Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!

Tertarik untuk menjadi salah satunya?

Cerita komik seperti Watchmen dan Kick-Ass adalah salah satu contoh realistis dari kemunculan superhero di dunia nyata. Pada kenyataannya, banyak orang yang berpakaian seperti superhero, berpatroli di lingkungan mereka, dan terkadang turut memerangi kejahatan. Tapi mungkinkah superhero bisa benar-benar eksis di kehidupan nyata?

Secara teori, 9 superhero ini bisa eksis di dunia nyata, entah saat ini atau di masa depan. Berikut daftarnya.

1. Cyclops

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!comicbook.com

Cyclops, salah satu pemimpin kelompok X-Men, dapat menembakkan sinar energi yang kuat dari matanya. Kemampuan ini memang terlihat murni seperti fiksi ilmiah, dan sepertinya mustahil untuk bisa mengaplikasikannya ke kehidupan nyata.

Namun sepasang fisikawan di Rumah Sakit Umum Massachusetts berhasil mengubah sel manusia, sehingga mereka dapat memancarkan cahaya dari mata mereka sendiri.

Tim peneliti itu mengubah sel ginjal manusia untuk menghasilkan protein fluoresen hijau, sebuah protein yang membuat ubur-ubur dapat bersinar di dalam air. Para peneliti mengatakan bahwa sel ini dapat membuat manusia menembakkan sinar dari matanya. Sayangnya, itu mungkin lebih seperti sinar cahaya daripada sinar energi yang kuat.

2. Captain America

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!elitedaily.com

Steve Rogers adalah seorang pria yang kecil dan lemah, tetapi rela melakukan apapun untuk melawan Nazi di Perang Dunia II. Jadi, dia dipilih untuk menjadi subjek dalam proyek Super Soldier dan disuntik dengan serum super, membuatnya menjadi Captain America yang kuat.

Sebenarnya mustahil untuk tumbuh lebih tinggi lewat serum seperti yang dilakukan oleh Steve Rogers, karena tulang tidak bisa tumbuh dengan cara seperti itu. Namun, ada kemungkinan untuk menjadi lebih tinggi melalui sebuah operasi yang menyakitkan.

Lewat operasi ini, dokter akan mematahkan tulang dan menanamkan batang teleskop yang sanggup meregangkan tulang dengan kecepatan 1 milimeter per hari. Dikutip dari berita di laman Abcnews, seorang pria berhasil menambah tingginya sampai 15 sentimeter setelah melakukan dua kali operasi.

Selain itu, sebuah tim di Lembaga Penelitian Rumah Sakit Anak Nationwide Columbus, Ohio, mengembangkan sebuah serum yang dapat meningkatkan massa otot dengan satu kali suntikan. Suntikan ini menggunakan virus yang mengode protein follistatin yang mampu menekan gen myostatin, yang akan menghentikan pertumbuhan otot.

Suntikan ini dikhususkan untuk pasien yang menderita penyakit otot, dan pertumbuhannya tidak secepat seperti yang terjadi di dalam komik, karena membutuhkan waktu enam bulan sampai hasilnya terlihat.

Baca Juga: Masuk Akal, 6 Adegan Film Superhero Marvel Ada Penjelasan Ilmiahnya!

3. Wolverine

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!wegotthiscovered.com

Wolverine dikenal karena beberapa hal. Pertama, kekuatan penyembuhannya yang luar biasa. Kedua, kerangkanya yang diperkuat dengan logam adamantium dan hampir tidak bisa dihancurkan. Ketiga, ia memiliki cakar yang bisa ditarik keluar maupun ke dalam.

Dilansir dari laman Cnet, seorang peneliti di Harvard tidak sengaja menemukan sebuah gen yang dapat membantu regenerasi super cepat. Saat sedang melakukan penelitian kanker, ia membuat sebuah lubang di telinga tikus yang direkayasa dengan gen yang dapat memperbaharui sel induk.

Tidak lama kemudian, lubang di telinga tikus mulai beregenerasi dan menutup lukanya dengan sempurna. Ia pun kemudian memotong jari-jari tikus itu, segera kembali tumbuh dengan cepat. Ternyata gen tersebut menambah kecepatan regenerasi dalam tubuh tikus tersebut.

Di sisi lain, beberapa ilmuwan sedang mencari cara untuk mengikat bahan organik dan logam. Dua peneliti di Institut Max Planck Fisika Mikrostruktur di Halle, Jerman, telah mengembangkan proses yang disebut pengendapan lapisan atom.

Dalam penelitian ini, mereka menembakkan balok logam beryodium ke benang sutra dari seekor laba-laba. Hasilnya, beberapa logam dapat tertanam di dalam benang organik, sehingga proses ini bisa digunakan untuk memperkuat tulang.

Adamantium memang sebuah senyawa fiksi, namun para peneliti masih terus berusaha mengembangkan sebuah jenis logam yang sangat kuat. Pada 2008, North Carolina State University berhasil mengembangkan paduan besi dari kristal berskala nano yang lebih kuat dari paduan lainnya, dan dapat mempertahankan bentuknya pada suhu yang sangat tinggi.

4. Spider-Man

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!variety.com

Bagaimana Peter Parker menjadi Spider-Man adalah salah satu origin story paling terkenal dalam sejarah buku komik. Namun sebagai permulaan, mungkinkah genetika manusia diubah oleh laba-laba?

Secara teoritis bisa, tetapi sangat tidak mungkin, karena laba-laba perlu menginfeksi subjek dengan retrovirus yang membawa informasi genetik dan kemudian harus mengubah DNA dalam sel.

Hampir setiap sel dalam tubuh harus terinfeksi dan harus meningkatkan aktin dan protein myosin, karena protein ini mempengaruhi kontraksi otot dan peningkatan kemampuan dalam tubuh manusia. Secara teori, proses ini akan membuat seseorang menjadi lebih kuat.

Sedangkan alternatif yang mungkin bisa digunakan untuk memanjat tembok adalah DARPA's “Gecko Paddles.”  Didasarkan dengan cara memanjat tokek, alat ini dapat menempel pada permukaan tembok dan memungkinkan manusia untuk memanjat secara vertikal.

Aspek terakhir Spider-Man yang membuatnya begitu unik adalah kemampuannya untuk menembakkan jaring laba-laba. Namun tubuh manusia tidak memiliki protein yang dibutuhkan untuk membuatnya, kecuali jika mengalami mutasi oleh retrovirus. Tetapi dalam versi komiknya, Peter Parker mengembangkan penembak jaring yang melekat pada kedua pergelangan tangannya.

Seorang penemu asal Jerman, Patrick Priebe, berhasil membuat semacam penembak jaring dengan menggunakan elektromagnet. Lalu, sebuah tim yang dipimpin oleh Uri Gat di Hebrew University, Yerusalem, juga mengembangkan serat laba-laba yang direkayasa secara genetika.

5. Groot

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!eonline.com

Groot adalah makhluk besar yang mirip sebuah pohon, bisa merasakan, berjalan, mendengarkan, dan berbicara (meskipun kosa katanya agak terbatas). Hal ini tidak sepenuhnya fiksi, karena tumbuhan di Bumi juga memiliki indera — misalnya, mereka tahu ketika disentuh.

Mereka juga memiliki kemampuan ruang, yang mencegah untuk tumbuh jika ditanam terbalik. Mereka mampu merasakan getaran, memungkinkan tanaman untuk masuk ke mode defensif. Spesialis tumbuhan juga percaya bahwa hewan dan tumbuhan sangat mirip, karena sama-sama melalui proses kimia ketika bereaksi.

Satu hal yang tidak dapat dilakukan tumbuhan seperti Groot adalah berjalan atau bergerak dengan cepat. Tumbuhan memang bergerak, seperti saat mereka tumbuh ke arah sinar matahari. Tetapi karena sel mereka terstruktur, mereka tidak bisa membentuk otot.

Hewan mengembangkan kemampuan berpikir sehingga mereka dapat menemukan makanan mereka. Jadi, jika tanaman dapat mengembangkan kemampuan berpikir, mungkin tanaman itu akan dapat berpikir dan berjalan seperti halnya Groot.

6. Aquaman

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!herohyper.com

Aquaman memiliki dua kekuatan penting: kemampuan bernapas di bawah air dan berkomunikasi dengan makhluk di dalam laut. Para ilmuwan berusaha menciptakan peluit buatan untuk berbicara dengan lumba-lumba, jadi berkomunikasi dengan kehidupan laut adalah sesuatu yang sedang diperjuangkan oleh para ilmuwan.

Pada tahun 2014, para ilmuwan mengembangkan suatu zat yang memungkinkan manusia untuk bernapas di dalam air. Di University of Southern, Denmark, para ilmuwan telah mengembangkan zat kristal dari unsur kobalt. Kristal tersebut akan menyerap oksigen dan kemudian melepaskan jumlah kecil secara berulang kali saat dipanaskan.

Kristal yang disebut "Aquaman Crystal" ini cukup kuat. Misalnya seember kristal dapat menyerap seluruh oksigen yang berada di sebuah ruangan. Jadi, jika seorang penyelam ingin melepaskan perlengkapan selam dan menggunakan kristal tersebut, mereka hanya perlu beberapa butir untuk bernapas di dalam air.

7. Cyborg

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!syfy.com

Meskipun ia ditemukan lebih dari 30 tahun yang lalu, Cyborg menjadi salah satu superhero yang paling realistis. Misalnya, anggota badan sibernetik yang menyatu dengan saraf dan otak manusia sedang dalam proses pengembangan. Diperkirakan bahwa 50 persen dari tubuh manusia dapat, atau akan, "ditingkatkan" dalam waktu dekat.

Fitur lain yang membedakan Cyborg dari manusia biasa lainnya adalah kemampuan pikirannya untuk memasuki sistem komputer. Kemampuan ini juga mulai menjadi kenyataan, karena para peneliti di Universitas Washington telah mampu mentransfer pikiran secara elektronik.

Dalam penelitian ini, mereka menempelkan elektroda pada kulit kepala dua subjek yang memainkan game; satu orang memiliki keyboard dan yang lainnya tidak. Ketika target muncul di layar, orang tanpa keyboard berpikir untuk menekan tombol "menembak," dan jari peserta lainnya tanpa sengaja akan menekan spasi untuk menembak.

8. Iron Man

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!polygon.com

Setelan "mewah" Iron Man mungkin sepenuhnya fiksi. Dalam kehidupan nyata, tidak ada armor yang dapat terbang secara vertikal, karena tidak adanya balok repulsor dan reaktor busur. Namun terdapat sebuah armor yang bernama Raytheon XOS 2 Exoskeleton, yang dapat memungkinkan kita untuk membawa beban seberat 90 kilogram tanpa kelelahan.

Exoskeleton lainnya yang masih dalam pengembangan dapat membuat kita berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, dan memanjat lebih cepat. Lalu, aspek terakhir yang membuat Iron Man menjadi superhero A-list adalah setelannya yang tangguh, mirip seperti Tactical Assault Light Operator Suit (TALOS) yang dikembangkan oleh militer Amerika.

Setelan itu akan dilengkapi dengan komputer yang memberi informasi tentang medan perang, memonitor tanda-tanda vital, dan menghentikan pendarahan hebat jika sebuah peluru dapat menembusnya, walau setelan ini diharapkan untuk tahan peluru.

9. Batman

Secara Teori, 9 Superhero Ini Bisa Eksis di Dunia Nyata, Lho!gamespot.com

Batman mungkin menjadi superhero yang paling bisa ditiru, karena ia tidak punya kemampuan "super." Nyatanya, banyak detail yang harus dipenuhi jika kamu ingin menjadi sang Caped Crusader.

Pertama, Batman melakukan perkelahian fisik setiap malam, sehingga Bruce Wayne harus beristirahat sepanjang hari sambil mengatur waktu untuk megurus perusahaannya, Wayne Enterprises.

Adapun gadget dan gaya hidupnya, sebuah situs web memperkirakan berapa banyak uang yang dihabiskan Batman dalam film Batman Begins dan The Dark Knight. Dengan perhitungan mereka, Batman akan menghabiskan $ 648 juta ditambah biaya tahunan, seperti perawatan diri, memperbaiki gadget, dan membayar gaji Alfred.

Selain sangat kaya, Batman juga sangat pintar. Jenis pendidikan apa yang dibutuhkan seseorang untuk mencapai tingkat kecerdasan Batman dalam bidang kimia, forensik, teknik, dan pemrograman komputer?

Katakanlah dia dapat mendapatkan setiap gelarnya dalam waktu dua tahun, berarti dia harus belajar minimal delapan tahun di perguruan tinggi. Lalu kekuatan fisik dan keterampilannya, di mana dia harus selalu melatih kecepatan, fisik, dan seni bela dirinya.

Selain itu, Batman tidak akan membunuh siapa pun, jadi dia membutuhkan kontrol emosi yang luar biasa di atas keahliannya. Setelah semua hal itu, karier Batman hanya akan bertahan beberapa tahun jika memperhitungkan semua cidera yang kemungkinan ia terima. Menurut perkiraan, mungkin hanya sekitar dua atau tiga tahun.

Walau Batman tidak memiliki kekuatan super, untuk hidup dalam kehidupan nyata ia harus unggul dalam disiplin ilmu pendidikan yang berbeda, memiliki ratusan juta dolar, dan kuat secara fisik seperti atlet profesional, walau kariernya sebagai superhero hanya dapat bertahan selama beberapa tahun saja.

Secara teori, itu tadi 9 superhero ini yang dapat eksis di dunia nyata. Apakah kamu tertarik untuk menjadi salah satunya?