Comscore Tracker

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!

Menjadi inspirasi dari anime Vinland Saga

Reputasi adalah hal terpenting bagi bangsa Viking. Di mata mereka, perbuatan seseorang adalah satu-satunya hal yang akan bertahan lama setelah mereka meninggal dunia. Entah apakah itu dengan mengeksplorasi, menaklukkan, merampok atau membunuh, mereka terus berusaha untuk membuat prestasi selama hidupnya.

Artikel ini akan menceritakan kembali kisah 7 raja Viking yang telah membuat pencapaian legendaris. Berikut daftarnya.

1. Harald Fairhair, raja pertama Norwegia

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!norskk.com

Artikel ini tidak akan lengkap tanpa menyebutkan Harald Fairhair atau Harald I dari Norwegia di dalamnya. Terlepas dari kisah pseudo-mistisnya, sebagian besar sejarawan percaya kalau Fairhair benar-benar eksis walau kisah aslinya mungkin tidak sedramatis yang sering digambarkan dalam saga Nordik.

Mengutip dari Britannica, dia adalah raja kecil di Norwegia yang mampu menaklukkan beberapa kerajaan tetangganya dan menguasai sebagian besar wilayah Norwegia modern. Menurut sebuah puisi yang ditulis pada abad ke-13, Heimskringla, Pertempuran Hafrsfjord adalah momen penting bagi kerajaan Harald.

Bertanggal antara tahun 870 dan 900, itu adalah sebuah pertempuran besar yang melibatkan banyak raja kecil Norwegia. Namun ,satu-satunya raja yang disebutkan di dalam beberapa sumber sejarah hanyalah Kjovte the Rich yang konon melarikan diri setelah kalah dari Harald.

Lokasi yang diyakini sebagai tempat pertempuran ditandai dengan monumen pedang setinggi 10 meter. Pada masanya, Harald berhasil mendirikan blok kekuatan paling berpengaruh di Norwegia, yang akhirnya akan membentuk Kerajaan Norwegia di kemudian hari.

2. Rurik, sang pendiri Rusia

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!en.topwar.ru

Dinasti Rurik adalah salah satu dinasti yang paling lama berkuasa dalam sejarah manusia. Mereka adalah penguasa di Rusia dari zaman Viking hingga pemerintahan Ivan IV (Ivan yang Mengerikan). Singkatnya, monarki Rusia didirikan oleh seorang Viking.

The Primary Chronicle of Russia, yang disusun pada tahun 1113, menceritakan kisah tentang pembentukan Dinastik Rurik. Menurut kronik tersebut, orang-orang Slavia yang tinggal di wilayah Ukraina dan Rusia modern mengundang Rurik dan dua saudara laki-lakinya untuk memerintah mereka.

Mereka melakukannya karena mereka berharap pada Rurik untuk menegakkan hukum dan ketertiban di antara mereka. Setelah kematian saudaranya di sekitar tahun 862, Rurik mengangkat dirinya sebagai penguasa Novgorod.

Beberapa sejarawan di masa lampau mempertanyakan keaslian cerita yang diceritakan dalam kronik tersebut, walau sebagian besar sejarawan modern menerimanya sebagai fakta. Seperti yang diketahui, Rurik sendiri adalah seorang Varangian yang pernah melayani Kaisar Bizantium.

Selain itu, ada bukti pengaruh budaya Viking yang signifikan di wilayah Rusia dan Ukraina modern. Musafir Arab, Ahmad ibn Fadlan, juga mengaku telah bertemu dengan bangsa Viking saat melakukan perjalanan melalui "tanah Rus" (Rusia).

3. Sitric Cáech dan Pertempuran Islandbridge

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!prisonersofeternity.co.uk

Bangsa Viking memiliki sejarah panjang di Irlandia. Kota Dublin sendiri awalnya didirikan sebagai pusat perdagangan budak bangsa Viking. Mereka sangat berpengaruh di sana, sampai diusir dari Dublin oleh pasukan gabungan beberapa raja Irlandia. Sitric Cáech adalah salah satu dari Viking yang terusir ini.

Merasa terhina, ia pun mencoba untuk menaklukan kembali Irlandia, yang memuncak pada Pertempuran Islandbridge pada tahun 919. Pertempuran itu menjadi kemenangan telak bagi Sictric. Ia akhirnya memerintah sebagai raja Dublin selama tiga tahun setelahnya sampai ia kembali ke daratan Inggris untuk memerintah Kerajaan Northumbria.

Baca Juga: 10 Film Bertema Viking yang Wajib Ditonton Penggemar Kapal Perompak

4. Harald Bluetooth dan benteng legendarisnya

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!expeditioneslinguarum.com

Harald Bluetooth atau Harald I dari Denmark adalah seorang raja Denmark yang telah mengubah Denmark dari daerah terpencil menjadi sebuah kerajaan yang kuat. Rencana Harald untuk menciptakan pemerintahan berpusat di benteng cincin (Trelleborg) Aarhus.

Benteng ini menjadi pusat administrasi, tempat pengumpulan pajak dan tempat bagi raja-raja Denmark untuk mengumpulkan pasukan mereka. Harald membangun beberapa benteng serupa di dekat laut dan di sepanjang jalur darat Viking. Sayangnya, ia justru digulingkan oleh putranya sendiri, Sweyn, yang nantinya akan menaklukkan Inggris.

5. Sweyn Forkbeard dan penaklukan Inggris

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!thevintagenews.com

Sweyn Forkbeard menjadi raja Viking pertama di seluruh Inggris pada tahun 1013, meskipun dia hanya memerintah selama lima minggu sampai kematiannya. Pada zaman Sweyn, bangsa Viking telah menetap di dataran Inggris selama hampir 200 tahun tetapi tidak pernah berhasil menaklukkan seluruh kerajaan tersebut.

Bangsa Viking memerintah bagian timur laut Inggris sampai akhir pemerintahan Eric Bloodaxe pada tahun 954, ketika mereka diusir dari sana. Jadi, ketika raja Inggris memerintahkan pembantaian massal kepada bangsa Viking yang tinggal di Inggris pada 1002, Sweyn langsung merencanakan invasi besar-besaran ke sana.

Mengutip dari Historic UK, invasi pertama mereka dimulai pada 1003, menyebabkan kehancuran di seluruh Inggris sampai Ethelred the Unready membayar Sweyn agar menghentikan serangannya. Sepuluh tahun kemudian, Sweyn kembali dengan pasukan yang lebih besar untuk merebut Inggris.

Para bangsawan Inggris, yang mulai gentar dengan keganasan bangsa Viking, akhirnya mengasingkan Ethelred dan menyatakan Sweyn sebagai raja Inggris. Sementara pemerintahan Sweyn tidak bertahan lama, invasinya telah membuka jalan bagi invasi Viking yang akan dipimpin oleh anaknya, Cnut.

6. Cnut yang Agung dan Kerajaan Laut Utara

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!historyanswers.co.uk

Setelah kematian Sweyn, putranya, Cnut, bertanggung jawab atas tentara ayahnya di Inggris. Para bangsawan Inggris, yang melihat kesempatan emas ini, memilih untuk memulangkan Ethelred sehingga memaksa Cnut untuk melarikan diri ke Denmark.

Di sana, Cnut mulai mengumpulkan pasukan yang lebih besar dan bahkan meminta saudaranya (sekaligus saingannya), Harald II dari Denmark untuk membantunya. Polandia, Swedia, dan Norwegia berbondong-bondong bergabung di bawah panjinya. Cnut pun berhasil mendarat di Wessex pada tahun 1015 dengan membawa 10.000 orang di belakangnya.

Raja baru Inggris, Edmund Ironside, menghadapinya di Pertempuran Assandun, di mana Cnut memenangkan pertarungan tersebut. Cnut juga menjadi raja Denmark setelah kematian Harald pada 1018 dan akhirnya menaklukkan Norwegia pada 1028.

Meskipun awalnya berperang melawannya, orang Inggris sangat setia kepada Cnut pada masa pemerintahannya. Ia bahkan bertemu dengan paus dan kaisar Jerman untuk membina hubungan ekonomi di antara mereka.

Penyatuan tiga kerajaan (Inggris, Denmark dan Norwegia) membuat Cnut menjadi raja terkuat di Benua Eropa pada saat itu. Di kemudian hari, kerajaannya lebih dikenal sebagai Kerajaan Laut Utara.

7. Olaf III, sang raja terakhir Viking

7 Kisah Raja Viking dan Pencapaian Legendaris Mereka, Epik!thefamouspeople.com

Artikel ini akan diakhiri dengan kisah dari raja terakhir bangsa Viking, Olaf III atau yang dikenal sebagai Olaf yang Damai. Meskipun tidak suka berperang atau haus darah seperti para pemimpin Viking lainnya dalam daftar ini, Olaf adalah seorang politikus hebat yang secara efektif menciptakan negara modern Norwegia.

Olaf mungkin mendapatkan sedikit pengaruh dari invasi ayahnya, Harald III, ke Inggris pada 1066. Meski begitu, dia tetap menjadi seorang pasifis yang membuat Norwegia tidak berperang selama seperempat abad.

Olaf pun mengubah Norwegia menjadi sebuah kerajaan yang "normal" dengan menarik gereja Norwegia agar sejalan dengan ajaran Gereja Roma dan membangun kembali keuskupan Norwegia. Diyakini juga kalau dia adalah raja Viking pertama yang belajar membaca.

Pada masa pemerintahannya, ia membangun pengadilan bergaya Eropa di kerajaannya, lalu memperkenalkan budaya aristokrat Abad Pertengahan ke Norwegia. Untuk pertama kalinya, banyak hukum Norwegia yang dibuat secara tertulis pada masa pemerintahan Olaf.

Seperti yang sudah diketahui, sejarah bangsa Viking sudah sering diadaptasi ke dalam karya tulis maupun layar lebar. Bahkan, ada banyak serial anime yang memakai latar peradaban Viking, salah satunya adalah Vinland Saga.

Baca Juga: 8 Mitos Bangsa Viking yang Dipercaya oleh Banyak Orang

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya