Comscore Tracker

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!

Kisah-kisah yang mungkin belum pernah kamu tahu

Setiap peristiwa penting, termasuk perang skala besar, selalu dipenuhi oleh cerita-cerita mengerikan di baliknya. Bagaimanapun, berbagai kekejaman yang terjadi selama perang juga sudah cukup mengerikan.

Perang Dunia II tidak jauh berbeda. Berbagai penampakan brutal yang melibatkan tentara, tahanan perang, dan warga sipil sudah menjadi sesuatu yang biasa.

Ada banyak kisah menyeramkan dan cerita hantu dari Perang Dunia II, di mana beberapa kisah yang paling terseram akan dibahas di bawah ini. Berikut daftarnya.

1. Tentara Jepang yang menjadi kanibal

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!ww2f.com

Menjelang akhir Perang Dunia II, tentara Jepang di Chichijima, Singapura, dan New Guinea mulai memakan para tawanan perang yang ditangkap. Mereka melakukannya bukan karena kelaparan atau terdesak oleh Sekutu.

Mereka melakukannya hanya untuk memperkuat ikatan di antara mereka. Beberapa tentara Jepang bahkan mengatakan kalau jeroan manusia sangat bagus untuk kesehatan tubuh mereka.

Mereka pun melakukan praktik kanibalisme dalam sebuah pesta sake. Terkadang, para tentara Jepang hanya akan memotong tubuh tawanan yang sudah meninggal. Namun, mereka juga sering memotong tubuh para tawanan yang masih hidup.

2. Misteri balon udara L-8 

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!historynet.com

Pada tahun 1942, balon udara L-8 milik Angkatan Laut Amerika lepas landas dari Treasure Island, Bay Area, dalam misi mengamati kapal selam musuh. Beberapa jam kemudian, L-8 mendarat ke tanah dan bertabrakan dengan sebuah rumah di Daly City, California.

Seperti dilansir HistoryNet, semua yang ada di dalam balon udara itu masih berada pada tempatnya. Tidak ada peralatan darurat yang digunakan. Namun, dua kru yang menaikinya menghilang dan tidak pernah ditemukan sejak saat itu.

3. Kisah tentang pesawat hantu 

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!airwar.ru

Setelah Perang Dunia II berakhir, banyak orang yang mengaku telah melihat "pesawat hantu." Dikatakan kalau pesawat tempur ini akan muncul di langit, kemudian menghilang tanpa jejak. Ada satu cerita menakutkan yang terjadi setahun setelah peristiwa pemboman Pearl Harbor.

Pada saat itu, tentara Amerika melihat sebuah pesawat yang mendekati wilayah mereka. Mereka pun mengirim beberapa pilot untuk menyelidikinya. Namun ketika kembali, sang pilot mengatakan kalau ia telah melihat sebuah pesawat tempur Amerika (tepatnya P-40) yang terlihat seperti telah melewati neraka.

Menurut pengakuan mereka, pesawat itu dipenuhi lubang, roda pendaratannya menghilang, dan pilotnya berdarah-darah. Kemudian, pesawat itu jatuh begitu saja. Ketika mereka turun untuk memeriksanya, mereka hanya menemukan pesawatnya saja, tanpa ada pilotnya di dalamnya.

Baca Juga: 5 Kisah Keterlibatan Senjata Biologis dalam Sejarah Perang di Dunia

4. Misteri SS Alkimos

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!perthgirl.com.au

SS Alkimos awalnya digunakan oleh Amerika dalam Perang Dunia II. Kapal itu kemudian dijual ke Norwegia, yang mereka gunakan untuk transportasi senjata. Pada tahun 1944, salah satu awaknya membunuh seorang operator radio bernama Maude E. Steane. Kemudian, ia menembak dirinya sendiri.

Pihak Norwegia menutupi insiden tersebut dan mengklaim kalau tembakan musuh lah yang telah membunuh Steane. Setelah peristiwa ini, SS Alkimos dijual ke perusahaan pelayaran Yunani. Namun, berbagai insiden aneh dan tidak dapat dijelaskan terus terjadi setelahnya.

Pada tahun 1963, SS Alkimos bertabrakan dengan terumbu karang di lepas pantai Australia. Kapal itu ditarik ke Fremantle untuk diperbaiki, tetapi terbakar ketika berada di sana. Kapal itu pun diderek untuk dibawa ke Hong Kong. Namun tak lama setelahnya, tali dereknya putus.

Perusahaan derek tidak bisa melepaskannya, jadi mereka meninggalkan seorang penjaga di atas kapal. Anehnya lagi, penjaga itu merasakan banyak hal aneh di dalamnya, termasuk hawa orang yang marah, suara ketukan, dan langkah kaki di atas kapal.

Selama bertahun-tahun, beberapa perusahaan mencoba untuk memakai SS Alkimos. Namun setiap kali digunakan, hal-hal buruk selalu menimpa awaknya. Akhirnya, kapal itu ditinggalkan dan dibiarkan tenggelam ke dalam laut.

5. Nazi dan ilmu gaib 

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!twgreatdaily.com

Seorang mantan prajurit Angkatan Laut Amerika menceritakan pengalamannya yang mengerikan saat dia bertugas di kapal tongkang di Norfolk pada tahun 1999. Karena dia sangat menyukai Perang Dunia II, temannya memberinya sebuah buku tentang Nazi yang berusaha menemukan dan menggunakan berbagai artefak okultisme selama Perang Dunia II.

Ia kemudian membaca tentang "Tombak Longinus," sebuah tombak yang digunakan oleh prajurit Romawi bernama Longinus untuk menusuk tubuh Yesus Kristus selama penyaliban. Mitos mengatakan bahwa siapa pun yang memiliki tombak itu akan memiliki kekuatan seperti dewa.

Suatu malam, dia membaca buku itu sebelum pergi tidur. Di tengah malam, dia terbangun karena mendengar suara langkah kaki yang lambat dan berat melalui ranjangnya. Kemudian, sebuah langkah kaki melewatinya, bersamaan dengan hawa dingin yang menusuk tubuhnya.

Keesokan harinya, ia mengembalikan buku itu kepada temannya dan menceritakan apa yang terjadi. Temannya menertawakannya, tetapi beberapa minggu kemudian dia mengalami hal yang sama persis dengannya.

6. Hantu Sandakan "death march"

6 Kisah Mengerikan dari Perang Dunia II, Bikin Merinding!Getty Images via history.com

Pada tahun 1945, pasukan Sekutu mulai menekan tentara Jepang agar keluar dari Kalimantan. Alih-alih menyerahkan tawanan perang, tentara Jepang malah memaksa ribuan tawanan Sekutu untuk berjalan dari Kamp Tahanan Perang Sandakan ke Ranau. Hanya dalam waktu sebulan, 2.345 tawanan mati, hanya enam orang yang selamat.

Pada tahun 2010, Mayor John Tulloch menelusuri kembali sebagian dari rute "tur mematikan" ini. Mengutip dari Daily Mail, Tulloch mengemudi di sepanjang jalur yang dilalui para tentara Sekutu sambil mengambil lusinan foto. Saat melakukan pengecekan, ia terkejut karena melihat sesosok tentara bungkuk di salah satu fotonya.

Mayor Tulloch mengatakan kalau "penampakan" itu adalah sebuah ilusi yang tercipta dari handuk yang berada di dasbor mobil. Terlepas dari penjelasan logisnya untuk foto itu, Tulloch tidak menganggap itu sebagai kebetulan semata. Ia mengatakan kalau dirinya mencoba berpikir sesaat setelah melihat foto itu.

Tulloch pun menunjukkan foto itu ke orang lain. Beberapa menganggapnya luar biasa, sedangkan yang lain menolak untuk melihatnya karena terlihat sangat menakutkan.

 

Apakah ada kisah di atas yang membuat buluk kudukmu merinding? Atau, kalian justru merasa biasa saja? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Tokoh yang Dianggap Paling Berpengaruh dalam Perang Dunia II

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya