnya semuanya terjadi dalam sekejap. Hal yang paling menakjubkan adalah lidah-lidah gurita tidak dapat dipotong dengan alat apa pun karena terdiri atas getah yang tidak mempan oleh senjata mematikan sekalipun.

5. Bunga Karang

Meski Populer, 5 Keunikan Hewan Laut Ini Justru Jarang Kita Tahu sciencestruck.com

Dari namanya saja sudah membingungkan ya, bunga karang adalah sejenis hewan laut yang benar memang bentuknya menyerupai suatu tumbuh-tumbuhan. Atas jasa Robert Grant yang berhasil mematahkan pendapat Allece pada tahun 1765 menetapkan bunga karang adalah salah satu jenis tumbuh-tumbuhan laut. Namun ia juga terjebak dalam keraguan atas penelitiannya yang dilakukannya tersebut. Akhirnya, pada tahun 1825 Robert mengemukakan bahwasannya bunga karang adalah sejenis hewan laut.

Seluruh bagian tubuhnya diliputi oleh pori-pori kecil dan lubang pada bagian atasnya. Melalui pori-pori inilah, air yang mengandung unsur makanan kemudian sisa makanan tersebut keluar melalui lubang pada bagian atas.

Bentuknya yang bermacam-macam, ada yang dari paling kecil hingga tidak dapat terlihat sampai yang paling besar bentuknya. Warnanya pun menarik untuk dipandang seperti warna kuning, oranye, merah, biru, dan hijau.

Itu dia fakta unik dari hewan laut yang jarang kita ketahui, bagaimana sudah bertambah ilmu kan hari ini?

Baca Juga: 7 Zona Kedalaman Laut dan Jenis Hewan yang Hidup di Sana, Tengok yuk!

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya