Comscore Tracker

9 Teori Paling Gila Seputar Film Horor Hollywood, Percaya?

Hati-hati, ada spoiler!

Film-film bagus selalu memicu teori liar, tak terkecuali film horor. Seperti kebanyakan film lainnya, teori penggemar selalu muncul dari dalam film horor terkenal. Daftar di bawah ini akan membahas beberapa teori tersebut. Sebelumnya, perlu diingatkan kalau ada spoiler di dalam artikel ini. Berikut daftarnya!

 1. Texas Chain Saw Massacre (1974)

https://www.youtube.com/embed/pm-iurWBNKM

Texas Chain Saw Massacre adalah sebuah horor klasik yang selalu ditonton ulang oleh para pecinta film. Tokoh antagonis di dalamnya, Leatherface, selalu memakai topeng yang terbuat dari kulit manusia dan membawa gergaji mesin untuk membunuh para korbannya.

Fakta kalau karakter Leatherface terinspirasi dari pembunuh sungguhan bernama Ed Gein semakin menambah kengerian film ini. Oleh karena itu, banyak yang mengira kalau Leatherface adalah seorang pria. Namun, teori dari Reddit justru mengatakan kalau pembunuh gila itu adalah seorang wanita.

Buktinya terlihat ketika dia menggunakan lipstik dan perona pipi ke topengnya. Leatherface juga memiliki suara yang tidak lazim seperti pria pada umumnya. Namun sekali lagi, ini semua hanyalah teori karena pemeran Leatherface sendiri adalah seorang aktor bernama Gunnar Hansen. 

2. Carrie (1976)

https://www.youtube.com/embed/u4oX6-iqU7o

Carrie adalah film yang menyindir bullying. Film ini diadaptasi dari novel pertama Stephen King dengan judul yang sama. Setelah rilis di tahun 1976, film ini dibuat ulang pada tahun 2013. Seperti film adaptasi Stephen King lainnya, ada banyak teori seputar plot di dalamnya.

Salah satunya menyebutkan kalau Matilda, tokoh utama dalam novel karangan Roald Dahl, akan tumbuh menjadi Carrie. Diceritakan kalau Matilda dan ibunya, Nyona Honey, mengubah nama mereka ketika pindah ke Chamberlain, Maine. Matilda menjadi Carietta sedangkan ibunya menjadi Margaret.

Sama seperti ibu Carrie, Nyona Honey berubah menjadi sangat religius sehingga Matilda/Carietta menyembunyikan kemampuan telekinetiknya, yang kemudian mengarah ke awal kisah Carrie. Jadi pada dasarnya, teori ini menyebutkan kalau Matilda adalah prekuel dari Carrie.

3. The Cabin in the Woods (2011)  

https://www.youtube.com/embed/NsIilFNNmkY

Dibintangi oleh Chris Hemsworth, film remake ini sempat mengejutkan para penonton pada saat perilisannya, terutama kerena pendekatan baru dan alur cerita yang masif di bagian akhir. Melansir dari laman MTV, sebuah teori penggemar mengatakan kalau karakter yang dibintangi oleh Hemsworth, Curt Vaughan, sudah tahu semuanya sejak awal film.

Hal ini dibuktikan dengan fakta kalau Curt lah yang telah "membawa" teman-temannya ke dalam kabin. Bukti lain menunjukkan kalau Curt tahu pacarnya, Jules, harus mati duluan. Jadi, dia memastikan untuk membawanya sendiri agar zombie di kabin itu bisa membunuhnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Coming-of-Age, Pas Ditonton Awal Tahun Ini!

4. Babadook (2014) 

https://www.youtube.com/embed/k5WQZzDRVtw

Film ini adalah sebuah horor psikologis yang sudah mengenaskan sejak awal. Tokoh utamanya, Amelia, harus menyaksikan kecelakaan suaminya saat ia sedang mengantarnya ke rumah sakit untuk melakukan persalinan. Hal ini pun membuat Amelia menjadi orang tua tunggal.

Beberapa tahun pun berlalu, dan Amelia membacakan buku tentang Babadook kepada anaknya. Namun, ia mulai merasa aneh ketika anaknya mengatakan kalau Babadook selalu menghantuinya di malam hari.

Sebuah teori mengatakan kalau Babadook adalah manifestasi fisik dari kebencian Amelia terhadap anaknya, karena dia melahirkannya di hari yang sama ketika suaminya meninggal. Teori lain mengatakan kalau kesedihan Amelia lah yang telah menghidupkan Babadook.

5. It Follows (2014)

https://www.youtube.com/embed/HkZYbOH0ujw

It Follows adalah salah satu film bagus yang mampu menyajikan kengerian psikologis tanpa harus memakai jump scare murahan. Film ini bahkan mendapat skor 96% di situs Rotten Tomatoes.

Plot film ini berpusat pada sebuah "kutukan" yang dapat mengubah bentuknya. Dikisahkan kalau kutukan ini diwariskan kepada Jay Height setelah dia melakukan hubungan seks dengan seorang pria bernama Hugh. Jay harus meneruskan kutukan ini kepada pria lain karena jika tidak, dia akan dibunuh oleh entitas dalam kutukan tersebut.

Beberapa kritikus mengatakan kalau film itu adalah alegori dari HIV/AIDS atau penyakit menular seksual lainnya. Sedangkan sebuah teori dari Reddit menyebutkan kalau entitas itu selalu mengambil bentuk dari "ketakutan" para korbannya.

6. A Quiet Place (2017)  

https://www.youtube.com/embed/WR7cc5t7tv8

Sejujurnya, film ini adalah salah satu film terbaik dalam satu dekade terakhir. A Quiet Place berhasil memberikan pengalaman sinematik yang unik meskipun banyak penonton yang merasa tidak nyaman karena keheningan di sepanjang filmnya.

Seperti yang diketahui, monster dalam film ini sangat sensitif terhadap suara dan akan menyerang siapa saja yang mengeluarkan suara. Oleh karena itu, para karakter utamanya harus diam apapun yang terjadi. Diceritakan kalau monster-monster ini datang dari luar angkasa saat meteor menghantam Bumi.

Namun, beberapa penggemar mengira kalau monster itu adalah evolusi dari ikan haring merah dan sebenarnya adalah senjata biologis dari Perang Dunia II. Yang lain percaya kalau monster itu berasal dari Meksiko, dan menyebar dengan cepat karena terkena hantaman meteor.

7. It (2017) 

https://www.youtube.com/embed/FnCdOQsX5kc

Persiapkan diri kalian dengan teori paling gila dalam daftar ini. Singkatnya, beberapa orang menganggap kalau Mary Poppins terhubung dengan IT alias Pennywise. Teori tersebut mengatakan kalau Poppins dan IT memiliki kekuatan yang sama. Mereka berdua dapat memasuki pikiran terdalam anak-anak, entah itu demi tujuan baik atau jahat.

Lebih lanjut lagi, kedua film tersebut menampilkan seorang anak laki-laki bernama Georgie. Sementara Poppins kembali ke Cherry Tree Lane setiap 25 tahun dan memakai kegembiraan anak-anak untuk menjaga energinya, IT selalu kembali ke Derry setiap 27 tahun dan menggunakan ketakutan anak-anak agar tetap hidup.

8. Hereditary (2018)

https://www.youtube.com/embed/V6wWKNij_1M

Bisa dibilang kalau Hereditary adalah film paling mengganggu dalam daftar ini. Ada banyak plot gelap serta kejutan yang akan memuncak pada pengungkapan mengerikan di akhir film ini. Penggemar pun dengan cepat mengemukakan teori yang melibatkan film ini, seperti menghubungkannya ke Midsommar, film horor lainnya yang disutradai oleh Ari Aster.

Teori tersebut mengatakan kalau kedua film ini berada dalam satu semesta karena sama-sama memakai sekte kepercayaan sebagai temanya. Beberapa penggemar juga yakin kalau pasangan yang berjalan melewati Annie dalam Hereditary adalah Dani dan Christian dari Midsommar.

Teori populer lainnya mengatakan kalau semua hal mengerikan di dalam film tersebut tidak pernah terjadi. Sebaliknya, itu semua adalah manifestasi dari gangguan mental Annie dan Peter.

9. Us (2019)

https://www.youtube.com/embed/hNCmb-4oXJA

Ada sebuah teori yang mengaitkan sosok penjahat dari Halloween, Michael Myers, dengan film ini. Teori itu mengatakan kalau Michael adalah sosok di balik doppelgänger Tethered dan sudah terjebak di sana selama 60 tahun. Bukti yang menguatkan teori ini adalah fakta kalau Michael tidak pernah berbicara melainkan mendengus, sama seperti sosok Tethered.

Teori ini semakin diperkuat ketika sang sutradara, Jordan Peele, mengatakan dalam bebebrapa wawancara kalau ia terinspirasi dan menjadikan Halloween sebagai referensinya.

Nah, itu tadi 9 teori paling gila yang menyangkut beberapa film horor populer Hollywood. Percaya atau tidak, semuanya dikembalikan ke pembaca masing-masing. Meski begitu, beberapa teori di atas sangat memancing diskusi, bukan?

Baca Juga: 5 Film Horor Terbaru yang Paling Dinanti di 2021, Seramnya Bukan Main!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya