Comscore Tracker

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiah

Dijelaskan dengan cara yang menarik juga lho

Sebagian besar dari kita mungkin sering menemukan pertanyaan yang belum terjawab dari hal-hal sederhana di sekitar kita. Hal ini bukan karena kurangnya penjelasan, tetapi karena pertanyaannya sangat umum sehingga cenderung tidak menarik bagi penelitian. Namun jangan salah, pertanyaan yang umum seringkali memiliki jawaban yang lebih menarik, bukan?

Berikut 8 pertanyaan umum di sekitar kita dengan penjelasan yang ilmiah.

1. Apakah banteng benar-benar membenci warna merah?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahelpais.com

Pada tahun 2007, Discovery Channel menguji "fakta" ini. Saluran MythBusters mencoba untuk membuat jengkel banteng dengan tiga tes. Pertama, para peneliti menaruh tiga bendera di kandang banteng. Hasilnya, banteng tersebut langsung menyerang bendera warna merah, namun berlari juga ke arah bendera warna biru dan putih.

Tes kedua menempatkan tiga boneka dengan warna yang sama di atas ring. Banteng itu kembali menyerang semua boneka tersebut, tetapi menyerang boneka warna putih dan biru terlebih dahulu.

Selama percobaan terakhir, ia mengabaikan seorang pria berpakaian merah yang diam dan mengejar dua orang yang berlari di sekitar ring dengan warna pakaian yang berbeda. Jadi fakta yang benar adalah, bahwa banteng tidak bisa melihat warna merah, yang membuatnya marah adalah gerakan dari sang matador.

2. Mengapa sendi kita mengeluarkan bunyi "krek" saat diregangkan?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahmirror.co.uk

Cracking joint adalah hal yang biasa. Dokter menyebut bunyi retakan ini dengan istilah "crepitus." Persendian yang terpisah menimbulkan gelembung gas dalam cairan di antara tulang-tulang.

Pertama kali fenomena ini mendapat studi yang serius adalah pada tahun 1947. Keluarnya suara dari gelembung gas tersebut masih menjadi perdebatan. Beberapa ilmuwan percaya bahwa "semburan" itu adalah suara gelembung yang pecah.

Pada tahun 2015, pencitraan real-time menyelesaikan perdebatan tersebut. Crepitus disebabkan oleh gelembung yang dibentuk, bukan gelembung yang pecah. Sendi dapat memisahkan dan membentuk gelembung gas karena beberapa alasan.

Pertanyaan lain menggiring fenomena ini seperti, apakah jari-jari yang sengaja "dipatahkan" akan menyebabkan artritis? Jawabannya adalah tidak, karena seorang peneliti sudah membuktikannya.

Untuk menemukan jawabannya, ia memecahkan buku-buku jarinya selama 60 tahun. Dia melakukan ini hanya dengan satu tangan. Ketika tangannya dipindai, tidak ada yang menunjukkan gejala radang sendi atau penyakit sendi lainnya.

3. Mengapa kita bisa mendapat kejutan statis?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahchildzo.com

Kebanyakan orang sering mendapat kejutan statis. Fenomena ini dapat berasal dari gagang pintu atau benda logam lain, bahkan dari sela-sela jari manusia. Sengatan yang tidak berbahaya ini rupanya berasal dari listrik statis.

Jenis muatan ini terkumpul di permukaan, contohnya seperti karpet. Ketika seseorang berjalan melintasi ruangan berkarpet, dia pasti akan merasakan dan mengambil jutaan elektron ekstra ke tubuhnya. Ketika orang ini menyentuh sesuatu yang konduktif, elektron melepaskan diri ke objek lain dengan sensasi yang mengejutkan.

Terkadang, prosesnya terjadi secara terbalik. Elektron meninggalkan tubuh seseorang, dan elektron ekstra dari suatu benda akan melompat ke jari mereka. Selain itu, musim dingin tampaknya menjadi "musim kejut," dengan peningkatan peluang yang lebih tinggi untuk tersengat listrik oleh mobil sendiri atau benda logam apa pun.

Karena kelembaban udara lebih rendah di musim dingin, elektron menjadi menumpuk. Akhirnya, jutaan elektron terpusat pada satu semburan yang menyakitkan.

Baca Juga: 5 Peristiwa Sains Penting di Paruh Pertama 2019, Ada Obat HIV

4. Mengapa beberapa orang menarik lebih banyak nyamuk?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahyearofcleanwater.org

Selalu ada saudara atau teman kita yang menjadi magnet nyamuk. Bahkan ketika orang lain berada di ruangan yang sama, dia menarik lebih banyak gigitan nyamuk. Para ilmuwan tahu bahwa ini bukan situasi imajiner. Nyamuk tampaknya lebih menyukai beberapa jenis manusia daripada yang lain.

Kebiasaan makan serangga telah dipelajari secara rinci. Hal yang menarik adalah, tampaknya dua dugaan populer seperti golongan darah atau pigmen kulit tidak ada hubungannya dengan pilihan nyamuk. Sebaliknya, nyamuk lebih tertarik pada sesuatu yang hidup di kulit manusia.

Manusia tidak hanya menjadi "tuan rumah" bagi nyamuk, mereka juga menyediakan lingkungan yang sempurna bagi jutaan jamur dan bakteri. Campuran spesies itu tergantung pada hal-hal yang kita sentuh, makan, dan kenakan setiap harinya.

Setiap populasi mikro memancarkan senyawa organik, dan sekali lagi, variasi aroma makhluk hidup tergantung dari kombinasi spesies yang ada di dalamnya. Nyamuk mencari aroma dari kombinasi yang sangat menarik. Apa yang masih belum dipahami para peneliti adalah mengapa mereka lebih menyukai satu aroma daripada aroma lainnya.

5. Mengapa banyak hidung yang rusak pada patung-patung Mesir?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahnewsbeezer.com

Mesir kuno terkenal dengan para senimannya. Secara khusus, pemahat Mesir kuno menghasilkan patung dalam jumlah besar. Tokoh-tokoh itu menggambarkan firaun, individu elit, binatang, dan dewa.

Para peneliti dan publik dengan cepat memperhatikan bahwa banyak patung Mesir yang memiliki satu kesamaan, hidung mereka hilang. Entah orang Mesir kuno canggung secara tidak normal atau ini adalah kerusakan yang disengaja.

Kembali ke masa itu, ukiran bukan hanya ditunjukkan sebagai karya seni mati, tetapi dianggap memiliki kekuatan hidup. Sebuah upacara yang sering dilakukan memakai minyak dan benda tertentu untuk memberikan kehidupan ke dalam patung. Energi ini diyakini masuk dan keluar melalui hidung patung, layaknya bernafas.

Ketika mereka akan menonaktifkan kekuatan hidup patung, hidung patung pun dipotong. Hal ini dilakukan untuk "membunuhnya." Kebiasaan tersebut tersebar luas, dan banyak sekali patung yang kehilangan hidung mereka. Alasan lainnya adalah untuk menghentikan para penjarah, karena banyak patung yang dijadikan sebagai pelindung kuil dan makam.

6. Mengapa tidak ada yang bisa merasakan putaran bumi?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahwonderopolis.org

Pada saat ini, Bumi berputar sekitar 1.675 kilometer per jam (1.040 mph) di Ekuator. Namun tidak ada yang bisa merasakan kecepatan sangat tinggi yang disebabkan oleh rotasi planet ini. Alasannya sederhana.

Kita dan lingkungan sekitar bergerak dengan kecepatan yang sama. Itu adalah alasan yang sama mengapa penumpang dapat dengan nyaman berjalan di dalam kabin saat pesawat meluncur di langit. Segala sesuatu di dalam pesawat — manusia, perabot, dan udara — bergerak dengan kecepatan yang sama.

Jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar atau mengubah kecepatannya secara tiba-tiba, bencana akan terjadi. Pengereman mendadak tersebut akan dirasakan oleh semua orang. Bukan hanya karena Bumi berhenti atau melambat, pada saat ini seluruh atmosfer planet juga bergerak dengan kecepatan yang sama dengan yang lainnya.

Namun, jika Bumi tiba-tiba berhenti, atmosfer akan terus bergerak dengan kecepatan yang sama dengan planet yang bergerak. Efeknya seperti pisau cukur yang akan mencukur segala sesuatu dari permukaan planet ini.

7. Mengapa kita dapat mencium bau hujan?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahunsplash/Jack Finnigan

Hujan tidak memiliki aroma. Sudah menjadi rahasia umum bahwa air tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Namun, tak lama sebelum hujan mulai turun, ada aroma yang berbeda. Bau itu terasa segar dan hampir secara seragam digambarkan menyejukkan. Jika bukan dari hujan, lalu dari mana datangnya bau tersebut?

Dalam istilah yang lebih ilmiah, aroma ini disebut petrichor. Aroma ini tidak berasal dari awan atau udara. Petrichor adalah kombinasi minyak nabati dan senyawa kimia dari mikroorganisme yang disebut actinobacteria. Ketika makhluk hidup mengubah bahan organik menjadi bahan kimia, alkohol yang disebut geosmin ikut terbentuk.

Geosmin bukanlah komponen utama dalam petrichor, tetapi hidung manusia juga sangat sensitif terhadapnya. Tepat sebelum hujan turun, kelembaban naik dan membuat tanah menjadi lembab.

Hal ini memberi energi pada actinobacteria, dan lonjakan level geosmin. Senyawa petrichor dilepaskan ke udara ketika tetes pertama hujan menghantam tanah. Tetes hujan mengubah petrichor menjadi aerosol, yang dengan cepat menyebar terbawa angin dan mengingatkan manusia akan hujan yang akan datang.

8. Mengapa Panda suka memakan bambu?

8 Pertanyaan Umum dan Aneh yang Dapat Dijelaskan Secara Ilmiahinternasional.kompas.com

Beruang bukanlah herbivora. Namun Panda Raksasa China hidup secara eksklusif dengan memakan bambu. Secara ilmiah, profil energi panda (dari segi proses pencernaan protein) lebih mirip seperti kucing dan serigala daripada hewan herbivora lainnya.

Penemuan yang mengejutkan memecahkan pertanyaan yang tidak biasa ini. Setelah berbulan-bulan mengikuti panda di alam liar, para ilmuwan menemukan fakta bahwa Panda kebanyakan memakan bambu yang kaya protein. Mereka bahkan bermigrasi untuk mencari spesies bambu yang tumbuh ketika musim berubah.

Kejutan datang ketika tim menganalisis kotoran panda. Rupanya bambu telah diproses oleh usus panda seolah-olah itu adalah daging.

Faktanya, begitu banyak protein yang telah diekstraksi sehingga cocok dengan diet hypercarnivores (hewan yang memperoleh lebih dari 70% makanan mereka dari hasil buruan) yang mereka lakukan. Tampaknya panda berevolusi untuk memproses tanaman ini sebagai "daging" untuk bertahan hidup di dalam hutan bambu.

Nah itu tadi 8 pertanyaan umum dengan penjelasan ilmiah. Apakah kamu memiliki penjelasan tersendiri mengenai pertanyaan-pertanyaan di atas?

Baca Juga: Kenapa Kucing Terlihat Seperti Memakai Kaus Kaki? Ini 7 Fakta Sainsnya

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You